Pengertian Air Permukaan dan Macam-macamnya

Pengertian Air Permukaan dan Macam-macamnya
Rate this post

Pengertian Air Permukaan dan Macam-macamnya

saranailmu.com – dalam pembahasan ini akan mengulas mengenai pengertian air permukaan, macam-macam air permukaan dan contoh-contoh air permukaan dengan berupa penjelasan yang singkat padat namun detail, silahkan anda simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian air permukaan

Kita tentunya sudah tahu dengan yang namanya air, karena air merupakan salah satu kebutuhan paling penting bagi tubuh salah satunya adalah Air tawar yang mana di di darat terbagi menjadi 2 yakni air permukaan dan air dibawah permukaan. daerah aliran dan peredarannya di permukaan daratan disebut dengan Air permukaan.

sedangkan pengertian dari air bawah permukaan adalah air yang beredar di dalam tanah, yang mana hal tersebut disebabkan terserap oleh pori-pori tanah dan akar tumbuhan. Seperti air permukaan, air bawah permukaan ini pun mempunyai daerah aliran akan tetapi letaknya dibawah tanah.

Macam-macam air permukaan

yang perlu diktehaui bahwasanya di bagian tertentu , permukaan tanah bisa menampung air yang juga pada setiap bentuk tampungannya pun berbeda-beda akan tetapi di lihat secara umum terdapat 3 bentuk penampung air tawar di permukaan bumi di antaranya adalah sungai, danau, dan rawa.

1. Sungai

Mungkin dari kita tentu pernah melihat bahkan pernah mandi di sungai. jika di artikan secara umum bahwasanya sungai adalah suatu air yang bergerak di saluran-saluran yang terbentuk karena adanya proses secara alami dari tempat tinggi ke tempat yang terendah hingga akhirnya sampai ke lautan.

Sedangkan mata air yang memancarkan air dengan waktu semakin lama menjadi menyatu sehingga membentuk sungai di sebut dengan Hulu sungai. ciri dari daerah hulu sungai sendiri umumnya tidak terlalu dalam dan arus di daerah ini deras arusnya.

2. Danau

Danau memiliki pengertian yakni suatu genangan air yang tertampung pada tempat yang berbentuk cekungan bumi dengan volume yang besar. Air danau bisa saja bersumber dari aliran sungai, hujan atau mata air yang memancar dari dalam tanah. Sebenarnya danau juga dapat di buat oleh manusia yakni dengan cara membendung aliran air atau sungai, yang mana pada umumnya danau buatan/bendungan ini di namakan waduk.

3. Rawa

Rawa merupakan suatu daerah atau kawasan yang tergenang air dengan kedalaman lebih dangkal jika dibanddingkan dengan danau. Umumnya rawa di tumbuhi dengan berbagai tanaman dan di sekitar rawa banyak di tumbuhi hutan bakau (mangrove).

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian air permukaan, macam-macam air permukaan dan contoh-contoh air permukaan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca dan penulis. Terima Kasih

Baca Juga :

Pengertian Air Permukaan dan Macam-macamnya | saranailmu | 4.5
Shares