Power Inverter : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya Lengkap

Posted on

Pengertian Power Inverter, Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap

Fungsi Inverter – Tujuan dari dibuatnya artikel ini adalah supaya kita mengetahui dan memahami, bagaimana cara menggunakan power inverter. Berikut penjelasan tentang pengertian dan fungsinya.

Pengertian Power Inverter, Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian Power Inverter

Pada umumnya pengertian power inverter adalah konversi daya listrik dari listrik dengan arus yang searah, pada daya listrik arus bolak balik. Ada beberapa bersaran output dalam sebuah inverter bergantung pada bagaimana desain yang jelas pada inverter tersebut, dan akan mengeluarkan daya listrik AC.

Beberapa keluaran pada inverter bergantung pada produsen yang akan menjual power inverter tersebut, contohnya tentang gelombang, frekuensi, tegangan atau daya keluaran. Semuanya dapat diperlihatkan pada bagian bodi power inverter tersebut. besaran itu antara lain :

1. Gelombang keluaran sebuah power inverter

Gelombang keluaran pada sebuah power inverter pada umumnya merupakan gelombang sinus yang menyerupai gelombang bolak balik. Walaupun tidak gelombang sinus yang murni seperti keluaran pada generator. Ada pula keluaran dalam bentuk gelombang kotak-kotak.

2. Frekuensi keluaran

Gelombang frekuensi yang dihasilkan dari power inverter biasanya dirancang dengan standar frekuensi 50 Hz atau 60 Hz, tergantung dimana power inverter itu dipasarkan. Untuk masalah frekuensi, pengguna harus memerhatikan berapa besar frekuensi inverter yang sesuai.

Hal ini akan menyesuaikan kebutuhan dari peralatan elektronik yang beredar, bila di Indonesia standar frekuensinya adalah 50 Hz.

3. Tegangan output

Sama halnya dengan tegangan biasanya power inverter dirancang dengan output yang tegangannya 220 Volt sesuai dengan standar tegangan yang berlaku. Di Indonesia besar tegangan untuk 1 fasa adalah 220 Volt.

Baca Juga :   Reproduksi Generatif Tumbuhan Berbiji : Pengertian, Macam, Faktor Penyebab dan Pembuahannya Lengkap

4. Daya output

Sebuah power inverter yang dirancang mempunyai rating daya yang beragam, di dalam satuan watt contohnya 300W/800W/1500W dan lain sebagainya. demikianlah empat besaran keluaran dari inverter yang harus diperhatikan dalam mengetahui informasi mengenai power inverter.

Kini untuk melengkapi definisi mengenai pengertian power inverter mari kita lihat apa saja fungsi dari power inverter serta bagaimana cara pemasangannya.

Fungsi Power Inverter

Dari pengertian power inverter di atas, dapat diketahui bahwa fungsi inverter adalah untuk mengubah listrik DC ke listrik AC. Demikian juga fungsi dari power inverter maka akat tersebut biasanya dipakai sebagai listrik alternatif, bila listrik padam atau sumber listrik utama untuk daerah yang belum terjangkau oleh PLN dengan supply utama sell surya atau solar sell.

Cara Kerja Inverter

Inverter bisa melakukan pengubahan yaitu dengan mengubah input motor tenaga listrik AC, menjadi tegangan listrik AC. Kemudian dipecah kembali menjadi AC dan frekuensi, sehingga motor listrik yang digunakan bisa dikontrol sesuai dengan kecepatan yang dikehendaki.

Perlu anda ketahui juga bahwa ada cukup banyak teknik yang dikendalikan supaya bisa digunakan untuk menjaga inverter, dan supaya bisa menghasilkan sinyal sinusoidal. Cara yang sering digunakan secara umum adalah cara dari modulasi lebar pulsa.

Demikian informasi lengkap tentang pengertian, fungsi inverter dan cara kerjanya. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan inspirasi bagi anda semua.

Baca Juga :