Merchandise : Pengertian, Fungsi, Macam, dan Contohnya Terlengkap

Posted on

Pengertian Merchandise, Fungsi, Macam, dan Contohnya

Merchandise adalah – pernak pernik yang seringkali ditemui dan digunakan oleh orang banyak dalam berbagai kesempatan. Di dalam teori pemasaran terpopuler, promosi memegang peranan penting dalam usaha memperkenalkan merk serta membangun brand image pada khalayak. Tujuannya ialah sebagai bentuk komunikasi serta bagian dari strategi pemasaran, sehingga promosi ini penerapannya bisa memanfaatkan dengan media.

Mengingat akan pentingnya peran promosi di dalam pemasaran, hal ini membuat para pebisnis atau pengusaha harus memperhatikan aspek promosi guna menginformasikan berbagai produk dan jasa yang akan ditawarkannya. Tidak hanya itu, promosi juga berfungsi sebagai pengingat supaya khalayak tetap menempatkan merk menjadi pilihan utama. Nah, supaya orang dapat tetap mengingat merk/ perusahaan maka dibutuhkan suatu media yang dapat menampilkan logo perusahaan, yakni merchandise promosi.

Misalnya seperti, kaos oblong dengan bordir atau sablon berupa tulisan dan gambar berlogo perusahaan, jam dinding promosi, payung promosi, bolpoin promosi, flasdisk promosi, dan sejenisnya. Melalui merchandise yang unik dan keren kalian dapat menampilkan logo merk/ perusahaan yang disertai dengan gambar dan teks pendukung supaya lebih menarik perhatian.

Merchandise promosi tidak hanya menampilkan sebuah logo perusahaan semata, namun merchandise adalah media pengingat para audiens yang mempunyai manfaat serta bisa dipakai di dalam kegiatan sehari hari.

Fungsi Merchandise

Adapun fungsi dari merchandise di dalam sebuah perusahaan/ pebisnis antara lain :

  1. Menjadi branding produk/ perusahaan
  2. Menjadi tanda terima kasih dari kehadiran dalam momen/ event tertentu
  3. Menjadi penarik/ magnet supaya orang mau untuk berkumpul serta mampir ke stand atau boot yang sedang dibuka
  4. Menjadi media pembeda dari perusahaan lain
  5. Menjadi senjata pemasaran atas satu client menuju ke client baru

Macam Macam Merchandise

Beberapa macam merchandise, antara lain :

1. Merchandise – Kaos Promosi

Kaos adalah jenis pakaian terpopuler di kalangan masyarakat serta disukai oleh berbagai jenis usia dari anak-anak, remaja sampai dewasa. Selain menjadi alat penutup tubuh, kaos sebagai fashion yang mencerminkan gaya hidup seseorang (lifestyle).
Kaos bisa dimanfaatkan untuk kegiatan promosi perusahaan, caranya dengan menampilkan logo perusahaan ditambah dengan gambar/ teks pendukung yang menarik untuk menjadi souvenir yang kadang dibagi-bagikan dengan gratis maupun secara Cuma-Cuma di event tertentu.

Jenis kaos promosi beragam, untuk yang terpopuler dan sering digunakan yakni kaos oblong (t-shirt) promosi serta kaos polo. Melalui kaos oblong inilah perusahaan bisa menampilkan logonya menggunakan teknik sablon atau bordir menggunakan bahan yang nyaman dan enak digunakan.

2. Merchandise – Tas Promosi

Media lainnya yang bisa dipakai untuk aktivitas branding perusahaan yakni tas promosi. Tas adalah media yang paling banyak manfaatnya. Selain menjadi alat untuk menyimpan benda/ barang, juga menjadi media promosi yang efektif. Pada suatu event perusahaan, tas promosi ini sering digunakan untuk berbagai jenis dan bervariasi bahannya.

Baca Juga :   Pengertian Kesempatan Kerja dan Contohnya Lengkap

Bahan-bahan dari tas promosi ini yang banyak menggunakan harga terjangkau seperti tas goodie bag berbahan spunbound, kain blacu, flexi, furing dan kain kanvas. Goodie bag ialah bagian dari jenis tas promosi yang terpopuler sebab sangat praktis dan kuat membawa barang banyak. Jenis promosi lainnya ialah paper bag berbahan utama kertas kraft atau art carton dan Samson.

6. Merchandise – Jam Promosi

Fungsi utama jam ialah menjadi penunjuk waktu yang menempel di dinding, diguanakan di tangan dan diletakkan di meja. Sebab mempunyai fungsi yang paling vital, maka jam dapat digunakan sebagai media promosi efektif. Secara umum, jam promosi yang biasa digunakan adalah jam meja dan jam dinding dengan menampilkan logo perusaan pada bagian dalamnya.

Jam promosi memiliki berbagai varian bentuk terunik dan menarik untuk hiasan maupun dekorasi ruangan. Model-model jam promosi dapat kalian pilih dan pastinya menyesuaikan dari seleran serta budget pemasarannya.

7. Merchandise – Flashdisk/ USB Promosi

Di dalam dunia perkantoran, bisnis ataupun pendidikan, banyak sekali manfaatnya alat penyimpanan data berbentuk kecil ini. flashdisk/ USB sering digunakan dalam berbagai kesempatan khususnya yang berhubungan dengan kegiatan penyimpanan/ transfer data. Dengan bentuk yang cenderung kecil ini membuat flasdisk mudah disimpan serta dibawa kemana saja.

Mereka yang menggunakan flasdisk ialah audiens yang sering memakai laptop/ computer dalam melaksanakan kegiatan seharinya. Seperti diperkantoran, flasdisk adalah media yang tidak dapat terlupakan. Oleh karenanya, flasdisk merupakan media promosi efektif untuk para audiens yang dilatarbelakangi profesi menjadi pekerja kantoran, pekerja professional, serta anak sekolah maupun mahasiswa.

8. Merchandise – Kipas Promosi

Kalian mencari merchandise promosi terunik dan mempunyai banyak manfaat? Nah ini dia kipas promosi yang menjadi media alternative untuk aktivitas promosi perusahaan. Jenis kipas tersebut adalah kipas tangan ringan dan dapat dibawa kemana saja. Tidak hanya menjadi alat yang dapat menghasilkan angin, namun kipas promosi adalah media yang dapat dipakai di event-event perusahaan.

Kipas promosi menggunakan bahan berkualitas yang mempunyai beragam bentuk dan model unik, seperti plastic hand fan dengan bahan dasar plastic sangat ringan. Jenis kipas promosi lainnya yaitu folded hand fan yang berbahan kertas dapat dilipat.

9. Merchandise – Gantungan Kunci Promosi

Media promosi berbentuk gantungan kunci yang fungsinya menjadi dekorasi/ hiasan. Desain gantungan kunci dapat bervariasi yang berbahan besi, karet dan akrilik. Secara umum, gantungan kucni promosi bisa dipesan dengan jumlah ratusan guna menghemat biaya produksi.

Itulah beberapa macam merchandise yang bisa kalian jadikan referensi. Jadi, merchandise adalah pernak pernik yang sering kita temui dan digunakan oleh orang banyak di berbagai kesempatan. Beberapa macam merchandise diatas bisa dikombinasikan antara satu dan yang lain guna memaksimalkan pemasaran. Semoga bermanfaat!

Baca juga: