Artikel : Pengertian, Menurut Ahli, Ciri, Jenis dan Cara Menulisnya yang Benar

Posted on
Artikel : Pengertian, Menurut Ahli, Ciri, Jenis dan Cara Menulisnya yang Benar
5 (100%) 1 vote

Pengertian artikel dalam basa sunda memang tak begitu sama. Artikel merupakan sebuah karangan yang berbentuk faktual di tulis dengan lengkap yang bertujuan menyampaikan gagasan ataupun fakta yang meyakinkan, mendidik dan menghibur.

Pengertian Artikel, Ciri, Jenis dan Cara Menulis Artikel

Artikel bisa anda temukan di media cetak baik kora, majalah, maupun lainnya. Pengertian artikel dalam basa sunda akan dijelaskan secara detail dibawah ini.

Pengertian Artikel Menurut Ahli

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
    Pengertian artikel menurut kamus besar bahasa Indonesia ialah sebuah karya tulis secara lengkap, misalnya esai pada majalah ataupun laporan berita, dan surat kabar serta lainnya.
  • Sumandiria
    Pengertian artikel menurut Sumandiria adalah sebuah tulisan lepas berisi tentang opini ataupun pendapat seseorang yang mengulas tuntas terkait suatu masalah yang bersifat aktual dan umumnya kontroversial yang tujuannya memberitahu, mempengaruhi, menghibur dan juga meyakinkan para pembacanya.
  • Al-‘Aqli
    Pengertian artikel ialah sebuah tulisan ditulis dari masing-masing disiplin ilmu serta setiap pembahasannya dikaji maupun di selesaikan secara tuntas, jelas dan lugas sehingga pembacanya bisa mengambil inti sari karangan yang ditulis tersebut.
  • Ensiklopedia Pers Indonesia
    Pengertian artikel ialah karangan prosa pada media massa yang didalamnya membahas tentang pokok masalah dengan lugas.
  • The America Heritage Desk Dictionary
    Pengertian artikel ialah bagian tulisan nonfiksi berbentuk bebas, yang termasuk bagian dari penerbitan misalnya laporan esai.
  • Longman Pitman Office Dictionary
    Pengertian artikel ialah suatu tulisan prosa nonfiksi, dengan bentuk biasa, yang merupakan bagian bebas dari majalah, koran, atau media cetak lainnya.
  • Essential English Dictionary
    Pengertian artikel ialah tulisan lengkap pada surat kabar, dan majalah, maupun lainnya.
  • Webster’s Collegiate Thesaurus
    Pengertian artikel ialah karangan, catatan, menifes, kritik, reportase, putusan, survey, dan pelajaran.
  • Webster’s New World Dictionary
    Pengertian artikel ialah tulisan nonfiksi, umumnya singkat dan lengkap contohnya berita karangan khas pada surat kabar ataupun majalah.
  • Penguin English Student Dictionary
    Pengertian artikel ialah suatu tulisan yang ditulis dengan tujuan dipublikasikan didalam surat kabar ataupun majalah.
  • Rillan E. Wolseley
    Pengertian artikel ialah karangan tertulis dengan panjang tak tentu yang tujuannya untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan meyakinaan, mendidik, ataupun menghibur.
  • Andi Baso Mappatoto
    Pengertian artikel ialah karya tulis lengkap, kemudian tulisan nonfiksi, maupun karangan tertulis yang memiliki panjang tak tentu.
Baca Juga :   Pengertian Latar Belakang dan Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Ciri-Ciri Artikel

Didalam artikel mengandung cirri cirri yang harus ada didalamnya. Berikut ini cirri cirri artikel yang harus anda ketahui sebelum anda membuat suatu artikel:

  • Didalanya berisi tentang tulisan yang singkat, jelas, padat, dan tuntas.
  • Mempunyai isi yang bersumber dari fakta dan tidak sekedar realita saja.
  • Bersifat factual disertai adanya ungkapan berbagai data tertentu yang diketahui oleh pengarangnya
  • Hasil dari tulisan tersebut juga harus original
  • Isi ataupun uraian karangan artikel juga harus sesuai terhadap fakta yang didapat dari narasumber ataupun objek, tidak hanya semata dari hasil pemikiran penulis saja.
  • Isi dari artikel dapat berupa pemaparan tentang biografi tokoh, peristiwa, kisah perjalanan, argumentasi atau lainnya.
  • Gagasan pada artikel juga harus menyangkut tentang kebutuhan pembaca dan juga khalayak umum

Jenis- Jenis artikel

Ada beberapa jenis artikel yang bisa anda ketahui. Diantaranya:

  1. Argumentasi
    Pada jenis artikel argumentasi ini memiliki tujuan untuk membuktikan suatu kebenaran dari pendapat atau opini menggunakan fakta untuk bukti dan alasannya. Penulisan artikel ini pengarang juga mengharapkan adanya suatu kebenaran yang dapat di bagi menjadi unsur data, opini dan fakta.
  2. Deskripsi
    Pada artikel jenis deskripsi ini isinya terkait suatu gambaran sebuah hal seolah olah pembacanya merasakan, melihat dan mendengar keadaan fakta dan fiksi tersebut.
  3. Eksposisi
    Pada artikel jenis eksposisi ini isinya terkait penjelasan dengan tujuan memberi pengetahuan tambahan untuk pembacanya secara lengkap menggunakan gambar, dan juga grafik maupun lainnya.
  4. Persuasi
    Jenis artikel persuasi ini tujuannya mempengaruhi pembaca agar berbuat sesuatu atau (mengajak).
  5. Narasi
    Jenis artikel narasi isinya suatu peristiwa atau kejadian dengan setiap urutan waktu, serta dimana kejadian tersebut ada seorang tokoh sedang menghadapi sebuah konflik.

Itulah pembahasan tentang pengertian artikel dalam basa sunda yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.