Valuta Asing (Valas) : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Beserta Contohnya

Posted on
Valuta Asing (Valas) : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Beserta Contohnya
Rate this post

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Valuta Asing (Valas) Beserta Contohnya Terlengkap

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Valuta Asing – Meski sering mendengar Valuta Asing ternyata masih banyak dan belum paham apa yang di maksud dengan Valuta Asing (Valas), biasanya orang yang sering mendengar Valas atau Valuta Asing ini adalah orang yang bekerja atau aktivitasnya lebih banya di Dunia Internet serta sering melakukan perjalanan ke luar negeri dan beberapa orang yang bermain Bursa Saham. Untuk menjawab pertanyaan dari pengertian valuta asing, fungsi valuta asing dan jenis-jenis valuta asing, akan di jelaskan secara detail dengan berbagai definisinya sebagai berikut:

Pengertian valuta asing (Valas)

Valuta Asing (Valas) merupakan mata uang yang bisa du gunakan dimana lebih mudah di teruma oleh banyak Negara dalam hal perdangan dunis International. Contohnya saja jika kalian pernah berjumpa atau melihat beberapa para wisatawan/turis asing di berbagai tempat pariwisata di tanah air, maka tentu saja mereka membutuhkan jasa dan barang selama berada di Indonesia, beeberapa jasa tersebut di antaranya seperti Jasa Hotel, Transportasi, Pemandu Wisat, tempat hiburan dan lain sebagainya dalam memenuhi semua kebutuhan turis tersebut pastinya akan mengeluarkan uang untuk membayar semua kebutuhan tersebut dan uang yang di pakai harus sesuai dengan Negara dimana ia tinggal seperti di Indonesia maka ia harus menggunakan mata uang Rupiah (Rp) begitu juga sebaliknya jika anda berencana melakukan perjalanan keluar negeri.

Akan tetapi dengan adanya Valuta Asing ini semua hal yang di butuhkan seperti membeli barang atau jasa dan kebutuhan lainnya di Negara tempat dimana anda kunjungi bisa anda dapatkan dan di terima dalam perdagangan International. Beberapa mata uang yang di terima dalam perdangan International adalah Dollar.

Bisa di katakan Valuta asing adalah bagian dari Devisa, sedangan pengertian dari Devisa adalah semua hal berupa kekayaan dari suatu Negara di luar negeri yang berbentuk barang atau jasa atau mata uang asing yang bisa di pergunakan untuk alat pembayaran luar negeri dan bisa di terima di Dunia International. Devisa yang berbentuk mata uang asing inilah yang di namakan valuta asing. Yang perlu anda ketahui lainnya juga bahwasanya Valuta asing bisa di berli dan di tukar di berbagai perusahaan-perusahaan atau bank yang memiliki Izin Jual beli valuta asing (valas). Perusahaan yang di gunakan sebagai jual beli dari Valuta Asing tersbut di sebut money changer.

Fungsi Valuta Asing

Valuta asing pada setiap Negara sekarang ini mempunyai peran yang sangat penting dan besar terkait dengan hubungan antara luar negeri, khususnya dalam bidang perdagangan International atau hubungan dagang. Beberapa fungsi dari valuta asing diantaranya adalah sebagai berikut :

Alat Tukar Internasional : Seperti yang di katakan di atas bahwasanya Valuta Asing dapat digunakan sebagai alat perantara dalam hal tukar-menukar barang atau jasa di Negara tujuan : Contohnya, Indonesia mengimpor Gandum dari Inggris maka pembayaran tersebut tidak di lakukan dengan menggunakan mata uang Indonesia (Rupiah), melainkan menggunakan valuta asing seperti Dollar Ingris atau Poundsterling

Baca Juga :   Pengertian Definisi Entrepreneur Serta Kelebihan dan Kekuranganya

Alat Pembayaran Internasional : Kemudian, yang kedua fungsi dari Valuta Asing adalah alat yang sah sebagai pembayaran International. Contohnya, Jika pemerintah memiliki hutang dengan Negara lain seperti Amerika Misalnya maka untuk melakukan pembayaran cicilan hutang tersebut serta bunganya di lakukan dengan menggunakan valuta asing. Jadi dalam hal ini valuta asing bisa di gunakan sebagai alat untuk melakukan pembayaran dengan Negara lain.

Alat Pengendali Kurs : Kurs adalah sebagai perbandingan dari nilai mata uang dari suatu Negara terhadap mata uang Negara lain, yang mana kurs mata uang pada suatu Negara dapat menguat atau melemah. Valuta asing bisa di gunakan untuk alat mengendalikan kurs/nilai rupiah terhadap mata uang asing.

Alat Memperlancar Perdagangan Internasional : valuta asing dapat memudahkan serta memperlancar suatu Negara dari segi mengadakan perdangan dengan Negara lain. Valuta asing dalam hal ini memiliki fungsi sebagai alat tukar atau memudahkan dalam perdagangan internasional. Bisa di bilang dengan tidak adanya Valuta asing maka perdagangan antar Negara kemungkinan akan sulit, karena seperti yang kita tahu bahwasanya perdangan bisa di lakukan dengan cara tukar-menukar barang dengan barang atau barter.

Jenis-Jenis Valuta Asing

Valuta asing terbagi menjadi 2 Kelompok di lihat dari jenisnya di antaranya adalah :

Valuta Asing Fisik : adalah uang asing di lihat dari pengertiannya sebenarnya yakni uang yang berbentuk uang kartal baik itu bentuknya Coin (Logam), Uang kertas Negara maupun uang kertas bank. Jadi, Valuta Asing Fisik ini artinya sama dengan uang kartal dan bisa di gunakan dalam perdagangan internasional.

Valuta Asing Non-Fisik : adalah berbentuk berupa surat-surat berharga/uang giral misalnya wesel, cek, travelers, cheque, internasional money order dan lain-lain.

Jika di lihat dari bentuknya, jenis dari valuta asing yang biasa di gunakan untuk Jual/Beli dibedakan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah:

Mata Uang Asing : Sebagai mata uang asing yakni mata uang Euro Dollar, Yen Jepang, Dollar Amerika Serikat, Frank Swiss, Dollar Canada, Deutch Mark Jerman dan lain-lain

Saldo Kredit : Yang terdapat pada setiap Bank Devisa dalam suatu Negara di luar negeri

Surat-surat Wesel Luar Negeri : Dapat berupa Surat-surat Wesel di luar negri yang dapat diketahui, contohnya : Seseorang yang bekerja sebagai eksportir Nasional (Indonesia) menarik wesel atas Importir (dari negara lain).

Hak-Hak Penerimaan Pembayaran : Sebagai hak berupa penerimaan pembayaran dari masyaralat Negara dalam bentuk yang berbeda terhadap tingkat likuiditas yang terbilang tinggi.

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah paham dengan apa yang di maksud Valuta Asing dari penjelasan di atas mengenai Pengertian Valuta Asing. Semoga Bermanfat

Baca Juga :