Pengertian Kecelakaan Kerja : Latar Belakang dan Faktor Penyebabnya Terlengkap

Posted on
Pengertian Kecelakaan Kerja : Latar Belakang dan Faktor Penyebabnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Kecelakaan Kerja : Latar Belakang dan Faktor Penyebanya Terlengkap

Pengertian Kecelakaan Kerja – Pada pembahasan artikel kali ini akan menjelaskan tentang pengertian kecelakaan kerja dengan pembahasan lengkap dan ringan dipahami. Kecelakaan diartikan sebagai suatu kejadian yang tidak terduga, awalnya tidak dikehendaki yang akhirnya mengacaukan sebuah proses yang telah diatur dari suatu aktivitas. Serta, bisa menimbulkan kerugian baik bagi manusia dan atau harta benda.
Sedangkan kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang tidak terduga dan tidak diharapkan dan tidak terencana yang mengakibatkan luka, sakit, kerugian baik pada manusia, barang maupun lingkungan.

Kerugian yang Disebabkan Oleh Kecelakaan Kerja

Kerugian-kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan dapat berupa banyak hal yang mana telah dikelompokkan menjadi 5, yaitu :

  1. Kerusakan
  2. Kekacauan organisasi
  3. Keluhan, kesakitan dan kesedihan
  4. Kelainan dan cacat
  5. Kematian

A. Pengertian Kecelakaan Kerja

Berikut adalah beberapa Pengertian Kecelakaan Kerja :

  1. Menurut Per 03/Men/1994 mengenai Program JAMSOSTEK, pengertian kecelakaan kerja adalah kecelakaan berhubung dengan hubungan kerja , termasuk penyakit yang timbul karena hubungan kerja demikian pula kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan berangkat dari rumah menuju tempat kerja dan pulang ke rumah melalui jalan biasa atau wajar dilalui.( Bab I pasal 1 butir 7 ).
  2. Menurut OSHA adalah kecelakaan yang tejadi pada saat pergi atau pulang dari kerja, yang biasa disebut commuting, bukan termasuk kecelakaan kerja.

B. Latar Belakang Terjadinya Kecelakaan Kerja

Secara umum latar belakang dari terjadinya kecelakaan di pengaruhi oleh 2 faktor, yaitu16 :

Unsafe Condition

Merupakan terjadinya kecelakaan kerja dikarenakan kondisi kerja yang tidak aman, sebagai akibat dari, beberapa hal dibawah ini :

  • Mesin, Peralatan, Bahan, dsb
  • Lingkungan Kerja
  • Proses Kerja
  • Sifat Pekerjaan
  • Cara Kerja

Unsafe Action

Dimana kecelakaan terjadi karena perbuatan / tindakan yang tidak aman, sebagai akibat dari beberapa poin dibawah ini :

  • Kurangnya pengetahuan dan keterampilan
  • Karakteristik fisik
  • Karakteristik mental psikologis
  • Sikap dan tingkah laku yang tidak aman

C. Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja

Faktor Teknis

  1. Tempat Kerja
    Tempat kerja harus memenuhi syarat-syarat keselamatan kerja, seperti ukuran ruangan tempat kerja, penerangan, ventilasi udara, suhu tempat kerja, lantai dan kebersihan luangan, kelistrikan ruang, pewarnaan, gudang dan lain sebagainya.
  2. Kondisi Peralatan
    Mesin dan peralatan kerja pada dasarnya masing – masing mengandung bahaya dan menjadi sumber terjadinya kecelakaan kerja. Oleh karena itu, mesin dan perlatan yang potensial menyebabkan kecelakaan kerja harus diberi pelindung agar tidak membahayakan operator atau manusia.
  3. Bahan-bahan dan peralatan yang bergerak
    Pemindahan sebuah barang yang berat ataupun barang yang berbahaya dengan asal-asalan, dari satu tempat ke tempat yang lain sangat memungkinkan terjadi kecelakaan kerja. Untuk menghindari kecelakaan kerja tersebut, perlu dilakukan pemikiran dan perhitungan yang matang, baik metode memindahkannya, alat yang digunakan, jalur yang akan di lalui, siapa yang bisa memindahkan dan lain sebagainya.
  4. Transportasi
    Upaya untuk mengatasi terjadinya kecelakaan kerja dalam penggunaan alat transportasi, diantaranya adalah memastikan jenis transportasi yang tepat dan aman, melaksanakan operasi sesuai dengan standart operational procedure (SOP), jalan yang cukup, penambahan tanda-tanda keselamatan, pembatasan kecepatan, jalur khusus untuk transportasi (misal dengan warna cat) dan lain sebagainya.
  5. Tools (Alat)
    Kondisi dari peralatan baik dalam segi umur ataupun kualitas dari alat, sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja. Melakukan peremajaan pada alat-alat yang sudah tua dan melakukan kualitas kontrol pada alat-alat yang ada di tempat kerja
Baca Juga :   4 Pengertian Logika : Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Proposisinya

Faktor Non-Teknis

  1. Ketidaktahuan
    Pengetahuan dari operator dalam menjalankan peralatan kerja, memahami karakter dari masing-masing mesin dan sebagainya, menjadi hal yang sangat penting, mengingat apabila hal tersebut asal-asalan, maka akan membahayakan peralatan dan manusia itu sendiri.
  2. Kemampuan yang kurang
    Tingkat pendidikan teknisi otomotif sangat dibutuhkan untuk proses produksi dan proses maintenance atau perawatan. Oleh sebab itu, untuk selalu mengasah kemampuan akan menjadi lebih baik.
  3. Ketrampilan yang kurang
    Setelah kemampuan pengetahuan teknisi baik, maka diperlukan latihan secara terus-menerus. Dalam dunia tehnik, kegiatan latihan ini sering disebut dengan training.
  4. Bermain-main
    Karakter dari seseorang yang suka bermain-main pada saat bekerja, bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja.
  5. Bekerja tanpa peralatan keselamatan
    Pekerjaan tertentu, mengharuskan pekerja menggunakan peralatan keselamatan kerja. Berkembangnya teknologi sekarang ini telah dibuat peralatan keselamatan yang nyaman dan aman ketika digunakan.

Faktor Alam

  1. Gempa bumi
    Meskipun setiap perusahaan atau industri telah menerapakan keselamatan kerja sesuai dengan standar untuk meminimalisir angka kecelakaan kerja. Namun, faktor alam sangat sulit diprediksi. Gempa bumi dapat mengakibatkan kecelakaan kerja dengan menghancurkan tempat perusahaan atau industri.
  2. Banjir
    Banjir bandang juga dapat berpengaruh terhadap keselamatan kerja, terlebih perusahaan berada dekat dengan aliran air. Selain dapat merendam peralatan dan mesin produksi serta dapat menimbulkan kerusakan dan konsleting listrik, banjir juga bisa menghanyutkan para pekerja atau operator.
  3. Tornado/Puting Beliung
    Tornado atau angin puting beliung merupakan suatu kolom udara yang berputar sangat kencang. Putarannya yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah dan rata-rata memiliki kecepatan 117km/jam dengan jangkauan 75 m sampai beberapa kilometer sebelum menghilang.

Demikianlah pembahasan dalam artikel kali ini mengenari Pengertian Kecelakaan Kerja. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan para pembaca untuk selalu menjaga keselamatan dalam bekerja. Terima kasih.

Baca juga: