Pengertian Sabar Menurut Pandangan Islam Beserta Manfaatnya

Posted on
Pengertian Sabar Menurut Pandangan Islam Beserta Manfaatnya
Rate this post

Pengertian Sabar Menurut Pandangan Islam Beserta Manfaatnya

Pengertian sabar ialah sikap menahan diri, keinginan, emosi, menahan situasi sulit bahkan tidak mengeluh. Banyak orang yang menggunakan kata sabar ketika dirinya mengalami musibah. Tak jarang juga kata sabar juga digunakan ketika berpuasa karena menahan segala keinginan yang dilarang dalam berpuasa. Sehingga pengertian sabar memang mencakup segalanya.

Sabar juga termasuk pengendalian diri yang bernilai tinggi yang mencerminkan kokohnya jiwa seseorang. Jadi, semakin tinggi kesabaran seseorang, maka semakin kuat juga dalam menghadapi berbagai musibah dan masalah yang akan menimpanya.

Pengertian Sabar Menurut Pandangan Islam

Sabar sendiri berasal dari kata berbahasa arab yakni sobaro yasbiru berarti menahan. Menurut istilah, pengertian sabar ialah menahan diri terhadap segala kesulitan, kesedihan, maupun menahan diri ketika menghadapi sesuatu yang kurang disukainya.

Dalam agama islam, terdapat 3 bentuk sabar diantaranya sabar pada ketaatan Allah seperti sabar dalam menjalankan semua ibadah ibadah kepadanya. Contohnya sabar dalam berpuasa, berzakat, haji dan lainnya. Yang kedua sabar menghadapi musibah contohnya kehilangan harta, rejeki yang kurang, mengalami musibah, bahkan ditinggalkan orang yang disayang. Yang ketiga adalah sabar dalam menjauhi seluruh perbuatan maksiat maupun semua perbuatan yang diharamkan oleh agama. Diantaranya sabar tidak melakukan judi, sabar tidak meminum minuman keras, maupun sabar tidak menjalankan segala yang diharamkan Allah.

Baca Juga :   5 Pengertian Rukun Islam dan 6 Rukun Iman Serta Penjelasannya Lengkap

Manfaat Sabar

Jika kita berbuat sabar, aka nada banyak manfaat yang bisa kita peroleh diantaranya:

1. Memberi Ketenangan Pada Tubuh Dan Pikiran

Sabar akan menjadikan tubuh serta pikiran anda terasa tenang karena anda tidak merasa terbebani dengan target tertentu yang mau dicapai. Dengan begitu anda juga tidak akan merasa stress.

2. Menikmati Proses

Sabar juga membuat anda bisa menikmati proses yang menyenangkan karena anda tidak terburu buru dengan apa yang dilakukan.

3. Menyeimbangkan Tempo Dengan Lingkungan

Jika anda tidak sabar akan berdampak juga pada lingkungan sekitar. Misalnya saja jika anda tidak sabar dan gampang emosi, maka orang yang ada disekitar anda akan merasa tidak nyaman.

4. Hidup Damai

Sabar juga bisa membuat seseorang merasa damai karena saling menahan emosi dan bisa mengendalikan segala amarah. Dengan begitu, permusuhan dan kebencian pun akan mudah sekali dihindari.

Kesimpulannya, pengertian sabar sesungguhnya ialah menahan diri supaya tidak mudah emosi, berkeluh kesah, dendam, benci, tidak gampang putus asa, serta melatih diri untuk senantiasa taat dan membatasi diri supaya tak melakukan perbuatan maksiat.

Baca juga: