Pengertian Kreatif dan Inovatif Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Kreatif dan Inovatif Beserta Contohnya Lengkap
Rate this post

Banyak para pembaca yang bertanya mengenai Pengertian Kreatif dan Inovatif  di antaranya seperti Apa sih yang di maksud dengan Kreatif?, Jelaskan Apa yang di maksud dengan Kreatif dan Inovatif?, Apa itu kreatif?, Apa itu Inovatif?. Untuk menjawab dari berbagai pertanyaan tersebut akan di bahas secara lengkap beserta contohnya sebagai berikut ini.

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Menurut Conny R. Semiawan, Kreatif dapat di artikan sebagai kemampuan untuk memberi suatu gagasan baru sebagai pemecahan masalah

Sedangkan menurut Anderos : 1961, Kreatif memiliki arti sebagai suatu proses pemikiran yang berguna dalam membantu memutuskan berbagai ide atau gagasan baru yang mana adalah dalam hal ini merupakan salah satu sifat manusoa yang terbentuk dari proses pengalaman yang menjadikan setiap prang tersebut dapat terus melakukan perbaikan dan mengembangkan dirinya.

Jika di lihat dari Definisi kreatif ialah suatu kemampuan dalam membuat suatu sistem atau komposisi yang baru (Havvel : 1962)

Seperti yang kita tahu bahwasanya saat ini persaingan hidup semakin ketat, Bahkan setiap waktu muncul para pesaing baru dalam berbagai bidang. Sehingga untuk bisa menjaga keeksistensinya di perlukan kreatifitas yang mutlak oleh setiap Individu atau badan usaha. Bahkan pada setiap perusahaan perlu memiliki departemen khusus pengembangan produk yang tidak lain tujuannya adalah mengembangkan berbagai produk sebagai untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan.

Sebagai contoh seorang entertainer di televise yang mana jika kita sebagai penonton akan merasa bosan jika tema yang dibawa pada acara Talk Show itu-itu saja yang di bahas. Maka dengan hal tersebut agar penonton tidak bosan Acara Talk Show tersebut harus memberikan suatu yang berbeda misalnya dengan mendatangkan Pelawak, Penyanyi atau kuis.

Pengertian Kreatif Secara Umum

Jika di artikan secara umum Kreatif adalah suatu kemampuan dalam menciptakan produk/hal-hal yang baru atau cara yang baru dari sesuatu yang telah di ciptakan (Sudah ada) sebelumnya. Umumnya Kreatif ini akan muncul jika ada suatu halangan atau rintangan yang memerlukan solusi terbaru.

Sebagai contoh Seorang ayah ingin memberikan anaknya dengan mainan, akan tetapi jika membelinya tidak memberikan nilai edukasi maka seorang ayah mengajak anaknya untuk membuat mainan dari berbagai barang-barang bekas yang ada di rumah. Jika melihat contoh tersebut tentunya memiliki nilai kreatif dengan memanfaatkan barang yang ada menjadi susuatu yang baru dan bermanfaat .

Sedangkan contoh dalam kewirausahaan tidak berbeda jauh dengan Contoh di atas yakni sebuah barang yang tidak terpakai bisa di jadikan sebagai barang dengan memiliki nilai jual seperti membuat Bingkai Foto dari Stick Es krim, Membuat Mainan dari Kayu, Membuat Lampu dari botol bekas dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali pekerjaan yang menuntut seseorang harus memiliki kreatifitas yang tinggi di antaranya seperti Seniman, Penulis, Designer, pelawak dan lainnya. Ada pula beberapa pekerjaan yang sifatnya tidak memerlukan kreatifitas yang tinggi salah satunya adalah pekerja kantoran.

Jika di bandingkan dengan pekerjaan kantoran dan yang harus memiliki kreatifitas tinggi tentu penghasilan lebih besar adalah yang memiliki kreatifitas, hal ini karena mereka di tuntut selalu berfikir keras untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Contohnya saja pekerja kantoran dengan penulis, tentunya penulis memiliki penghasilan yang lebih besar.

Dengan begitu, maka setiap orang harus terus mengembangkan kreatifitasnya dengan berbagai cara seperti berikut dengan memulai membiasakan menggunakan anggota badan yang tidak dominan. Contohnya jika kita semua di lakukan dengan menggunakan tangan kanan seperti menggenggam HP, Menulis maka mulai saat ini biasakan dengan menggunakan tangan kiri. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian yang mana dapat menguatkan hubungan setiap saraf yang telah ada dengan membentuk saraf baru.

Beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa anda lakukan untuk menambah daya kreatifitas anda di antaranya adalah Membaca Buku, bermain teka-teki, bermain Game RPG di HP dengan menyusun strategi, Belajar bahasa asing, bersosialisasi, bermain music dan lainnya.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai Pengertian Kreatif dan Inovatif Beserta Contohnya, sehingga dengan membaca penjelasan di atas sekarang anda sudah mengerti. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Pengertian Kreatif dan Inovatif Beserta Contohnya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares