Aplikasi : Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis, dan Fungsinya Terlengkap

Posted on

Pengertian Aplikasi, Sejarah, Ciri, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian aplikasi – teknologi sekarang sudah semakin canggih sebab membantu kita dalam memudahkan segala aktivitas. Beberapa teknologi yang sering dipakai adalah computer dan smartphone. Kedua teknologi ini yang paling berpengaruh bagi pekerjaan sehari-hari. Apalagi di dalam computer dan smartphone tersemat sebuah layanan ‘aplikasi’. Aplikasi tersebut memberikan banyak sekali keuntungannya bagi pengguna.

Pengertian Aplikasi

Berbicara tentang aplikasi, nah artikel ini akan mengulas hal – hal yang dapat kita pahami bersama tentang ‘aplikasi’ ini. Maka simaklah ulasan berikut ini.

Pengertian aplikasi ialah sebuah progam siap pakai yang bisa dipakai guna menjalankan sejumlah perintah dri pengguna aplikasi tadi, dengan tujuan memperoleh hasil yang lebih akurat dan sesuai dengan tujuan pembuatan dari aplikasi tersebut.

Aplikasi juga memiliki arti sebagai pemecah masalah yang memakai salah satu teknik pemrosesan sebuah data aplikasi yang terkadang mengacu pada sebuah komputerisasi atau smartphone yang diinginkan/ diharapkan dan juga pemrosesan data yang diharapkan.

Aplikasi berasal dari kata bahasa inggris “Application” yang merupakan bentuk dari kata kerjanya to apply (dalam bahasa Indonesia artinya pengolah).

Secara istilahnya aplikasi computer ialah sebuah subkelas perangkat lunak computer yang memakai kemampuan computer dengan langsung melaksanakan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

Disisi lain ada pengertian aplikasi ialah suatu printah yang mengeksekusi dalam memberikan sebuah petunjuk kerja serta fungsi yang diinginkan.

Pengertian aplikasi secara umum ialah alat terapan yang berfungsi secara khusus serta terpadu sesuai kemampuan yang dipunya aplikasi adalah suatu perangkat computer yang sudah siap dipakai bagi user. Dapat juga disebut bahwa aplikasi ini sebuah penerapan, pemakaian ataupun penambahan.

Kesimpulan dari pengertian diatas adalah bahwa aplikasi ini merupakan software yang fungsinya untuk melaksanakan beragam bentuk pekerjaan maupun tugas tugas tertentu misalnya seperti penerapan, pemakaian dan juga penambahan data.

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Sebelum aplikasi jauh berkembang pesat seperti ini, ada salah satu andalan seluruh software yakni bernama Aljabar Boolean.

Boolean memakai kode binary digit (bit) yang terdiri atas 2 angka yakni “on artinya benar serta off artinya salah”. Pemakaian kode binary ini menjadikan masyarakat waktu itu membuat sejumlah kelompok bit yang terdiri atas 4 bit (nible), 8 bit (byte) lalu 2 byte (word) serta 32 bit (doble word).

Sejumlah kelompok tadi yang membantu software computer pada beragam kegiatan misalnya seperti sejumlah kode sebagai struktur instruksi. Yakni meliputi operasi logika, penyimpanan, lalu transfer dan hingga membnetuk kode baru yang disebut dengan “Assembler”. Nah, kode inilah sebagai cikal bakal guna membuat beragam macam aplikasi yang bisa mempermudah aktivitas manusia.

Baca Juga :   Struktur dan Fungsi Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)

Didalam sejarah perkembangan aplikasi, ada evolusi perangkat lunak, yaitu :

  • Pertama, Era Pioner. Era ini perangkat lunak adalah satu kesatuan perangkat menggunakan perangkat kerasnya.
  • Kemudian Era Stabil. Pada era stabil ini aplikasi computer telah mengalami kemajuan yang lumayan pesat.
  • Perkembangan aplikasi yang pesat pula ialah Era Mikro. Pada era ini, perangkat lunak dibagi menjadi aplikasi sitem yakni (Windows, Linux, Machintosh, dll), lalu Software aplikasi (diantaranya Ms.Office, OpenOffice dll) serta bahasa pemrograman (language) atau (language software) yakni Assembler, Delphi, Visualbasic dll.
  • Dan yang terakhir adalah Era Modern, disini tidak hanya sebuah supercomputer menggunakan 25 processor, perangkat lunak pun bisa dijumpai diberagam tempat. Kini PC bisa disinkronkan menggunakan computer genggam. Sejumlah aplikasi menggunakan perangkat lainnya seperti Symbian, Android serta perangkat lainnya.

Aplikasi computer sekarang ini memang mengalami sejumlah era yang membuatnya semakin baik dari era menuju era. Dan pastinya perkembangan ini akan terus terjadi dengan seiring perkembangan peradabannya manusia yang sangat notabene terus melakukan sebuah inovasi.

Dalam perkembangannya, aplikasi dibagi menjadi 3, yakni :

  • Aplikasi desktop, adalah aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada perangkat computer atau PC
  • Aplikasi Web, adalah aplikasi yang dapat dijalankan apabila terdapat koneksi internet.
  • Aplikasi mobile, adalah aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat mobile.

Suatu aplikasi bisa berjalan di beragam perangkat yang dioperasikan oleh OS (Operating System) yang ada di dalam perangkat tersebut.

Ciri – Ciri Kualitas Aplikasi

Sejumlah ciri – ciri yang menandakan kualitas pada sebuah aplikasi yakni :

1. Aplikasi bisa memenuhi kebutuhan user.
2. Merespon sebuah intruksi seacara cepat.
3. Bisa berjalan di beragam platform.
4. Bisa membutuhkan resource (prosesor dan media penyimpanan) yang rendah.

Jenis – Jenis Aplikasi

Berikut ini adalah sejumlah jenis – jenis aplikasi yang ada, diantaranya :

1. Aplikasi desktop
2. Aplikasi grafis

Software aplikasi grafis dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :

a. Aplikasi grafis berbasis vector
b. Aplikasi grafis dengan berbasis pixel/BITMAP
c. Aplikasi grafis dengan berbasis tata letak
d. Aplikasi web browser
3. Animasi
4. Aplikasi multimedia
5. Aplikasi communication
6. Aplikasi DBSM

Fungsi Aplikasi

Dengan adanya aplikasi maka akan sangat membantu kita untuk mengolah sebuah perangkat computer ataupun smartphone yang kita pakai. Adapun fungsi aplikasi adalah :

  • Untuk pendidikan, sebagai bahan pembelajaran.
  • Untuk industry dan manufaktur, sebagai pengontrol dan pengkoordinasi tentang mesin.
  • Bisnis dan perbankan, akan menghasilkan pundi-pundi keuntungan dan memudahkan dalam perhitungan prosentase bunga, dll.
  • Militer, mempertahankan Negara dalam mengontrol pesawat, menghitung ketinggiaanya dll.
  • Kedoteran, dapat mendiagnosa sebuah penyakit lalu memilihkan obat, dll.

Sekian ulasan mengenai pengertian aplikasi, dimana dengan aplikasi ini menjadi penunjang sebuah kinerja teknologi yang berkembang sekarang ini. Maka mulailah menggunakan sebuah aplikasi computer maupun smartphone yang kalian miliki tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian.

Baca Juga :