Pengertian Hak Angket, Hak Interpelasi dan Mosi DPR lengkap

Pengertian Hak Angket, Hak Interpelasi dan Mosi DPR lengkap
Rate this post

Pengertian Secara Umum Hak Angket, Hak Interpelasi dan Mosi DPR

Pengertian Hak Angket dan Hak Interpelasi – DPR merupakan singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat adalah seorang politikus yang telah berhasil duduk di pemerintahan. Untuk tugas utama dari DPR ialah merancang berbagai undang-undang dan juga anggota DPR termasuk anggota Legislatif dalam konstitusi Negara.

Sebagai Dewan Perwakilan Rakyat dengan menjalankan tugasnya, tentu DPR memiliki berbagai kewajiban tertentu serta anggota DPR juga memiliki Hak, beberapa di antaranya adalah hak interpelasi dan juga hak angket. Lalu, apa yang di maksud dengan Hak Angket, Hak Interpelasi dan Mosi DPR. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan sebagai berikut.

Pengertian Hak Interpelasi

Merupakan hak sebagai meminta keterangan terhadap pemerintah terkait dengan kebijakan suatu bidang tertentu. Sehingga dalam hal ini Badan eksekutif memiliki kewajiban menjelaskan pada siding pleno, dimana yang harus di bahas oleh setiap Anggota serta di akhiri dengan pemungutan suara terkait dengan hasil siding tersebut apakah sesuai atau tidak. Jika terjadi perselisihan berbeda pendapat antara badan legislatif dan badan eksekutif, interpelasi bisa di jadikan sebagai batu loncatan sebagai pengajuan mosi tidak percaya.

Pengertian Hak Angket (Enguete)

Hak angket dapat di artikan berupa hak dari setiap anggota legislative sebagai mengadakan penyelidikan sendiri. Dalam keperluannya bisa dibentuk beberapa panitia angket bertugas sebagai melaporkan hasil penyelidikan kepada kepada badan anggota legislatif lainnya, yang kemudian merumuskan pendapatnya terkait soal tersebut dengan harapan dapat di perhatikan oleh pemerintah.

Pengertian Mosi DPR

Mosi adalah Hak Kontrol yang paling utama. Dimana jika badan legislative menerima suatu mosi tidak percaya, maka pada system parlementer cabinet haruslah mengundurkan diri sehingga menjadikannya suatu krisi cabinet.

Dengan membaca dan menyimak penjelasan di atas berupa Pengertian Hak Angket, Pengertian Interpelasi dan Pengertian Mosi tentunya anda bisa memberikan kesimpulan dan di jadikan sebagai penyelesaikan terhadap tugas anda. Mungkin penjelasan di atas memang cukup singkat, karena bertujuan pembaca dapat mengerti inti dari penjelasan serta mendapatkan Poin utama mengenai Pengertian Hak Angket, Hak Interpelasi dan Mosi DPR. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Pengertian Hak Angket, Hak Interpelasi dan Mosi DPR lengkap | saranailmu | 4.5
Shares