Kerucut : Pengertian, Unsur-unsur dan jaring-Jaring Kerucut

Kerucut : Pengertian, Unsur-unsur dan jaring-Jaring Kerucut
Rate this post

Pengertian Kerucut, Unsur-unsur Kerucut dan Jaring-jaring Kerucut

Kerucut – bangun ruang memang banyak sekali macamnya. Salah satunya ialah bangun ruang kerucut. Pengertian kerucut ialah bangun ruang dengan sisi lengkung yang sama dengan limas segi-n beraturan dan bidang alasnya memiliki bentuk lingkaran. Sedangkan berdasarkan kamus bahasa Indonesia, bangun ruang kerucut ialah gulungan meruncing baik dari kertas maupun daun ataupun kelopak bamu yang digunakan untuk wadah kacang atau sebagainya. Sementara dari sumber yang sama mengenai pengertian dari kerucut ialah benda ataupun ruang yang memiliki alas bundar & merunjung sampai pada satu titik.

Asal-usul kerucut

Bangun kerucut bisa dibentuk dari segitiga siku-siku yang telah diputar sampai , yang mana sisi yang berbentuk siku-siku sebagai pusat putarannya.

Perhatikanlah gambar berikut!

Asal-usul kerucut

Jika mengamati gambar kerucut diatas, maka bisa disimpulkan jika kerucut tersebut bisa dibentuk dari bangun segitiga siku-siku yakni TOA, dengan diputar sampai satu putaran penuh yakni () dan sisi TO menjadi pusat putarannya.

Unsur-unsur kerucut

Perhatikanlah gambar kerucut berikut!

Unsur-unsur kerucut

Sesuai dengan gambar kerucut di atas, bisa disimpulkan jika kerucut diatas mempunyai beberapa unsure didalamnya seperti:

  1. Bidang alasnya, ialah sisi yang memiliki bentuk lingkaran (untuk daerah yang sudah diarsir).
  2. Diameter dari bidang alas atau disingkat dengan (d), yakni ruas garis AB pada gambar kerucut diatas.
  3. Jari-jari bidang alasnya disingkat dengan (r), yakni garis OA & ruas garis OB pada gambar kerucut diatas.
  4. Tinggi kerucut atau disingkat (t), yakni jarak antara titik puncak kerucut menuju pada pusat bidang alasnya yakni ruas garis CO.
  5. Selanjutnya selimut kerucut, yakni sisi kerucut yang tak diarsir.
  6. Kemudian garis pelukis (s), yakni garis-garis pada selimut bangun kerucut yang ditarik mulai dari titik puncak atau C sampai pada titik lingkarannya.

Sementara hubungan antara r, t, dan s, pada sebuah bangun kerucut di atas bisa dinyatakan dengan persamaan-persamaan yang ada berikut ini, sumbernya berasal dari teorema pythagoras, diantaranya:

Unsur-unsur kerucut

Jaring-jaring kerucut

Jenis dan model jarring jarring kerucut hanya ada sedikit saja. Dikarenakan kerucut adalah bangun ruang dengan sisi lengkung yang berbentuk sangat relatif.

Dibawah ini adalah salah satu contoh bentuk jaring-jaring kerucut. Namun sebenarnya masih bisa dikembangkan menjadi bentuk bentuk yang lainnya.

Jaring-jaring kerucut

Bangun ruang kerucut termasuk bangun ruang dengan bentuk lingkaran sebagai alasnya serta sisi tegak bagian tingginya yang meruncing dibagian puncaknya. Perhatikanlah gambar kerucut di bawah.

Jaring-jaring kerucut

Unsur-unsur bangun kerucut diantaranya:

Sisi lingaran adalah bidang alas dari kerucutnya.

Sementara titik O adalah pusat lingkaran yang merupakan (pusat bidang alas pada kerucut), sementara titik T pada kerucut diatas dinamakan sebagai puncak kerucut.

Selanjutnya ruas garis OA & OB adalah jari-jari bidang pada alas kerucut.

Sementara ruas garis AB adalah diameter bidang pada alas kerucut.

Selanjutnya ruas garis yang telah menghubungkan titik T dengan O adalah tinggi dari bangun kerucut (t).

Sedangkan ruas-ruas garis selimut kerucut yang telah menghubungkan titik puncaknya atau T dengan titik-titik di lingkaran, seperti TA, adalah garis pelukis kerucut atau (s).

Bangun ruang kerucut terdiri atas dua sisi. Yakni sisi alas dengan sisi selimut kerucut, dan satu rusuk yang telah membentuk alas kerucut sendiri.

Diantaranya ialah jari-jari (r), dengan tinggi (t), & garis pelukis disebut (s) dalam kerucut yang membentuk segitiga siku-siku, akan membuat bangun segitiga siku siku memberlakukan teorema Pythagoras yakni  =  + .

Kerucut juga memiliki jaring-jaring yang berupa 1 lingkaran yang berjari-jari r untuk alasnya dan juring lingkaran dengan jari-jari s untuk selimutnya seperti pada gambar berikut ini.

Jaring-jaring kerucut

Baca Juga : 

Kerucut : Pengertian, Unsur-unsur dan jaring-Jaring Kerucut | saranailmu | 4.5
Shares