Tahap Perkembangan Dan Pertumbuhan Hewan Lengkap

Posted on

Tahap Perkembangan Dan Pertumbuhan Hewan Lengkap

Tahap Perkembangan Dan Pertumbuhan Hewan – Hewan melakukan perkawinan tujuannya untuk melanjutkan hidup. Supaya bisa meneruskan keturunan serta generasinya maka hewan juga harus berkembang biak.

Cara hewan berkembang biak bisa dengan cara bertelur, melahirkan dan ada yang bertelur melahirkan. Beda jenisnya maka beda pula cara berkembang biaknya. Ada mamalia, serangga, unggas dan masih banyak lagi kelompok hewan yang lainnya. Pertumbuhan serta perkembangan hewan ini juga beragam dan berbeda jenisnya.

Tahap Perkembangan Hewan

Dimulai dengan zigot yang merupakan hasil pembuahan sel telur oleh sperma. Kemudian zigot berubah menjadi embrio. Di tahap ini dilalui dengan beberapa tahapan juga.

Pembelahan

Zigot merupakan satu sel dengan sel kelamin jantan dan betina. Kemudian zigot mengalami pembelahan mitosis dari satu sel menjadi dua sel, empat sel, dan seterusnya dengan kelipatan yang sama.

Pembelahan tersebut akan berhenti ketika telah berbentuk bulat padat (morula) dan di dalamnya berisi cairan (blastosoel), bentuk inilah yang di sebut dengan embrio.

Gastrula

Sel yang ada pada satu kutub membelah diri dengan cepat, sehingga terbentuk lekukan yang menyerupai bola yang ditekan di sisinya. Kemudian embrio mempunyai dua lapisan yaitu lapisan luar dan dalam, yang disebut dengan gastrula. Selama proses pembelahan ini terjadi pembelahan sel dan pembentukan lapisan baru di antara lapisan luar dan dalam, disebut dengan mesoderm.

Pembentukan Organ

Sesudah proses tersebut selesai kemudian lapisan itu akan menjadi jaringan yang pada akhirnya akan membentuk beberapa organ tubuh. Lapisan luar berkembang dan menjadi notokorda, sedangkan ektoderm dorsal membentuk bubung neural yang selanjutnya berkembang membuat bagian saraf, otak, dan juga sumsum tulang belakang.

Baca Juga :   Pengertian Listrik Statis Dan Contohnya Lengkap

Mesodem pun berkembang lalu membentuk dua lapisan, yaitu lapisan yang bersisian dengan ektoderm dan kedua lapisan yang bersisian dengan endoderm. Pada lapisan itu terdapat rongga yang akan menjadi bagian tubuh, seperti misalnya otot, tulang ginjal, pembuluh darah, oviduk, uterus dan sistem limfa.

Kemudian enoderm membentuk usus primitif. Yang kemudian akan membentuk menjadi faring, usus, lambung, hati pankreas Lapisan endoderm ikut berkembang.

Tahap Perkembangan Hewan Dengan Embrio

Di tahap ini tak ada proses embrio, yang ada proses non embrio. Berikut penjelasannya :

Metamorfosis

Beberapa jenis hewan akan bermetamorfosis untuk melanjutkan hidupnya. berikut penjelasannya :

Metamorfosis Yang Dialami Serangga

Pada serangga terdapat dua jenis metamorfosis yaitu yang sempurna dan tidak sempurna. Yang di alami oleh belalang, kecoa, dan laron ketika telur menetas menjadi nimfa lalu menjadi imago atau dewasa. Pada saat tidak mempunyai organ yang lengkap, sayap baru akan keluar saat memasuki fase imago/dewasa.

Metamorfosis Yang Dialami Pada Katak

Tahapan metamorfosis yang dialami katak berbeda dengan yang dialami serangga. Karena katak tidak berganti kulit. Tahap awal akan berubah menjadi berudu saat menetas dari telur, kemudian yang mempunyai ekor dan kaki akan berubah menjadi katak dewasa yang ditandai dengan munculnya paru-paru serta menghilangnya ekor di bagian belakang tubuhnya.

Itulah Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Pada Hewan yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :