20 Pengertian Seni Rupa Secara Umum dan Menurut Para Ahli

20 Pengertian Seni Rupa Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Rate this post

20 Pengertian Seni Rupa Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Rupa Secara Umum Adalah berupa cabang seni yang menjadikan sebuah karya seni dengan bantuan berupa media yang dapat di lihat mata serta bisa di rasakan dengan cara meraba. Atau dalam arti lain Seni Rupa memiliki arti yakni suatu ciptaan berkualitas, hasil, ekspresi atau beruap alam dengan menyuguhkan keindahannya atau segala sesuatu keasliannya dan beberapa klarifikasi berbagai objek dengan criteria tertentu sehingga dapat menciptakan berupa strktur sampai akhirnya bisa di nikmati menggunakan indra penglihat mata serta peraba.

Sedikit berbeda dengan pengertian Seni Rupa jika di artikan secara bahasa yang sederhana yakni berupa ungkapan atau suatu perasaaan yang estetis dengan memiliki makna dari sang empunya kemudian di tuangkan melalui media rupa sehingga dapat di lihat oleh mata dan dapat di rasakan dengan di raba. Wujud dari karya seni rupa ini adalah hasil dari pengolahan konsep seperti itik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang berdasarkan pentaan dengan berbagai prinsip tertentu.

Sedangkan Seni Rupa di lihat dari segi dimensinya terbagi menjadi 2 kategori yakni Karya seni dua dimensi dimana memiliki dua ukuran, sedangkan satunya lagi adalah karya seni rupa tiga dimensi dimana memiliki tiga ukuran atau memiliki ruang.

Apabila di lihat dari fungsinya Seni Rupa memiliki arti adalah sebuah karya seni yang di buat berdasarkan pertimbangan utama agar memenuhi beberapa fungsi peraktis atau terapan (applied art), Dan seni rupa ini sengaja di buat dengan tujuan agar dapat di nikmati akan keindahan serta keunikannya tanpa harus melihat dari sisi praktisnya. Karya seni dalam hal ini masuk dalam kategori yang dinamakan seni rupa murni.

Namun dengan beberapa penjelasan di atas mengenai Seni Rupa baik Pengertian Seni Rupa Secara Umum, Pengertian Seni Rupa Secara Bahasa, Pengertian Seni Rupa Di Lihat dari Dimensinya dan Pengertian Seni Rupa murni sedikit berbeda dengan beberapa pendapat dari beberapa para ahli meski memiliki tujuan yang sama. Berikut Beberapa Definisi dari 20 Para Ahli.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

1. Pengertian Seni Rupa Menurut Kottak

Salah satu para ahli bernama Kottak menjelaskan bahwasanya Seni Rupa adalah suatu seni yang memiliki kualitas, hasil ekspresi serta keindahan alam dan berbagai hal yang melebihi dari keasliannya dengan klasifikasi obejek/subjek terhadapa kriteris estetis

2. Pengertian Seni Rupa J.J Hogman

Ia pun berpendapat bahwa Pengertian Seni Rupa adalah suatu hal yang memiliki berbagai unsure meliputi ideas, activities, dan artifacts

3. Pengertian Seni rupa Menurut Aristoteles

Seni Rupa adalah hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam namun memiliki sifat yang ideal.

4. Pengertian Seni Rupa Menurut Plato dan Rousseau

Seni merupakan hasil dari peniruan alam berdasarkan dari segala segi yang dimilikinya.

5. Pengertian Seni Rupa Menurut Ki Hajar Dewantara

Salah seorang Ahli sekaligus Pahlawan Indonesia atau Bapak Pendidikan bangsa, Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa Seni memiliki arti yakni semua perbuatan manusia yang di hasilkan dari perasaan serta sifat indah sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia

6. Pengertian Seni Rupa Menurut Ahdian Karta Miharja

Seni bisa di bilang merupakan kegiatan rohani yang mereflesikan sebuah realitas lalu di tuangkan ke dalam suatu karya dengan bentuk serta isi yang memiliki agar membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani si penerima.

7. Pengertian Seni Rupa Menurut Drs. Sudarmaji

Adalah semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.

8. Pengertian Seni Rupa Menurut Drs Popo Iskandar

Seni bisa di artikan suatu ungkapan emosi seseorang yang hendak di sampaikan terhadap orang lain berdasarkan kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

9. Pengertian Seni Rupa Menurut Prof. Drs. Suwaji bastomi

Seni ialah Aktivitas batin berdasarkan pengalaman estetika yang di nyatakan ke dalam bentuk yang agung dengan memiliki daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru.

10. Pengertian Seni Rupa dari Sumber Enslikopedia Indonesia

Seni adalah suatu penciptaan dari semua hal atau objek berupa benda dimana keindahannya orang melihatnya senang atau mendengarnya.

11. Pengertian Seni Rupa Menurut Schopenhauer

Seni ialah semua usaha dalam menciptakan berbagai bentuk yang menyenangkan. Berdasarkan tiap orang senang misalnya terhadap seni music walaupun music adalah termasuk seni yang paling abstrak.

12. Pengertian Seni Rupa Menurut Eric Ariyanto

Adalah berupa kegiatan rohani atau suatu aktivitas batin yang di refleksikan menjadi bentuk karya yang bisa membangkitkan perasaan orang lain baik yang meihatnya atau mendengarnya.

13. Pengertian Seni Menurut Kuntjaraningrat

Seni adalah suatu hal yang kompleks berdasarkan dari berbagai ide, gagasan serta berbagai nilai, norma dan beberapa peraturan yang Kompleks aktivitas dan juga tindakan dari pola manusia di dalam masyarakat dan umumnya berupa wujud berbagai benda hasil buatan manusia.

14. Pengertian Seni Rupa Menurut William A. Haviland

Kesenian adalah semua system yang terdiri dari proses penggunaan imajinasi menusia secara kreatif di dalam suatu kelompok masyarakat terhadap kebudayaan tertentu.

15. Pengertian Seni Rupa Menurut Irving Stone

Seni adalah kebutuhan yang pokok layaknya seperti roti atau anggur atau Mantel di kala musim dingin. Setiap orang akan mengira bahwa Kesenian merupakan barang mewah dan pikirannya utuh.

16. Pengertian Seni Rupa Menurut Dr.Yustiono

Ia menjelaskan bahwasanya Seni adalah salah satu cabang studi yang berkaitan dengan observasi dan klasifikasi fakta, secara khusus berupa penetapan berbagai hukum yang telah teruji baik secara induksi atau disusun serta di rumuskan dengan merujuk kepada pendapatan kebenaran umum atau gerak hukum umum.

17. Pengertian Seni Rupa Menurut Dra.Nuning Y.Damayanti,Dipl.Art

Seni rupa berawal mula dari proses dari manusia, maka dari itu ini termasuk sinonim dari ilmu. Sekarang ini, seni dapat di lihat dari pokoknya yaitu ekspresi dari kreatifitas manusia.

18. Pengertian Seni Rupa Menurut Ira Adriati, M.Sn.

Seni merupakan suatu proses dan produk dari memilih medium atau suatu paket peraturan untuk penggunaan medium serta suatu paket berbagai nilai yang menentukan apa yang cocok di kirimkan dengan suatu ekspresi lewat medium itu bertujuan dalam menyampaikan beberapa di antaranya seperti kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan menggunakan cara yang seefektif mungkin terhadap medium itu.

19. Pengertian Seni Rupa Menurut Irma Damayanti, M.Sn.

Seni dapat di lihat dari intisari berupa ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk di jelaskan dan juga sulit untuk di nilai, sehingga dari berbagai masing-masing Invidu sendiri akan memilih peraturan serta parameter yang menjadi pedoman atau kerjanya.

20. Pengertian Seni Rupa Menurut Drs.Rizki Akhmad Zaelani

Ia menjelaskan secara Rinci dimana kata “Seni” merupakan sebuah kata dimana semua orang pasti mengenalnay, meski dengan sebatas pemahaman yang berbeda-beda. Konon sebenarnya Seni berasal dari kata “SANI” yang memiliki arti “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Mungkin kebanyakan orang akan mengartikannya dengan keberangkatan orang/ seniaman ketika melakukan membuat karya seni, akan tetapi di lihat dari kajian Ilmu di eropa yakni “ART” (artivisial) sehingga memiliki arti suatu karya dari sebuah kegiatan.

Dengan banyaknya penjelasan Seni di atas baik secara umum atau Menurut para ahli tentu anda dapat menyimpulkan sendiri bahwa seni rupa adalah suatu hasil atau karya seseorang dari ekspresi atau kreatifitas seorang seniman. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

20 Pengertian Seni Rupa Secara Umum dan Menurut Para Ahli | saranailmu | 4.5
Shares