Pengertian Pembangunan Nasional – Tujuan, Visi, Misi, Sasaran Dan Hakikatnya Lengkap

Posted on

Pengertian Pembangunan Nasional – Tujuan, Visi, Misi, Sasaran Dan Hakikatnya Lengkap

Tujuan Pembangunan Nasional – Yang dimaksud dengan pembangunan nasional adalah serangkaian usaha dalam pembangunan yang berkelanjutan, yang mencakup seluruh kehidupan dalam  masyarakat, bangsa, dan negara dalam mewujudkan tujuan nasional yang termaksud di dalam pembukaan UUD 1945 yaitu dalam hal melindungi segenap bangsa, dan seluruh tumpah darah Indonesia, mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Pengertian Pembangunan Nasional

Pelaksanaan dalam pembangunan ini mencakup segala aspek dalam kehidupan bangsa, yaitu aspek politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan secara berencana, menyeluruh, terarah, terpadu, bertahap dan berkelanjutan untuk memacu peningkatan kemampuan nasional dalam rangka untuk mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan bangsa lain yang lebih maju.

Pembangunan nasional menurut wikipedia adalah paradigma pembangunan yang terbangun atas pengalaman pancasila, yaitu pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya serta pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Yang dimana pancasila menjadi dasar, tujuan serta pedomannya.

Rencana pembangunan nasional yang dilakukan oleh pemerintah dirumuskan di dalam GBHNI atau Garis-Garis Besar Haluan Negara, yang sudah diganti dengan Propenas (Program Pembangunan Nasional) yang berlandaskan UU No.25 tahun 2000 dan landasan idiil Pancasila dan landasan konstusional UUD 1945.

Tujuan Pembangunan Nasional

Dalam program pembangunan nasional, tujuannya adalah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, berkeadilan, demokratis, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalah wadah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Yang tentu didukung oleh masyarakat Indonesia yang  mandiri,sehat, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, disiplin dan mempunyai etos kerja yang tinggi serta mengusai IPTEK (ilmu pengetahuan teknologi).

Tujuan dari pembangunan nasional ini juga terdapat pada Pembukaan UUD 1945 alinea IV, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan berkeadilan sosial serta mewujudkan cita-cita bangsa sebagaimana termaktub dalam alinea II Pembukaan UUD 1945.

Visi Dan Misi Pembangunan Nasional

Di dalam pembangunan nasional terdapat visi dan misi yang dijelaskan seperti berikut :

Visi

Yaitu terwujudnya Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalam suatu wadah Negara Republik Indonesia yang tentunya didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, sadar hukum dan lingkungan, menguasai IPTEK, punya etos kerja tinggi dan disiplin.

Baca Juga :   Peranan Pedagang dan Ulama Dalam Perkembangan Islam di Indonesia

Misi

  1. Pengamalan Pancasila yang konsisten dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan.
  3. Peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Penjaminan keamanan, kedamaian, ketertiban dan ketentraman di masyarakat.
  5. Perwujudkan otonomi daerah dalam rangka pengembangan daerah dan pemerataan pertumbungan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  6. Perwujudan kesejahteraan rakyat dengan ditandai oleh meningkatnya kualitas hidup layak dan bermartabat.
  7. Perwujudkan politik luar negeri yang berdaulat,bermanfaat, bebas dan proaktif bagi kepentingan nasional dalam menghadapi perkembangan global.
  8. Perwujudkan aparatur negara yang melayani masyarakat secara profesional, produktif, berdaya guna, transparan (bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme).

Sasaran Pembangunan Nasional

Dalam pembangunan nasional juga ada sasaran pembangunan yang tentunya harus diprioritaskan, diantaranya yaitu :

  1. Pemulihan ekonomi yang semakin cepat serta menguatkan landasan pembangunan yang berkelanjutan serta berkeadilan. Yang berdasar pada sistem ekonomi kerakyatan.
  2. Kesejahteraan rakyat, dengan meningkatkan kualitas hidup beragama serta ketahanan budaya.
  3. Mewujudkan supremasi hukum serta pemerintahan yang baik.
  4. Membangun sistem politik yang sifatnya demokratis serta mempertahankan persatuan dan kesatuan.
  5. Mewujudkan pemerataan pembangunan dan juga mendorong pembangunan di beberapa daerah.

Hakikat Pembangunan Nasional

Adalah pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya serta pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Yang diantaranya sebagai berikut :

  1. Terdapat keselarasan, keserasian, keseimbangan dan kebulatan yang utuh dalam seluruh kegiatan pembangunan. Di dalam pembangunan dengan jangka panjang, unsur manusia, unsur sosial budaya, dan unsur lainnya harus diperhatikan dengan seimbang.
  2. Pembangunan juga harus merata bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ada di seluruh tanah air.
  3. Pembangunan ini dilakukan oleh masyarakat serta pemerintah bersama-sama. Masyarakat yang menjadi pelaku utama pada pembangunan, dan pemerintah juga wajib untuk mengarahkan, membimbing, serta menciptakan suasana yang menunjang. Selain itu diantara masyarat dan pemerintah juga harus saling mendukung, saling melengkapi, saling mengisi dalam satu kesatuan untuk melangkah menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional.
  4. Subjek dan juga objek yang ada di dalam pembangunan nasional adalah manusia serta seluruh masyarakat Indonesia, maka pembangunan pun harus memiliki kepribadian Indonesia dan menghasilkan manusia dan juga masyarakat yang berkepribadian Indonesia.

Itulah uraian mengenai tujuan pembangunan nasional yang dilengkapi dengan pengertian, visi, misi, sasaran serta hakikatnya. Semoga artikel ini mudah dipahami dan mampu menambah wawasan anda dalam bidang pembangunan di Indonesia.

Baca Juga :