13 Ciri – Ciri Guru Profesional Lengkap

Posted on
13 Ciri – Ciri Guru Profesional Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

13 Ciri – Ciri Guru Profesional Lengkap

Ciri-Ciri Guru Profesional – Menjadi guru adalah sebuah profesi yang sangat mulia. Dengan adanya guru, maka ada jutaan anak yang menjadi pintar, dan berhasil menjadi orang yang sukses. Dalam menjadi guru tentu kita harus menjalaninya seprofesional mungkin. Tetapi bagaimana ciri dari guru yang mampu bersikap profesional, simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-Ciri Guru Profesional

Ciri Guru Profesional

1. Selalu memiliki energi untuk para siswanya

Seorang guru yang baik tentu akan menaruh perhatian kepada setiap siswanya, pada setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik tentu memiliki kemampuan dalam mendengarkan dengan seksama. Sehingga seorang guru yang profesional tentu harus memiliki energi yang cukup untuk memerhatikan siswanya, dan mendengarkan apa yang ditanyakan oleh mereka.

2. Memiliki tujuan yang jelas dalam setiap pelajaran

Mengajar juga membutuhkan strategi yang tepat, agar apa yang diajarkan dapat diterima dengan baik oleh para siswanya. Untuk itu seorang guru yang baik harus memiliki tujuan yang jelas, ketika mengajarkan mata pelajaran tertentu untuk muridnya. Agar tercapai segala tujuan yang dimiliki setiap kelas masing-masing.

3. Memiliki keterampilan yang mendisiplinkan dengan cara yang efektif

Seorang guru juga harus memiliki keterampilan dan disiplin yang efektif. Agar bisa mempromosikan setiap perubahan perilaku yang positif di dalam kelas.

4. Memiliki keterampilan dalam manajemen kelas yang baik

Keterampilan yang dimiliki oleh seorang guru, harus beragam. Misalnya keterampilan dalam manajemen kelas yang baik, yang juga memastikan siswa dapat berperilaku dengan baik di kelas. Baik ketika sedang belajar maupun saat sedang bekerja sama dengan siswa lainnya, dengan cara yang efektif. Guru juga harus membiasakan rasa hormat dari siswa tersebut, pada seluruh komponen penting yang ada di dalam kelas.

5. Dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang tua

Seorang guru yang baik dan profesional, tentu akan menjaga komunikasi yang terbuka dengan orang tua. Sehingga membuat mereka selalu update informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi di dalam kelas, misalnya dalam hal kurikulum, disiplin dan isu-isu lainnya. Para orang tua pun akan membuat diri mereka bersedia memenuhi panggilan baik melalui telepon, rapat, email atau sosial media.

6. Memiliki harapan yang tinggi untuk para siswa

Seorang guru juga harus menaruh harapan yang tinggi pada setiap siswanya. Untuk mendorong para siswa di kelas, untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik dari diri mereka.

7. Memiliki pengetahuan dalam kurikulum

Seorang guru juga harus memiliki pengetahuan yang cukup dan memadai dalam kurikulum sekolah, dan standar-standar yang ada di dalamnya. Dengan sekuat tenaga guru harus memastikan bahwa pengajaran yang dilakukan, telah memenuhi standar kurikulum tersebut.

Baca Juga :   13 Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Lengkap

8. Memiliki pengetahuan mengenai subjek yang diajarkan

Hal ini sebenarnya sudah jelas, tetapi sayangnya sering kali diabaikan. Seorang guru yang profesional tentu harus memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme, pada setiap subjek yang mereka ajarkan. Mereka juga harus siap dalam menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan yang menarik untuk para siswa. Serta ikut bekerjasama dalam bidang studi lainnya, demi sebuah pembelajaran yang kolaboratif.

9. Selalu memberi yang terbaik untuk anak-anak di dalam proses pengajarannya

Seorang guru yang baik tentu akan bergairah dalam mengajar dan bekerja untuk anak-anak. Mereka juga akan merasa gembira bila dapat memengaruhi siswa dalam kehidupan mereka, serta mampu memahami bagaimana dampak atau pengaruh yang mereka miliki di dalam kehidupan siswanya. Baik sekarang atau nanti saat para siswanya sudah beranjak dewasa.

10. Memiliki hubungan yang baik dan berkualitas dengan para siswanya

Seorang guru yang baik, juga akan mengembangkan hubungan yang kuat dan saling menghormati dengan siswa serta membangun hubungan yang bisa dipercaya.

11. Mengajar siswa untuk belajar dan bagaimana belajar

Sebuah hal yang tidak mudah adalah membuat proses pembelajaran yang padat akan proses. Maksud dari padat proses adalah guru harus membiasakan siswanya dalam menemukan sendiri pertanyaan atau pernyataan yang diberikan oleh gurunya. Banyak guru yang memotong proses tersebut dengan alasan waktu yang sempit, serta tuntutan kurikulum yang jumlahnya banyak.

12. Memiliki sifat yang baik terhadap sesama guru

Ciri lainnya dari guru yang profesional adalah memiliki sikap yang baik terhadap sesama guru. Sifat yang baik di sini adalah sifat rendah hati, mau bergaul, mau berbagi pengetahuan, fleksibel dengan mengedepankan prasangka yang baik baik yang sifatnya inklusif maupun eksklusif, dan bersedia membantu guru yang lainnya dengan bantuan semampunya. Seluruh sifat tersebut sangat penting dalam membuat sekolah, menjadi sebuah komunitas pembelajar. Dan bukan menjadi sekolah yang berisi guru senior dan junior, yang pasrah diapakan atau disuruh apa saja oleh guru-guru yang lebih dulu hadir di sekolah.

13. Memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang sosial media

Jangan menjadi guru yang tampil sebagai sosok yang menghakimi atau menghujat di sosial media. Dengan berkembangnya teknologi, sebaiknya seorang guru juga menggunakan sosial media dengan tepat guna. Sehingga sebagai guru yang baik dan profesional bisa hadir menjadi contoh dalam menggunakan sosial media dengan cara yang bijak.

Itulah beberapa ciri-ciri guru profesional yang dapat ditiru oleh para guru. Sehingga menjadi guru yang baik itu tidak hanya mengajar anak-anak saja, tetapi lebih dari itu harus mampu bersikap baik dan memberi contoh yang baik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :