Rubrik : Pengertian, Manfaat, Macam Macam, Tujuan dan Persyaratannya Terlengkap

Posted on
Rubrik : Pengertian, Manfaat, Macam Macam, Tujuan dan Persyaratannya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Rubrik : Pengertian, Manfaat, Macam Macam, Tujuan dan Persyaratannya Terlengkap

Rubrik – Menurut Wikipedia rubrik merupakan huruf, kata, kalimat, atau bagian dari suatu teks yang menurut tradisi dicetak atau ditulis dengan menggunakan tinta berwarna merah, tujuannya agar terlihat mencolok. Menurut Merriam-Webster’s Collegiate rubrik merupakan aturan otoritatif; judul; sesuatu yang dapat dijadikan dasar untuk menggolongkan sesuatu, kategori; penjelasan atau ulasan pengantar, keterangan; aturan yang ditetapkan, tradisi, atau kelaziman; daftar kriteria yang digunakan untuk pedoman dalam pemberian angka atau penilaian tugas akademik.

Namun, rubrik juga dapat diartikan sebagai ruangan di dalam surat kabar atau majalah yang berisi berita. Pengertian lainnya dari rubrik yaitu, kepala ruangan atau ruangan tetap pada media cetak sebuah surat kabar atau majalah. Rubrik dapat diartikan juga sebagai suatu halaman yang mempunyai kop (kepala halaman) yang terdapat pada media cetak seperti koran, majalah, buletin, tabloid, dan lain sebagainya. Umumnya rubrik berisi tentang informasi berita, opini atau iklan.

Sama hal nya dengan pengertian rubrik menurut KBBI, yaitu karangan yang bertopik tertentu dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya. Misalnya seperti rubrik puisi, rubrik kesehatan, cerita pendek, rubrik iptek, rubrik zodiak, atau rubrik musik.

1. Pengertian Rubrik Menurut Para Ahli

Dibawah ini beberapa pengertian rubrik menurut beberapa ahli, yaitu:

Arens

Menurut Arens rubrik merupakan deskripsi terperinci mengenai tiap kinerja dan kriteria yang akan digunakan untuk menilainya.

Onong Uchjana Effendy

Menurut Onong Uchjana Effendy rubrik yaitu rubrik berasal dari bahasa Belanda yaitu rubiek yang artinya ruangan pada halaman surat kabar, majalah, atau media cetak lainnya tentang suatu kegiatan aatu aspek tertentu dam suatu kehidupan masyarakat, miasalnya rubrik wanita, rubrik olahraga, rubrik pendapat pembaca.

Bernie Dodge dan Nancy Pickett

Berbeda halnya pengertian rubrik menurut Bernie dan Nancy, menurut mereka rubrik merupakan alat skoring untuk asesmen yang bersifat subjektif yang mana di dalamnya terdapat satu set kriteria dan standar yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang nantinya akan diakses ke anak didik.

Nitko

Pengertian rubrik menurut Nitko yaitu suatu alat yang berisi seperangkat aturan yang dapat digunakan untuk mengakses kualitas dari performasi, kinerja mahasiswa, atau peserta didik.

Heidi Goodrich Andrade

Menurut Heidi Goodrich Andrade rubrik merupakan suatu alat untuk penskoran yang terdiri dari daftar seperangkat atau sepasaang kriteria atau sesuatu yang harus dihitung.

Baca Juga :   Pengertian Representative dan Definisinya Lengkap

2. Macam Macam Rubrik

Terdapat berbagai macam rubik menurut Effendy, antara lain yaitu:

Rubik informasi

Rubik informasi berisi tentang perihal keluarga misalnya, pernikahan, tunangan, kematian, kelahiran. Kesejahteraan berisi tentang koperasi, kredit rumah, fasilitas dari organisasi. Selain perihal keluarga dan kesejahteraan yang sifatnya umum, juga berisi tentang pengumuman pemimpin organisasi, peraturan, surat keputusan, pergantian pemimpin, pertemuan misal rapat kerja, konferensi, perantara.

Rubrik rekreasi

Rubrik rekreasi berisi tentang cerita pendek, anekdot, kisah minat insani, pojok atau sentilan.

Rubrik edukasi

Selain rubrik yang berisi informasi dan rekreasi macam rubik juga berisi tentang edukasi. Rubrik edukasi berisi antara lain kutipan pendapat tokoh misal keahlian, keagamaan, kemasyarakatan. Artikel mengenai pengetahuan, keagamaan, teknologi. Dan yang lainnya berisi tetang tajuk rencana.

3. Manfaat Rubrik

Umumnya rubrik bermanfaat bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, karena rubrik berisi berbagai macam informasi.

  1. Sebagai pedoman penilaian kinerja mahasiswa
  2. Untuk mendiskripsikan suatu tugas
  3. Agar siswa mendapatkan umpan balik yang akurat dan cepat
  4. Untuk menyajikan informasi bobot penilaian
  5. Supaya penilaian lebih objektif dan konsisten
  6. Supaya peserta didik bisa mendapatkan “content knowledge” dan “procedural knowledge”
  7. Agar peserta didik dapat menilai kinerja kelompokknya sendiri
  8. Supaya peserta didik menjadi pembelajaran yang aktif
  9. Supaya pendidik ataupun peserta didik bisa mendapat alat refleksi yang efektif mengenai proses pembelajaran yang sudah berlangsung.

4. Tujuan Rubrik

Tujuan penilaian rubrik agar siswa diharapkan secara jelas dapat memahami dasar penilaian yang digunakan untuk mengukur suatu kinerja siswa. Selain bermanfaat bagi siswa diharapkan juga bermanfaat bagi guru atau pengajar agar memiliki pedoman bersama yang jelas mengenai tuntutan kinerja yang diinginkan.

Umunya di dalam rubrik informasi yang ditampilkan jelas atau tersurat, namun ada juga yang ditampilkan secara tersirat atau secara tidak jelas. Rubrik berisi mengenai pesan yang ingin diberitahukan kepada pembaca mengenai anjuran, atau nasihat penulis yang tujuannya memberikan informasi kepada pembaca.

5. Persyaratan Rubrik

Memiliki konten yang beragam

Biasanya rubrik mempunyai lebih dari tiga konten yang berbeda. Berita atau opini umunya berada dibagian atas halaman dengan foto dan judul yang besar.

Memiliki pangsa pasar yang jelas

Tentu saja harusnya rubrik memiliki pangsa pasar yang jelas. Hal tersebut dikarenakan nantinya isi dan konten rubrik akan disajikan pada pembaca.

Memiliki nama dan kop

Rubrik harus memilik gaya tampilan dan konten yang menarik agar dapat dijual. Misal membuat desain kop yang menarik dan berbeda dari yang lain.

Memiliki Dumi

Dumi merupakan kerangka karangan yang mana dapat menjadi panduan divisi pracetak dalam menyimpan foto, konten berita, dan ilustrasi yang nantinya menjadi halaman menarik dan enak dipandang.

Nah, itulah penjelasan tentang Rubrik semoga dapat bermanfaat dan menjadi renferensi bagi mereka yang membutuhkan. Agar dapat membuat rubrik yang menarik dan layak untuk dijual.

Baca juga: