Pengertian Pendekatan: Macam Macam, Strategi, dan Metodenya Lengkap

Posted on

Pengertian Pendekatan: Macam Macam, Strategi, dan Metodenya Lengkap

Pengertian Pendekatan – persiapan atau langkah awal dari proses pembelajaran agar tercapai kompetensi yang telah diharapkan. Seorang guru akan menggunakan pendekatan pembelajaran sebagai cara umum dalam memandang permasalahan maupun objek kajian, baik itu yang berpusat pada siswa maupun yang berpusat pada guru. Selanjutnya, berdasarkan pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan tersebut, guru menurunkannya ke dalam strategi pembelajaran dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematik dan sistemik.

A. Pendekatan Pembelajaran

Merupakan cara pandang atau titik tolak pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.

Pada umumnya, pembelajaran terdapat 2 jenis pendekatan, yaitu:

1) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
2) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru.

B. Macam -macam pendekatan pembelajaran

1. Pendekatan Kontekstual

Pengertian Pendekatan kontekstual adalah konsep belajar yang bisa membantu guru dalam mengaitkan antara materi yang diajarkannya. Dengan mengaitkan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa untuk menghubungkan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Di dalam pendekatan kontekstual memungkinkan timbulnya 5 bentuk belajar yang penting,yaitu:

  • Mengaitkan merupakan strategi yang paling hebat dan merupakan inti konstruktivisme. Guru menggunakan strategi ini ketia ia mengkaitkan konsep baru dengan sesuatu yang sudah dikenal siswa.
  • Mengalami adalah inti belajar kontekstual dimana mengaitkan berarti menghubungkan informasi baru dengan pengelaman maupun pengetahui sebelumnya. Dimana belajar bisa terjadi lebih cepat saat siswa bisa memanipulasi peralatan dan bahan serta melakukan bentuk penelitian yang aktif.
  • Menerapkan merupakan dimana siswa menerapkan suatu konsep ketika ia malakukan kegiatan pemecahan masalah. Guru dapat memotivasi siswa dengan memberikan latihan yang realistik dan relevan.
  • Kerjasama adalah dimana siswa yang bekerja secara individu sering tidak membantu kemajuan yang signifikan. Melainkan sebaliknya, siswa yang bekerja secara kelompok sering dapat mengatasi masalah yang komplek dengan sedikit bantuan. Pengalaman kerjasama tidak hanya membanti siswa mempelajari bahan ajar,tetapi konsisten dengan dunia nyata.
  • Mentransfer dimana peran guru membuat bermacam-macam pengalaman belajar dengan focus pada pemahaman bukan hapalan.

Ciri-ciri pendekatan konstruktivisme

  • Pengembangan pengetahuan peserta didik dapat dilakukan oleh siswa itu sendiri. Melalui kegiatan penelitian atau pengamatan langsung sehingga siswa dapat menyalurkan ide-ide baru sesuai dengan pengalaman dengan menemukan fakta yang sesuai dengan kajian teori.
  • Antara pengetahuan-pengetahuan yang ada harus ada keterkaitan dengan pengalaman yang ada dalam diri siswa.
  • Setiap siswa mempunyai peranan penting dalam menentukan apa yang mereka pelajari.
  • Peran guru hanya sebagai seorang pembimbing dengan menyediakan materi atau konsep yang akan dipelajari siswa, serta memberikan peluang kepada siswa untuk menganalisis sesuai dengan materi yang dipelajari
Baca Juga :   10 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli "Paling Lengkap"

2. Pendekatan Saintifik

Pada Kurikulum 2013, juga dikenal dengan istilah pendekatan saintifik. Pengertian Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengikuti kegiatan ilmiah. Dimana alur urutan kegiatan atau pengalaman belajar adalah sebagai berikut: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau mencoba, menalar atau mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

C. Strategi pembelajaran

Pengertian strategi pembelajaran adalah langkah-langkah sistematik dan sistemik yang digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Strategi pembelajaran dibentuk berdasarkan adanya pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan. Misalkan seperti pada pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa bisa menurunkan strategi pembelajaran discovery, inkuiri atau kooperatif.
Secara umum strategi pembelajaran dapat dibedakan ke dalam beberapa klasifikasi:

  1. Expository versus discovery
    – Expository adalah strategi pembelajaran yang menitikberatkan dalam penyampaian bahan materi secara sistematis dan lengkap, dimana posisi siswa sebagai penerima.
    – Discovery dimaksudkan sebagai strategi yang menempatkan siswa lebih aktif dengan kegiatan menemukan dimana materi disampaikan tidak dalam bentuk final.
  2. Group versus Individual
    – Strategi group mementingkan peran siswa dalam kegiatan kelompok untuk bekerjasama dan terlibat dalam aktivitas kelompok.
    – Strategi individual merupakan strategi yang lebih menitikberatkan pada peran individu secara mandiri dalam mencapai kemajuan belajarnya.

Macam-macam strategi pembelajaran

  1. Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE)
  2. Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)
  3. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)
  4. Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)
  5. Stategi Pembelajaran Kontekstual (CTL
  6. Srategi Pembelajaran Afektif
  7. Strategi Pembelajaran Kreatif Produk
  8. Strategi Pembelajaran Inkuiri ktif
  9. Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek,
  10. Strategi Pembelajaran Kuantum,
  11. Strategi Pembelajaran Siklus,
  12. Srategi Pembelajaran Berbasis Komputer dan Berbasis Elektronik (E-Learning),
  13. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB).

D. Metode pembelajaran

Metode pembelajaran bisa diartikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:

1. Metode Diskusi
2. Metode Demonstrasi
3. Metode Resitasi
4. Metode Eksperimental
5. Metode Study Tour (Karya wisata)
6. Metode Latihan Keterampilan
7. Metode Pengajaran Beregu
8. Peer Theaching Method
9. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)
10. Project Method
11. Taileren Method
12. Metode Global (ganze method)Teknik Pembelajaran

Setelah itu, metode pembelajaran dapat dijabarkan ke dalam teknik dan taktik pembelajaran. Dengan begitu, teknik pembelajaran yaitu cara atau metode yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Pendekatan, semoga artikel kali ini bisa menambahkan wawasan kalian dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga :