Pesawat Terbang : Sejarah, Kategori dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Posted on
Pesawat Terbang : Sejarah, Kategori dan Jenis-Jenisnya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Kategori Pesawat Terbang Berbadan Besar Di Dunia

Pesawat terbang – Di zaman yang serba modern ini, ada banyak pesawat yang memiliki badan besar. Namun tidak semua pesawat – pesawat berbadan besar tersebut dapat dikategorikan dalam pesawat penumpang terbesar.
Salah satu hal yang menarik dari pesawat besar ialah pada kemampuan mesinnya. Selama ini, General Electric dikenal menjadi produsen penyedia mesin pesawat di dunia. Dan kebanyakan pesawat terbang yang telah beroperasi di Indonesia menggunakan sebuah mesin dari GE.

A. Sejarah Pesawat Terbang

Pesawat terbang/ pesawat udara ialah mesin atau kendaraan sejenisnya yang dapat terbang di atmosfer ataupun udara. Pertama kali, pesawat terbang yang kapasitasnya lebih berat dari udara diterbangkan oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) menggunakan pesawat rancangannya sendiri yang diberi nama Flyer dan diluncurkan sejak tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, telah tercatat beberapa penemu pesawat pesawat terbang lain yaitu Samuel F Cody yang sedang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris pada tahun 1910.

Sementara untuk pesawat dengan kapasitas lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya yaitu dengan menggunakan balon udara panas yang telah ditemukan oleh seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan juga Etiene Montgolfier yang terjadi pada tahun 1782. Kemudian disempurnakan oleh seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan menggunakan modifikasi balon berbentuk cerutu yang dipakai untuk membawa penumpang serta barang pada tahun 1900.

Pada tahun tahun selanjutnya balon Zeppelin telah mengusai pengangkutan udara hingga musibah kapal Zeppelin pada sebuah perjalanan trans-Atlantik New Jersey 1936 dan menandai berakhirnya era Zeppelin walaupun masih tetap dipakai menjelang Perang Dunia II. Sesudah zaman Wright, banyak pesawat terbang mengalami modifikasi baik yang di rancang bangun, bentuk serta mesin pada pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi di udara.

B. Jenis Pesawat Terbang

1. Berdasarkan desain

  • Balon udara
  • Kapal udara
  • Pesawat bersayap tetap

1) Pesawat bersayap satu

  • Pesawat bersayap delta
  • Pesawat bersayap lipat
  • Sayap terbang

2) Pesawat bersayap dua

3) Pesawat bersayap tiga

d. Pesawat sayap berputar

  • Helikopter
  • Autogiro

2. Berdasarkan Propulsi

  • Pesawat terbang layang (Glider)
  • Pesawat bermesin piston
  • Pesawat bermesin turbo propeler
  • Pesawat bermesin turbojet
  • Pesawat bermesin turbofan
  • Pesawat bermesin ramjet

3. Berdasarkan penggunaan

  • Pesawat eksperimental
  • Pesawat penumpang sipil
  • Pesawat angkut
  • Pesawat militer

C. Kategori Pesawat Besar

Supaya kamu tercerahkan, ini adalah kategori pesawat besar dengan pesawat penumpang komersial yang mempunyai hingga ratusan jumlah penumpang dalam sekali penerbangan.

1. Airbus A380-800

Airbus A380 diproduksi oleh Airbus S.A.S. merupakan sebuah pesawat berbadan lebar dua tingkat, dengan empat buah mesin yang dapat menampung 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas dam 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melakukan penerbangan perdana di tahun 27 April 2005 dan sudah memulai penerbangan komersialnya pada akhir tahun 2007 sesudah ditunda beberapa kali. Pesawat ini pula merupakan pesawat komersial (dalam jumlah pesawat penumpang) terbesar yang pernah ditemukan hingga dijuluki “Superjumbo”.

Baca Juga :   Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Karakteristik, Fungsi dan Contohnya lengkap

2. Boeing 747

Mengekor pendahulunya yaitu Boeing 747, dikenal sebagai Jumbo Jet ialah pesawat penumpang berbadan lebar yang terbesar kedua saat ini, sesudah pesawat A380 yang beroperasi pada akhir Oktober 2007. Pesawat dengan empat buah mesin ini, diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, dengan konfigurasi dua dek yang mana dek atas dipakai untuk kelas bisnis. Konfigurasi 3-kelas yaitu (kelas pertama, kelas bisnis dan juga kelas ekonomi) dapat menampung 400 penumpang serta konfigurasi 1-kelas (hanya kelas ekonomi saja) dapat menampung 600 penumpang.

3. Boeing 747-400

Boeing 747-400 ialah pengembangan dari pesawat pendahulunya, yaitu Boeing 747. Pesawat yang satu ini juga mempunyai body yang besar seperti pada pendahulunya.

4. Boeing 777

Boeing 777 ialah keluarga dari pesawat berbadan lebar yang telah diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes. Boeing 777 ini pun menjadi salah satu pesawat terbesar dengan bermesin jet dan mempunyai kapasitas untuk 314 sampai 451 penumpang terbang sepanjang 9.695 sampai 17.594 km. Perusahaan penerbangan berasal Indonesia, Garuda Indonesia rupanya adalah kepunyaan dari pesawat ini, lho. Dan menariknya, saat ini Boeing 777 milik Garuda Indonesia yang dapat menjangkau jarak jauh, dengan mesin yang diproduksi oleh General Electric yakni GE90.

5. Airbus A340

Airbus A340 ialah pesawat yang penumpang komersial dengan ukuran besar yang diproduksi oleh Airbus. Pesawat ini mempunyai desain yang mirip dengan tipe pesawat Airbus A330 namun A340 menggunakan empat buah mesin tidak hanya dua seperti A330. Ditujukan sebagai pengganti pesawat generasi sebelumnya misalnya Boeing 747 tetapi varian terakhir ini sekarang lebih bersaing dengan Boeing 777. Lebih dari 370 A340 beroprasi di seluruh dunia sejak September 2010. Produksi A340 resmi ditutup di paruh ketiga tahun 2011.

6. Boeing 777-200

Boeing 777-200 ialah pesawat jet bermesin ganda yang telah diproduksi oleh Boeing, perusahaan kedirgantaraan Negara Amerika. Pesawat ini sering pula disebut sebagai “Triple Seven”. Pesawat ini merupakan sebuah pesawat komersial pertama di dunia yang sepenuhnya telah dirancang oleh komputer.

7. Airbus A350 XWB

Airbus A350 XWB (eXtra Wide Body) ialah keluarga pesawat jet yang berbadan lebar dan sedang dikembangkan oleh produsen dari pesawat Eropa Airbus. A350 akan menjadi sebuah pesawat Airbus pertama dengan struktur kedua sayapnya pesawat dibuat dari polimer dan diperkuat serat karbon. Pesawat ini akan membawa dengan 270-350 penumpang di tempat duduk kelas ketiga, tergantung dari varian.

8. Airbus A330-300

Airbus A330 merupakan pesawat terbang jet sipil komersial yang bermesin ganda (twinjet) dengan jarak menengah sampai jauh berkapasitas besar, berbadan lebar. Pesawat ini dibuat dalam waktu yang sama dengan Airbus A340 yang bermesin empat. Diperkirakan bahwa pesawat ini akan digantikan oleh Airbus A350. Pesawat ini telah dikembangkan dari Airbus A300, pesawat dengan badan lebar perdana Airbus yang paling sukses di pasaran.

Itu beberapa kategori pesawat terbang berbadan besar di dunia. Bagaimana? Apa kamu penggemar naik pesawat terbang? Bila kamu penggemar naik pesawat terbang kamu harus bangga bahwa di Negara kita termasuk yang disebutkan dalam kategori pesawat berbadan besar, yaitu boeing 777 yang perusahaannya berasal dari Indonesia yaitu Garuda Indonesia.

Baca juga: