Unsur-unsur prisma

Unsur-unsur prisma
Rate this post

Unsur-unsur prisma

Unsur-unsur prisma

Dalam artikel pada kali ini, mari kita bahas mengenai prisma dan. Prisma sendiri memiliki beberapa macam dan jenis dengan bentuk yang berbeda, seperti:

  1. Prisma segitiga
  2. Prisma segi lima
  3. Prisma segi enam
  4. Dan lain-lain

Sementara itu, untuk kali ini kita akan membahas mengenai unsur-unsur prisma ini dan akan memfokuskan pada jenis prisma, yang memiliki bentuk prisma segi enam.

Unsur-unsur prisma segi enam

Agar kita dapat lebih mudah untuk memahami unsur-unsur prisma segi eman, mari kita perhatikan gambar yang ada di bawah ini!

  1. Sisi atau Bidang

Pada gambar di atas, terlihat ada 8 sisi atau juga yang biasa disebut dengan bidang yang dimiliki oleh prisma segi eman. Yakni:

  1. Sisi ABCDEF (sisi alas),
  2. GHIJKL (sisi atas),
  3. Sisi BCIH (sisi depan),
  4. Sisi FEKL (sisi belakang),
  5. Sisi ABHG (sisi depan kanan),
  6. Sisi AFLG (sisi belakang kanan),
  7. Sisi CDJI (sisi depan kiri), dan
  8. Sisi DEKJ (sisi belakang kiri).

 

  1. Rusuk

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa prisma segi enam ABCDEF.GHIJKL tersebut memiliki jumlah rusuk sebanyak 18 rusuk. 6 rusuk di antaranya merupakan rusuk tegak. Rusuk-rusuk tersebut ialah AB, BC, CD, DE, EF, FA, GH, HI, IJ, JK, KL, LG, serta rusuk-rusuk tegaknya meliputi AG, BH, CI, DJ, EK, FL.

 

  1. Titik Sudut

Bisa kita lihat bahwa prisma segieman ABCDEF.GHIJKL di atas memiliki 12 titik sudut. Dapat terlihat dari gambar yang ada di atas, bahwa titik-titik sudur tersebut merupakan A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, dan L.

 

  1. Diagonal Bidang

Silahkan perhatikan prisma segienam ABCDEF. GHIJKL yang ada pada gambar di atas. Dari gambar prisma di atas kita bisa melihat ruas garis BG yang terdapat pada didi depan kanan (sisi tegak) ditarik dari dua titik sudur yang letaknya sendiri saling berhadapat sehingga ruas garus BG dapat disebut sebagau diagonal bidang yang ada pada bidang prisma segienam ABCDEF. GHIJKL.

 

Sama halnya denga ruas garis CJ yang ada pada bidang CDIJ, ruas garis yang ada pada prisma tersebut juga adalah diagonal bidang yang terdapat pada prisma segienam ABCDEF. GHIJKL. Prisma segienam ABCDEF. GHIJKL tersebut memiliki16 diagonal bidang atau bisa juga disebut dengan diagonal sisi.

 

  1. Bidang Diagonal

Nah, coba sekarang kamu lihat gambar prisma segienam ABCDEF. GHIJKL di atas. Dapat dilihat bahwa pada prisma segienam tersebut memiliki dua buah diagonal bidang yang letaknya sejajar, yakni BI dan FK.

 

Di dalam prisma segienam ABCDEF. GHIJKL, terdapat dua bidang diagonal BI dan FK tersebut serta rusa garis KI dan FB yang membentuk satu ruang yang ada pada prisma segienam ABCDEF. GHIJKL.

 

  1. Diagonal Ruang

Tidak hanya diagonal bidang dan bidang diagonal saja yang ada pada prisma segienam, tapi juga ada diagonal ruang. Di dalam gambar prisma segienam ABCDEF. GHIJKL pada gambar di atas sendiri terdapat paling tidak 36 diagonal ruang AI, AJ, AK, BJ, BK, BL hingga seterusnya.

Dari penjelasan di atas, dapatkah kamu mengerti mengenai unsur-unsur apa saja yang terdapat pada prisma segi enam? Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan juga dapat menambah pengetahuan anda semua mengenai prisma segi enam.

 

Baca Juga:

 

 

 

 

Unsur-unsur prisma | penulis oke | 4.5
Shares