29 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Lengkap

3 min read

29 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli – Bagi sebagian orang, administrasi yang sering didengar merupakan suatu hal yang berkaitan dengan hitung menghitung dan juga angka. Padahal administrasi adalah keseluruhan dari rangkaian kegiatan yang mempunyai aturan serta terdiri atas beberapa orang yang terlibat di dalamnya.

Sebagian besar literatur menyebut administrasi sebagai administrasi perkantoran dan juga manajemen perkantoran. Administrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu administrare yang artinya pengabdian atau pelayanan.

Ada dua pengertian administrasi yaitu dalam pengertian yang sempit, administrasi adalah kegiatan penyusunan serta pencatatan data dan juga informasi secara sistematis yang tujuannya adalah untuk menyediakan serta memudahkan untuk mendapatkannya lagi baik sebagian atau keseluruhan.

Dalam arti luas administrasi adalah kegiatan yang berhubungan dengan kerja sama yang dilakukan oleh kelompok berdasarkan pembagian tugas/kerja, dengan mendayagunakan seluruh sumber daya untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Soewarno Handayaningrat

Administrasi adalah kegiatan ketatausahaan yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti pembukuan baik penghitungan, pencatatan atau yang lainnya, yang tujuannya yaitu untuk menyediakan informasi yang diperlukan. Dalam arti sempit administrasi adalah kegiatan catat mencatat atau pembukuan, surat menyurat atau lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan.

W.H. Evans

Administrasi adalah segala fungsi yang berkaitan dengan manajemen serta pengarahan dan segala tahap operasi perusahaan, yang berhubungan dengan pengolahan keterangan, komunikasi dan juga ingatan organisasi.

Ulbert

Administrasi adalah istilah lain dari tata usaha yang dimana sebagian penyusunan serta pencatatan data dan informasi secara sistematis, baik secara internal/eksternal. Tujuannya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan dalam mendapatkan data baik sebagian/menyeluruh.

George Terry

Administrasi adalah proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan penggerakkan kepada orang-orang yang melaksanakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

William Leffingwell dan Edwin Robinson

Administrasi adalah cabang ilmu manajemen tentang pelaksanaan pekerjaan kantoran dengan efisien, yang dimana dan kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.

Arthur Grager

Administrasi adalah  fungsi dari tata penyelenggaraan pada komunikasi dan pelayanan dalam sebuah organisasi.

Sondang Siagian

Administrasi ialah keseluruhan rangkaian dari proses kerjasama antara beberapa orang yang didasarkan pada asas rasionalitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

The Liang Gie

Administrasi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan sebuah kelompok yang berkaitan dengan hubungan kerja sama dalam mencapai suatu tujuan.

Ordway Tead (1953)

Administrasi adalah usaha yang luas yang mencakup seluruh bidang untuk memimpin, mengusahakan, mengatur kegiatan kerjasama manusia yang dtujukan pada tujuan dan maksud tertentu.

Drs. The Liang Gie dan Drs. Sutarto (1977)

Administrasi adalah serangkaian kegiatan penataan pada pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dan kerja sama dalam mencapai tujuannya.

Dr. Sondang P. Siagian MPA (1977)

Administrasi adalah proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang berdasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Liang Gie

Baca Juga :   Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia (Masyarakat, Kebudayaan dan Pemerintahan)

Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orangd alam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

Sorwarno handayaningrat

Administrasi secara sempit berasal dari kata Administatie dalam bahasa Belanda yang meluputi kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan lain sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Prof. Dr. S Prajudi Atmosujio, S.H

Administrasi ialah proses dan tata kerja yang terdapat pada setiap usaha, apakah itu usaha kenegaraan atau swasta, sipil atau militer, usaha besar dan kecil.

Dwight Waldo (1971)

Administrasi ialah suatu bentuk daya upaya manusia yang kooperatif yang memiliki tingkat rationaliteit yang tinggi.

Syamsi

Administrasi adalah seluruh kegiatan dalam setiap usaha kerja sama, yang dilakukan oleh suatu kelompok atau lebih dengan bersama-sama dan secara simultan, demi mencapai suatu tujuan.

Soepardi

Administrasi adalah seluruh proses kegiatan kerja sama yang dilakukan sekelompok orang atau lebih, dengan bersama-sama dan simultan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Munarwadi Reksohadiprojo

Administrasi artinya adalah tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang rapi serta sistematis, dan penentuan fakta tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan menyeluruh serta hubungan timbal balik antara fakta yang satu dengan yang lain.

Wijana

Administrasi adalah rangkaian semua organ negara, baik itu negara rendah atau tinggi yang bertugas untuk menjalankan pemerintahan pelaksanaan dan kepolisian.

Leonard D. White

Administrasi adalah suatu proses yang biasa di dalam seluruh usaha kelompok baik usaha pribadi ataupun umum.

Wlliam H. Newman

Administrasi adalah pembimbing, kepemimpinan dan pengawasan usaha suatu kelompok individu kearah pncapaian tujuan bersama.

White

Administrasi adalah proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok pemerntah atau swasta, sipil atau militer, kecil atau besar.

Simon

Administrasi adalah sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tugas bersama.

Drs. Saafroedin Bahar

Administrasi adalah seluruh kegiatan/proses penyelenggaraan pada setiap usaha kelompok manusia demi mencapai suatu tujuan.

Wikipedia

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan

William H. Newman

Administrasi adalah pedoman/petunjuk, kepemimpinan dan pengawasan dari usaha-usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

Wilson

Administrasi adalah ilmu pemikiran mengenai supremasi kepemimpinan pejabat politik atas birokrasi yang timbul pada perbedaan fungsi antara politik dengan administrasi. Serta adanya asumsi mengenai superioritas fungsi – fungsi politik administrasi.

 Robert D. Calkins

Administrasi adalah kombinasi antara pengambilan keputusan dengan pelaksanaan dari keputuan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

  1. H.A. Simon

Administrasi adalah kegiatan sekelompok orang yang mengadakan kerja sama untuk mencapai tujuannya bersama.

Itulah Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli dengan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda memahami pengertian Adminitrasi secara umum. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :