Pengertian Hyperlink : Fungsi, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya Terlengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian Hyperlink : Fungsi, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya Terlengkap

Pengertian Hyperlink – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Hyperlink. Penjelasan yang meliputi pengertian, fungsi, jenis, cara membuat, contoh hyperlink yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih jelas simaklah berikut penjelasannya.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink adalah suatu cara menghubungkan suatu bagian didalam slide, file, program ataupun halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang tersebut. Hyperlink digunakan untuk menunjukkan lokasi dari teks ataupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink ini juga dapat menghubungkan beberapa objek, file, dokumen, halaman web dan lain-lain.

Pengertian lain dari hyperlinkialah suatu teks yang mengarahkan ke tampilan halaman lain. Jika kita mengklikhyperlink pada suatu halaman website artinya kita telah membuka browse WWW “wordl wide web” dan akan menuju ke halaman yang lain atau dokumen lain.
Seluruh website didalamnya pasti terdapat hyperlink pada tiap halaman atau pagenya, sehingga akan memudahkan pengunjung menjelajahi setiap page/halaman yang ada pada website atau tersebut.

Berikut ada beberapa pengertian lain dari hyperlink yaitu:

  • Pada Buku Cara Mudah Menguasai Google Docs
    Hyperlink atau link adalah teks yang dapat menuntun kita untuk menuju URL tertentu.
  • Buku TIK SMA Kelas XII
    Hyperlink merupakan teks atau gambar untuk menuju suatu alamat atau halaman tertentu.
  • Buku Desain Web dengan MS Frontpage 97
    Hyperlink ialah hubungan dari page WWW ke file pada WWW. Tujuan dari hyperlink pada umumnya adalah page WWW lainnya, tetapi dapat juga berupa file multimedia atau bahkan program.
  • Wikipedia
    Hyperlink dalam bahasa Indonesia disebut pranala adalah sebuah acuan dalam suatu dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau sumber lain.

Dari beberapa pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa hyperlink dapat menghubungkan suatu halaman dengan halaman lain yang masih terdapat pada website itu sendiri, selain itu juga dapat menghubungkan suatu halaman website dengan halaman yang terdapat pada website lain.

Fungsi Hyperlink

Fungsi hyperlink adalah suatu fungsi dalam HTML “Hyper Text Markup Language” yang tujuannya adalah untuk memudahkan visitor atau pengunjung web untuk menelusuri informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya dan link juga memiliki fungsi untuk menghubungkan antar dokumen HTML.

Biasanya teks yang mengandung hyperlink terlihat berbeda dengan teks biasa yang asa pasa sebiah halaman website. Warna hyperlink ini biasanya berwarna biru dan ketika kursor komputer diarahkan ke link tesebut maka pada tulisan akan terlihat underline, warna teksnya pu berubah dan tampilan kursor menjadi gambar tangan yang menunjuk ke arah hyperlink tersebut.

Baca Juga :   Penyimpangan Semu Hukum Mendel : Pengertian dan Macam Macamnya Terlengkap

Hyperlink juga dapat disematkan pada teks ataupun pada gambar sehingga ketika teks atau gambar tersebut diklik makan pembaca akan diarahkan ke halaman lain sesuai dengan isi link tersebut.

Jenis-Jenis Hyperlink

Dari pengertian hyperlink diatas dapat diambil kesimpulan bahwa hyperlink ialah fitur yang berguna untuk membuat shortcut dengan melompat ke dokumen atau halaman lain yang tersimpan di network server.
Hyperlink mempunyai beberapa jenis yang umum digunakan, yaitu:

1. Absolute Address

Jenis hyperlink ini umumnya menggunakan sebuah koneksi internet karena digunakan untuk membuat shortcut alamat URL situs tertentu. Yang manashortcut secara murni atau mutlak berbentuk full alamat URL meliputi protocol, network location, path dan juga nama file. Biasanya penggunaan jenis hyperlink ini mudah ditemukan pada situs-situs di internet yang menghubungkan dengan link tertentu atau tercantum pada sumber tulisan.

2. Relatif Address

Hampir mirip dengan absolute address dalam hal fungsi namun dalam penerapannya, alamat URL yang tertera berupa alamat relatif dimana tidak menyebutkan protocol dan network locationnya. Dan juga relatif addressini hanya menampilkan path dan nama filenya saja.

3. Link Section

Hyperlink ini yang paling sering digunakan terutama untuk membuat section dalam dokumen-dokumen suatu perusahaan. Sehingga dengan menggunakan hyperlink pada isi dokumen tertentu yang tertaut dengan file atau dokumen lain maka dapat memudahkan pencarian.

Fitur hyperlink sendiri tersedia baik di Ms. Word, Ms, Excel maupun Ms. Power Point. Bahkan sesuai pengertian hyperlink sebelumnya, disini hyperlink bisa digunakan untuk membuat kamus pribadi dengan melakukan tautan atau hyperlink pada istilah-istilah asing di dalam dokumen dengan file yang dapat menjelaskan istilah tersebut.

Cara Membuat Hyperlink pada Halaman HTML

Hyperlink pada HTML terbentuk dari tag <a>, secara default penulisan hyperlink pada halaman HTML adalah sebagai berikut:
<a href=”URL”>Anchor Text</a>
Contoh:
<a href=”http://www.mandalamaya.com”>Mandalamaya.COM</a>
Selain itu, membuat hyperlink di program Microsoft (Word, Excel, Power Point) sebenarnya sangat mudah. Biasanya para pengguna Microsoft Office pasti sudah mengetahui caranya, yaitu:

  1. Blok bagian teks tertentu dalam file Word/ Excel/ Power Point yang ingin ditautkan dengan file lain
  2. Kemudian pilih menu “Insert” lalu klik “Hyperlink”. Secara otomatis Anda akan langsung diarahkan ke tampilan file manager, lalu pilih fileyang akan Anda jadikan hyperlink.
  3. Setelah memilih file yang dijadikan hyperlink, klik OK
  4. Selesai

Contoh Hyperlink

Berikut ini adalah beberapa contoh hyperlink berdasarkan cara membuat yang telah dijelaskan diatas :

  1. Hyperlink
    <a href=”https://www.seputarpengetahuan.co.id”>Sepengetahuan.Co.Id</a> dan hasilnya adalah Sepengetahuan.Co.Id
  2. Hyperlink untuk file Download : membuat hyperlink yang jika user mengklik ini maka akan menampilkan download file pada komputer
    Contohnya:
    <a href=”https://www.seputarpengetahuan.co.id/sample-gambar.jpg” download>
  3. Hyperlink rel nofollow: menentukan hubungan antara dokumen saat ini dan dokumen terkait. Value yang dipakai adalah alternative, author, bookmark, hel, license, next, nofollow, prev, seach, tag.
    Contohnya:
    <ahref=”https://www.seputarpengetahuan.co.idrel=”nofollow”>seputarpengetahuan.co.id</a>

Demikianlah artikel penjelasan tentang Pengertian Hyperlink, semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih.

Baca juga: