5 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan Terlengkap

Posted on
5 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan – perkembangbiakan vegetatif buatan ialah cara perkembangbiakan tumbuhan yang tidak melalui proses penyerbukan dengan bantuan maupun adanya campur tangan manusia. Tumbuhan yang dikembangbiakkan melalui vegetatif buatan adalah tumbuhan yang dapat memberikan manfaat untuk manusia, baik secara sosial ataupun ekonomi. Berikut ini akan di jelaskan mengenai perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan.

Sejumlah tumbuhan ada yang bisa dilakukan melalui cara perkembangbiakan vegetatif buatan, misalnya seperti pada tumbuhan mangga yang bisa melalui cara mencangkok, menyambung maupun okulasi.

Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

1. Mencangkok

Mencangkok ialah cara perkembangbiakan dengan melakukan pengupasan pada kulit batang dan membungkusnya menggunakan tanah supaya didalam bagian tersebut dapat tumbuh akar.
Supaya bisa mendapatkan hasil, maka tumbuhan yang akan dilakukan pencangkokan tersebut harus mempunyai batang kayu, misalnya seperti mangga, nangka, rambutan. Tidak bisa dilakukan pada pohon bamboo ataupun pada pohon pisang.

Kelebihan dari adanya perkembangbiakan dengan melalui mencangkok adalah kemampuan untuk berbuahnya dapat lebih cepat dan mempunyai sifat yang sama dengan induk tumbuhan. Sementara kekurangan dari adanya perkembangbiakan melalui cangkok ini adalah akar tanaman menjadi kurang kuar serta umurnya jauh lebih pendek.

Berikut langkah – langkah mencangkok :

  • Silahkan memilih salah satu diantara dahan yang ukurannya sedang, jangan terlalu muda dan jangan terlalu besar
  • Kupaslah dahannya sepanjang 15 – 20 cm hingga terlihat di bagian putihnya dengan menyeluruh
  • Secukupnya berikan dahan dengan lapisan tanah yang berhumus
  • Dahan yang sudah terlapisi dengan tanah berhumus tadi dibungkus menggunakan plastic maupun sabut kelapa agar tanah tidak terlepas pada dahan
  • Jika sesudah 10 hingga 20 hari daun dari dahan tadi tidak layu serta nampak tumbuh akar yang cukup, maka dahan tadi sudah bisa dipotong
  • Kemudian tanamlah dahan tadi pada pot maupun di tanah

2. Stek

Stek merupakan cara perkembangbiakan vegetatif buatan dengan melakukan pemotongan di bagian tumbuhan lalu menanamnya langsung ke tanah. Supaya bisa tumbuh jadi tumbuhan yang baru, maka di bagian tumbuhan yang di stek tersebut harus mempunyai mata tunas serta tanamlah pada tanah yang humusnya dengan memperoleh suplay air serta nutrisi yang memadai.

Biasanya tanaman yang di stek antara lain adalah mawar dan singkong. Kelebihan dari cara stek ini ialah bisa cepat menghasilkan tumbuhan baru, sementara kelemahannya ialah kemungkinan untuk gagal maupun tumbuhan mati lumayan besar.

Berikut langkah – langkah stek batang :

  • Potonglah di bagian batang maupun dahan yang ingin kalian jadikan tanaman baru
  • Lalu tanamlah dahan yang sudah di potong tersebut kedalam pot maupun tanah yang subur
  • Secara berkala sirami tanaman dan jangan memberikan terlalu banyak air, hanya 1 kali saja di waktu pagi hari
  • Tempatkan tanaman yang baru tersebut di tempat yang tidak terlalu mendapatkan paparan sinar matahari
Baca Juga :   Ekosistem Danau : Pengertian, Ciri, Komponen dan Manfaatnya Terlengkap

3. Menyambung

Menyambung ialah cara perkembangbiakan vegetative buatan pada tanaman dengan cara menggabungkan dua batang tanaman yang sama/ sejenis. Penyambungan tersebut dilakukan tujuannya adalah untuk menghasilkan karakteristik/ sifat – sifat yang unggul pada kedua jenis tanaman.
Seperti di bagian batang bawah guna mendapatkan akar serta batang yang kokok, sementara di sambungannya batang bagian atas guna mendapatkan hasil buah yang manis serta lebat. Perkembangbiakan melalui cara menyambung ini secara umum dilakukan pada pohon rambutan, pohon melinjo, dan pohon mangga.

Berikut langkah – langkah menyambung batang :

  • Silahkan kalian persipakan pisau yang bersih dan juga steril guna menyurangi infeksi di bagian batang tumbuhan yang akan dilakukan penyambungan
  • Sisakan sedikit saja daun di bagian batang atas pohon yang nantinya kan kalian sambung guna mengurangi proses dari penguapan
  • Potonglah di bagian batang atas dengan membentuk V serta belah batang bagian bawah berukuran kurang lebih 5 sampai 10 cm
  • Silahkan kalian sambungkan batang bagian atas menggunakan batang bagian bawah dengan posisi yang kuat serta pas
  • Ikat menggunakan tali maupun plastic supaya posisi sambungan tadi tidak berubah, sebab jika berubah dan bergerak – gerak maka selama proses penyambungan tersebut akan menjadi gagal
  • Kemudian tunggulah perkembangannya kurang lebih selama 2 hingga 4 minggu

4. Okulasi

Okulasi ialah cara perkembangbiakan vegetative buatan pada tumbuhan melalui cara menempelkan tunas baru di bagian batang lain tumbuhan dengan masih sejenis. Tujuan dari okulasi ini sama dengan menyambung, yakni untuk mendapatkan sifat – sifat yang unggul dari kedua buah tumbuhan tersebut.

Berikut langkah – langkah okulasi :

  • Siapkanlah mata tunas pada tumbuhan yang akan dilakukan penempelan di tumbuhan baru
  • Lalu iris batang tumbuhan yang akan jadi induk dan sesuaikan ukurannya dengan mata tunas
  • Ikatlah dengan plastic atau tali secara kencang supaya tidak berpindah posisinya

5. Merunduk

Merunduk ialah cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan melalui membenamkan pada bagian batang tumbuhannya ke dalam tanah serta mempertahankan posisi tersebut hingga tumbuhlah akar di bagian batang tumbuhan tadi.
Untuk bisa melaksanakan perkembangbiakan tersebut, maka tumbuhan yang akan dikembangbiakan perlu memiliki batang yang mudah diatur serta lentur, misalnya sepeti batang arbei dan strawberry.

Berikut langkah – langkah merunduk :

  • Silahkan kalian siapkan batang tumbuhan mudah diatur serta ditempelkan di permukaa tanah
  • Taruhlah diatas tanah dengan penjepit maupun meletakkan dengan batu diatasnya supaya tidak berpindah tempat
  • Lalu tunggu 1 sampai 2 minggu hingga memiliki akar yang cukup
  • Potonglah tumbuhan utamanya serta tumbuhan baru agar bisa hidup mandiri

Demikianlah pembahasan tentang perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan. Jadi, untuk perkembangbiakan buatan ini terdapat 5 cara yang dilakukan, diantaranya mencangkok, stek, menyambung, okulasi, dan merunduk. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk berbagai kalangan yang sedang mencarai bahan referensi dari perkembangbiakan vegetatif buatan ini.

Baca Juga :