Pengertian Tindakan Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari Hari Beserta Contohnya Terlengkap

Posted on

Pengertian Tindakan Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari Hari Beserta Contohnya Terlengkap

Tindakan ekonomi – proses ekonomi tak lepas dari masyarakat, hal ini selalu ada di kehidupan sehari-hari kita. Tindakan ekonomi di kehidupan sehari-hari terdiri atas berbagai hal, dimulai dari hal kecil sampai besar. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa dalam mempertahankan hidupnya, masyarakat membutuhkan proses perekonomian.

Perekonomian tidak selalu berupa langsung besar, dengan tindakan-tindakan kecil mampu pula mendorong perekonomian sehingga berjalan dengan lancar, misalnya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ekonomi sehari-hari tidak hanya dilaksanakan oleh individu/ rumah tangga, namun suatu lembaga, pemerintah, hingga Negara pun menjalankan tindakan ekonomi.

Pengertian Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi ialah suatu tindakan manusia dengan dorongan usaha guna memenuhi kebutuhan fisik dalam mencapai suatu kemakmuran.
Tindakan ekonomi dapat terjadi apabila tindakan itu dijalankan caranya dengan mempertimbangkan antara hasil dengan pengorbanan guna mendapatkan pilihan yang tepat dalam terpenuhinya suatu kebutuhan.
Tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari beserta contohnya

Tindakan ekonomi atau dikenal sebagai pelaku ekonomi dalam kehidupan sehari-hari ini terdiri dari 5 macam, diantaranya :

1. Tindakan ekonomi perorangan

Faktor terjadinya proses ekonomi dalam diri seseorang bisa dipengaruhi dari faktor internal ataupun eksternal. Faktor internal terjadi karena kebutuhan pribadi, sementara faktor eksternal terjadi dikarenakan manusia adalah makhluk sosial. Tindakan ekonomi perorangan ini dapat disebut dengan makhluk ekonomi.

Contohnya ini pada saat seseorang memerlukan sesuatu yang baik tersebut makanan/ barang. Pada waktu itu orang tersebut pulang dari menghadiri rapat, lalu dijalan ia merasa lapar dan kemudian berhenti direstaurant guna makan lebih dulu. Nah, tindakan inilah yang dinamakan tindakan ekonomi perorangan. Kebutuhan itu bisa terpenuhi melalui proses ekonomi serta dalam rangka memberikan manfaat pada diri sendiri.

2. Tindakan ekonomi dalam keluarga

Tindakan ekonomi tersebut lebih mengarah dalam ruang lingkup yang meluas, yakni keluarga. Untuk mempertahankan keluarga supaya tetap hidup tentu memerlukan tindakan ekonomi.
Contoh dari tindakan ekonomi dalam keluarga yakni: Seorang ibu yang belanja rutin guna memenuhi kebutuhan dalam sehari-harinya. Peran ibu guna memenuhi kebutuhan keluarga tentu memerlukan tindakan ekonomi. Pada saat memperoleh uang bulanan, ibu tentu akan membagi beragam kebutuhan dalam keluarga untuk selama 1 bulan kedepan. Melaksanakan belanja makanan yang kita konsumsi untuk keluarga dengan rutin inilah yang dimaksud tindakan ekonomi dalam keluarga.

3. Tindakan ekonomi dalam lembaga masyarakat

Tindakan ekonomi dalam masyarakat tidak hanya guna memperoleh keuntungan pada satu pihak saja, namun juga guna kepentingan oleh masyarakat. Ruang lingkup tindakan ekonomi masyarakat tersebut memang lebih meluas dari keluarga, namun manfaat yang diberikan pun untuk orang banyak.

Baca Juga :   10 Mata Pencaharian Penduduk Indonesia

Contoh dari tindakan ekonomi pada lembaga masyarakat misalnya seperti: sebuah perusahaan tekstil yang membeli peralatan baru guna meningkatkan produksinya. Pada saat pemilik perusahaan tersebut membeli alat baru inilah terjadi tindakan ekonomi. Dari hasil penjualan inilah dikenal sebagai tindakan ekonomi dalam lembaga masyarakat. Hal ini terjadi sebab untuk memenuhi kebutuhan pada masyarakat adari bahan-bahan tekstil. Selain tersebut, tindakan ekonomi masyarakat pun terjadi dalam perusahaan saat perusahaan ini memperkerjakan pegawainya serta memberikan sebuah upah pada tiap bulannya.

4. Tindakan ekonomi dalam lembaga pemerintahan

Tindakan ekonomi dalam pemerintahan berhubungan untuk memenuhi kebutuhan Negara dan masyarakat. Pemerintah pun perannyapenting dalam menjalankan tindakan ekonomi, sebab berhubungan dengan lebih banyak orang.

Contoh dari tindakan ekonomi dalam pemerintah ialah : pembagian beras miskin. Terdapat sistem pembagian beras miskin guna masyarakat kecil sebagai salah satu dari proses ekonomi. Pemeriantah menyediakan beras dengan yang masih layak untuk dikonsumsi menggunakan harga yang lebih rendah, jadi bisa terjangkau bagi masyarakat yang rata-rata menengan ke bawah. Tindakan inilah yang pasti saja mempunyai manfaat untuk masyarakat luas. Dengan terjadinya tindakan ekonomi melewati hal-hal kecil inilah bisa menolong masyarakat banyak guna memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

5. Tindakan ekonomi bagi antar Negara

Didalam tingkatan lebih tinggi misalnya saja Negara, tindakan ekonomi yang dijalankan sebagai salah satu faktor penyebab utama guna memperbaiki perekonomian. Tindakan ekonomi bagi antar Negara berbentuk kerjasa internasional dilaksanakan pula sebagai upaya Negara dalam memperbaiki perekonomian negaranya. Kerjasama ekonomi dalam membuat sejumlah Negara gotong royong guna membantu perekonomian satu dengan lainnya. Kerjasama internasional tersebut membantu Negara dari beragam sektor, misalnya pembangunan, kemiskinan, pendidikan serta politik sendiri. Hal ini terjadi sebab ekonomi berhubungan erat dengan kegiatan sejumlah lembaga lainnya dalam suatu Negara.

Contoh dari kegiatan ekonnomi antara lain : kerjasama ASEAN.

Kerjasama tersebut adalah bentuk kerjasama yang daoat memajukan sejumlah Negara anggotanya. Kerjasama yang dilaksankan ialah dengan mendirikan pabrik abusoda di wilayah Thailand, pabrik diesel di singapura serta pabrik urea di Indonesia. Pabrik yang telah dibentuk anggota ASEAN ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi Negara-negara. Dari keuntungan inilah Negara pun dapat memperbaiki perekonomian, misalnya seperti terpenuhinya kebutuhan masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan, serta menjalin hubungan dengan Negara lain berbentuk bisnis.

Itulah kelima tindakan ekonomi dalam sehari-hari yang akan terus terjadi. Tindakan ekonomi terjadi tidak hanya pada lingkup kecil, namun juga lingkup yang besar. Dan perlu diketahui bahwa manusia ialah makhluk sosial, sebab kegiatan ekonomi ini terjadi melalui tangan manusia. Misalnya seperti yang sudah dicontohkan diatas yakni contoh tindakan ekonomi yang dari berbagai lembaga itu, setiap tindakan ekonomi dialami pada setiap lembaga serta tidak lepas terhadap kebutuhannya masyarakat. Semoga menambah wawasan kita tentang tindakan ekonomi ini.

Baca juga: