Pengertian dan Definisi Teori Menurut Para Ahli (KBBI, Hedriksen dan Kerlinger)

Posted on
Pengertian dan Definisi Teori Menurut Para Ahli (KBBI, Hedriksen dan Kerlinger)
Rate this post

Pengertian dan Definisi Teori Menurut Para Ahli (KBBI, Hedriksen dan Kerlinger)

Pengertian Teori: Apa itu Teori? –  Teori (theory) adalah terdiri berbagai definisi, konsep, serta di dalamnya memberikan sajian berupa pandangan yang terstruktur fenomena yakni dengan membuktikan interaksi antara satu variabel terhadap variabel yang lainnya dengan memiliki tujuan untuk menyebutkan dan meramalkan dari fenomena tersebut. Seperti yang di kutip Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Teori memiliki arti sebuah pendapat yang di uraikan menjadi keterangan tarkiat dari suatu peristiwa atau kejadian, azas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau Ilmu pengetahuan, serta pendapat , cara atau aturan untuk di gunaka sebagai dukungan kegiatan sesuatu.

Bisa di Simpulkan bahwasanya Teori adalah layanan utama yang memiliki kegunaan sebagai bukti interaksi terstruktir yang terjadi pada beberapa tanda-tanda sosial ataupun tanda-tanda alam yang akan diteliti.

Teori juga bisa di bilang adalah abstraksi, pengertian atau interaksi pada sebuah proporsi dan acuan.

Menurut salah satu para ahli bernama Hedriksen tahun 1992, memberikan penjelasan mengenai asrt teori yakani sebuah atau lebih dari berbagai susunan hipotesis, konsep, dan prinsip pragmatis hingga menjadi kerangka umum referensi di tujukan pada suatu bidang dari suatu yang di pertanyakan .

Sedangkan menurut para Ahli lainnya yakni Kerlinger pada tahun 1973, Mengungkapkan bahwasanya teori memiliki arti dari berbagai konsep yang masih terkait pada satu kesatuan serupa lainnya yang memiliki arti suatu pandangan sistematis berasal daripada fenomena. Kemuidan Teori juga terdiri dari  tiga hal yang harus diperhatikan jika ingin mengetahuai lebih jauh mengenai teori di antaranya adalah:

  • Teori merupakan satu kesatuan dari beberapa dan konstrak yang sudah didefinisikan secara meluas sesuai bersamaan dengan pad segi unsur-unsur didalam proporsi berikut secara jelas.
  • Teori menerangkan secara luas terkait atau hubungan antar variabel agar pandangan yang sistematik dari fenomena yang dijelaskan dari beberapa variabel tersebut menjadi jelas.
  • Teori Menjelaskan dari berbagai fenomena dengan menggunakan langkah menspesifikasikan variabel yang saling terkait.
Baca Juga :   Pengertian Sinopsis Dan Cara Membuatnya Secara Lengkap

Dengan berbagai penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa : Suatu teori merupakan Suatu kumpulan dari berbagai rancangan yang terbantuk dari pola realitas. Teori merupakan suatu pernyataan yang menjelaskan secara jelas pada suatu proses, peristiwa, atau fenomena yang berdasarkan dari observasi dalam berabagai fakta, tapi tanpa bukti absolut atau langsung. Beberapa teori terbentuk dari suatu grup pertanyaan yang masih ada hubungannya dari satu dan yang serupa lainnya sehingga memberikan arti terhadap suatu alur kejadian. Teori bisa diuji, dirubah, atau dapat digunakan unutk sesorang yang ingin melakukan riset atau sebagai acuan evaluasi. Teori bisa di dapatkan dari dua metode pokok, yakni secara deduktif dan induktif. Cara deduktif di awali dengan bersamaannya dengan menguji suatu ide umum, kemudian melaksanaka tindakan spesifik bertujuan menarik suatu anggapan khusus. Sedangkan bersama dengan cara induktif prosesnya berlangsung sebaliknya.

Baca Juga :