Ciri-Ciri Masalah : Pengertian dan Jenisnya Lengkap

Posted on
Ciri-Ciri Masalah : Pengertian dan Jenisnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Ciri-Ciri Masalah : Pengertian dan Jenisnya

Ciri-Ciri Masalah – Mari kita membahas tentang cara perumusan dan solusi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Yang dimulai dengan pengertian, ciri dan juga jenis-jenis masalah yang ada. Berikut penuturan lengkapnya.

Ciri-Ciri Masalah

Definisi/Pengertian Dari Masalah

Berikut ini beberapa pengertian terkait masalah, yang nantinya disimpulkan secara umum. Diantaranya yaitu :

  1. Pengertian masalah yang pertama adalah suatu hambatan atau kendala dalam mencapai suatu tujuan, yang sudah direncanakan.
  2. Maksud dari masalah adalah keadaan yang akan membuat kita tidak yakin atau tidak percaya diri, ragu, bingung dan juga cemas.
  3. Definisi dari masalah adalah suatu kesenjangan atau perbedaan diantara sesuatu yang diinginkan dengan kenyataan yang terjadi.
  4. Pengertian masalah berikutnya adalah perbuatan atau tindakan yang menyimpang dari norma atau aturan yang berlaku di suatu daerah.
  5. Maksud dari masalah adalah kesusahan atau kesulitan yang menggerakkan seseorang dalam mengatasi atau memecahkan kesulitan itu sendiri. Masalah ini harus dirasakan sebagai tantangan atau rintangan yang harus diatasi atau dilalui. Masalah harus menjadi penting, dan ada gunanya untuk dipecahkan.

Ciri-Ciri Masalah

Berikut ini ciri-ciri masalah pada umumnya. Beserta karakteristik masalah secara umum :

  1. Merupakan suatu kesulitan yang memang harus diatasi.
  2. Bisa dijadikan sebagai tantangan dan atau rintangan yang harus dilalui.
  3. Memiliki sifat yang penting dan realistis.
  4. Bisa menggerakkan seseorang dalam mengatasi atau memecahkannya.
  5. Menjadi berguna jika dipecahkan.

Ciri Masalah Menurut Teori Dewey

Ciri masalah menurut teori Dewey ada lima, diantaranya yaitu :

  1. Dapat membuat seseorang merasa bimbang, sedih, bingung dan takut.
  2. Dapat membuat seseorang berusaha merumuskan masalah, karena ingin dipecahkan. Tujuannya adalah untuk mengatasi kebimbangan, kebingungan dan kesulitan lainnya.
  3. Dapat membuat seseorang berusaha untuk menguji hipotesis dengan mengumpulkan beberapa data yang sebenarnya adalah suatu langkah, dalam menemukan solusi pada masalah yang sedang dialami.
  4. Membuat seseorang dapat mengembangkan ide dalam mendapatkan pemecahan yang terbaik, dengan melalui penalaran.
  5. Membuat seseorang dapat mengambil kesimpulan, yang didukung oleh fakta dan bukti yang sudah dikumpulkan.
Baca Juga :   5 Fungsi Menyanyi dan Pengertian Serta Metodenya Lengkap

Jenis Masalah Dan Contohnya

Ada beberapa jenis dari masalah. Di dalam artikel ini terdapat 4 jenis masalah yang umum terjadi, misalnya masalah pribadi, keluarga, organisasi, dan masyarakat. Berikut penjelasan lengkapnya :

Masalah Pribadi/Individu

Pengertian masalah pribadi adalah suatu masalah yang dialami oleh individu atau pribadi yang bersangkutan. Misalnya seorang pelajar yang mengalami kesulitan dalam belajar atau mengerjakan soal matematika.

Masalah Keluarga

Masalah keluarga adalah masalah yang terjadi di dalam lingkungan keluarga, atau di rumah. Misalnya seorang adik yang marah pada kakaknya, atau sebaliknya. Yang disebabkan oleh suatu hal.

Masalah Organisasi

Masalah organisasi merupakan jenis masalah yang terjadi di dalam suatu organisasi tertentu. Organisasi juga bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu organisasi profit yang memang bergerak untuk mencari keuntungan. Dan organisasi non profit yang tidak mencari keuntungan apapun. Contoh masalah dalam organisasi profit misalnya turunnya omset penjualan, langkanya bahan baku, dan mengalami kerugian. Sedangkan untuk contoh masalah dalam organisasi non profit adalah terjadinya perselisihan diantara anggota organisasi, atau fasilitas yang kurang memadai.

Masalah Masyarakat

Masalah masyarakat adalah masalah yang terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat, yang dikarenakan oleh ulah atau perilaku dari masyarakat itu sendiri. Misalnya banyaknya jumlah pengangguran, atau tawuran yang terjadi diantara warga.

Demikian pembahasan lengkap mengenai ciri-ciri masalah, yang biasa terjadi di sekitar lingkungan hidup manusia sehari-hari. Semoga dapat dipahami dan memberi manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :