Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli Dan Ruang Lingkupnya Lengkap

1 min read

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli Dan Ruang Lingkupnya Lengkap

Pengertian Ilmu Kalam – Ilmu kalam berkaitan dengan pemikiran dalam mempertahankan islam dari beragam ancaman atau tantangan dari luar. Ahli ilmu kalam menjadikan persoalan teologi menjadi pokok kajian. Beberapa ahli juga menjelaskan pengertian ilmu kalam. Berikut penjelasannya.

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli

Syekh Muhammad Abduh

Ilmu kalam adalah ilmu yang membahas mengenai wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya, dari sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya, juga membahas tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya, hal-hal jaiz yang dihubungkan pada diri mereka, dan hal-hal terlarang yang dihubungkan kepada diri mereka.

Ibnu Kholdun

Ilmu kalam adalah beberapa alasan dalam mempertahakan kepercayaan iman dengan menggunakan dalil pikiran dan isinya yaitu bantahan pada orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf serta ahli sunnah. Ilmu kalam berpijak dari rukun iman yang harus dipercayai oleh para muslim supaya mendapat keselamatan di dunia dan akhirat. rukun iman harus dibuktikan dengan cara yang rasional.

Mustafa Abdul Raziq

Ilmu kalam menjadi ilmu yang sangat erat kaitannya dengan keyakinan iman dan juga akidah seseorang yang sumbernya dari beberapa argumen yang rasional.

Al-Farabi

Al Farabi adalah tokoh muslim yang jenius di masa kejayaannya. Ia juga mengemukakan ilmu kalam sebagai ilmu yang mempelajari tentang ketauhidan/keesaan zat Allah dan sifatnya dengan eksistensinya. Mulai yang berkenaan dengan masalah dunia sampai masalah setelah mati yang berlandaskan doktrin islam.

Baca Juga :   Puasa : Pengertian, Macam dan Manfaat Puasa Beserta Penjelasannya Lengkap

Ilmu kalam juga sering juga disebut dengan tauhid/usluhudin. Pokok bahasan tauhid ini fokus pada keesaan Allah baik dzat atau keesaaNya. Ilmu kalam banyak membicarakan tentang persoalan yang berkaitan dengan kepercayaan dan dasar ajaran agama. Untuk orang kristen, ilmu kalam ini juga disebut dengan ilmu theology.

Ruang Lingkup Ilmu Kalam

  • Hal-hal yang berhubungan dengan Allah SWT.
  • Hal-hal yang berhubungan denga rasul Allah sebagai penyambung ataupun pembawa risalah kepada manusia, seperti: malaikat, nabi dan rasul dan beberapa kitab suci.Hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan yang akan datang, seperti adanya hari kebangkitan, siksa kubur, surga dan neraka.

Menurut Hasan Al-Banna, ruang lingkup pembahasan ilmu kalam meliputi :

  • Adalah kajian tentang segala hal yang berhubungan dengan Allah, seperti wujud Allah, nama-nama Allah, sifat-sifat Allah, af’al Allah dls.
  • Adalah kajian tentang segala hal yang berkaitan dengan Nabi dan Rasul termasuk pembahasan mengenai kitab-kitab Allah, mu’jizat, karomah dls.
  • Adalah kajian tentang segala hal yang berkaitan dengan metafisik seperti malaikat, jin, iblis, syetan dls.
  • Sam’iyat. Adalah segala hal yang hanya dapat diketahui lewat sam’I (dalil naqli atau berupa Al-qur’an dan sunah) seperti alam barzakh, akhirat, adzab kubur, surga dan neraka dls.

Demikianlah Pengertian Ilmu Kalam menurut para ahli dan ruang lingkupnya secara lengkap. Semoga dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :