Pengertian, Ciri-Ciri Dan Unsur Novel

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Unsur Novel
Rate this post

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Unsur Novel

Pengertian novel merupakan karya sastra berbentuk prosa yang didalamnya mengandung beberapa unsur baik unsur intrinsik maupun unsur estrinsik. Kata novel berasal dari bahasa Italia yakni novella yang artinya kisah atau cerita. Sehingga pengertian novel sangat identik dengan sebuah cerita.

Sementara itu, penulis novel biasa disebut dengan seorang novelis. Panjang novel melebihi cerpen dan tak ada batasan baik sajak maupun struktur ceritanya. Penulis akan menceritakan sebuat cerita dengan sejelas jelasnya dalam novel tersebut. Sehingga pembaca tidak akan kebingungan meresapinya. Ada pesan yang tersembunyi dalam novel tersebut yang disampaikan oleh penulis kepada pembacanya.

Ciri-Ciri Novel Umum

Sementara itu, pengertian novel lainnya ialah karangan yang memiliki jumlah kata melebihi 35.000 kata, dengan minimal 100 halaman. Sementara durasi yang anda perlukan untuk membaca novel tersebut minimal 120 menit. Dalam novel juga ditemukan emosi, impresi maupun efek. Kemudian alur yang terdapat pada novel juga lebih kompleks dengan cerita yang lebih luas.
Cirri lainnya ialah dalam sebuah novel juga terdapat deskripsi yang menggambarkan keadaan dan situasi didalam cerita. Novel juga memiliki cerita yang lebih panjang tapi kalimatnya selalu berulang ulang.

Unsur Intrinsik Pada Novel

Didalam novel juga terdapat unsur unsur penting yang harus ada. Unsur novel yang pertama adalah tema. Yang dimaksud dengan tema ialah pokok cerita. Unsur novel yang berikutnya adalah penokohan atau watak. Karakter setiap tokoh sangat diperlukan dalam sebuah novel untuk membuat pembacanya tertarik dan tidak bosan.
Unsur yang selanjutnya adalah alur. Yang dimaksud dengan alur ialah jalan cerita pada novel tersebut. Alur ada dua macam yakni alur maju dengan alur mundur. Alur maju memberi kesan pada kronologi yang ditujukan di alur cerita. Kemudian alur mundur ialah menceritakan peristiwa yang saat itu juga sedang berlangsung.

Baca Juga :   INDEKS BUKU : Pengertian, Bagian-Bagian dan Contohnya Lengkap

Tahapan alur dimulai dari proses pengenalan cerita, kemudian ada masalah dalam cerita tersebut, terdapat konflik, klimak ketegangan dalam cerita, lalu masalahnya mulai reda yang terakhir penyelesaian.
Dalam novel menggunakan bahasa personifikasi dan simile ataupun perumpamaan. Unsur novel berikutnya adalah latar atau setting yang didalamnya menggambarkan peristiwa tersebut baik waktu, tempat, maupun suasana cerita. Unsur terakhir ialah amanat atau pesan disampaikan penulis melalui novel yang ditulisnya bernilai moral, etika ataupun agama.
Itulah pengertian novel secara umum dan unsur unsur yang harus ada dalam novel. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Unsur Novel | penulis oke | 4.5