Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis Jenis, Manfaat dan Persebarannya Lengkap

Posted on
Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis Jenis, Manfaat dan Persebarannya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Jenis – Jenis, Manfaat Sumber Daya Alam Dan Persebarannya

Jenis jenis sumber daya alam dan persebarannya – sumberdaya alam adalah sumber daya yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia yang terdapat di dunia ini. jika tidak ada sumber daya alam, maka mausia tidak bisa hidup. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang jenis jenis sumber daya alam dan persebarannya.

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam ialah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memenuhi suatu kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam dapat berbentuk tanah, udara, air dan lainnya. Sedangkan sumber daya alam ini juga dapat pula berwujud benda, barang, fenomena dll.

Pengelompokan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang terdapat dibumi dibedakan jadi beberapa kelompok. Berikut ini pengelompokan sumber daya yang perlu kita ketahui :

  1. Menurut jenis
    Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dikelompokkan jadi 2 (dua), yakni :
    • Sumber daya alam hayati
    • Sumber daya alam abiotic
  2. Menurut sifatnya
    Sumber daya alam yang terdapat didunia ini pun dibagi menurut dengan sifatnya, sifat ini menurut dengan pembaharuan sumber daya sendiri. Berikut ini pembagiannya :
    • Bisa diperbarui
    Contohnya air, hasil hutan, tumbuhan dan lain-lain.
    • Tidak bisa diperbarui
    Jadi sumber daya ini tidak akan dapat didaur ulang serta hanya dapat dipakai dalam sekali saja. contohnya bau bara, gas, timah serta hasil tambah lain.
    • Tidak terbatas jumlahnya
    Jadi sumber daya ini akan selalu ada dengan jumlah yang tak terbatas. Contohnya arus air laut, sinar matahari dan udara.
  3. Menurut kegunaan
    Menurut kegunaannya sumber daya ini dibagi jadi 2 macam. Yakni :
    • Penghasil bahan baku
    Sumber daya alam penghasil bahan baku tersebut ialah alam yang dipakai menjadi barang lain yakni dilihat dari bentuknya atau fungsinya. contoh barang tambang, hasil pertanian dll.
    • Penghasil energi
    Sumber daya alam yang penghasil energi ini merupakan SDA yang dipakai untuk emnghasilkan energi dan guna memproduksi energi. Contoh minyak bumi, gas alam dll.

Sumber Daya Alam Hayati

Berikut ini contoh dari sumber daya alam hayati yang perlu diketahui orang, antara lain :

  1. Hewan
    Hewan merupakan sumber daya alam berjenis hayati. Dalam sumber daya alam hayati hewan dibagi jadi 2 (dua) macam yakni :
    • Hewan liar, ialah hewan liar yang tumbuh kembangnya di tengah alam bebas semesta ini.
    • Hewan peliharaan, ialah hewan yang dipelihara manusia, jadi mereka bergerak serta makannya ini dari si pemilik hewan itu.
  2. Tumbuhan
    Tumbuhan adalah hewan alam hayati di dunia. Tumbuhan diciptakan tuhan guna memenuhi kebutuhan manusia, jika tidak ada tumbuhan maka manusia tidak bisa hidup. Sebab seluruh makhluk hidupnya saling bergantung pada tumbuhan.
  3. Mikroorganisme
    Mikroorganisme berjasa pada pembuatan makanan dan minuman tradisional. Misalnya seperti mikroorganisme yang tergolong dalam sumber daya alam hayati yakni jamur saccharomyces.
Baca Juga :   Sendi : Pengertian, Macam-Macam, Contoh dan Jenis Pergerakan Sendi

Manfaat Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati yang terdapat di dunia ini mempunyai beragam manfaat. Berikut ini beberapa manfaatnya :

  1. Bidang ekonomi
    SDA hayati bidang ekonomi mempunyai manfaat mislanya seperti hewan dengan beragam jenis ikan dengan daya jual ekspor mirip tuna dan cakalang yakni nilai jualnya tinggi, selain itu jenis udah windu memiliki nilai ekonomi tinggi pula.
  2. Bidang biologi
    Pada segi biologi SDA hayati mempunyai menfaat menjadi penunjang kehidupan untuk makhluk hidup yang terdapat dibumi ini. Jenis tumbuhan dapat menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh setiap makhluk hidup. Selain itu menghasilkan makanan yang nantinya diperlukan hewan dan maanusia.
  3. Bagi lingkungan
    SDA hayati mempunyai manfaat untuk lingkungan karena SDA hayati sendiri merupakan komponen biotik serta ekosistemnya. Bagi lingkungan, tumbuhan dapat membuat makananya sendiri melalui fotosintesisi sehingga dapat membuat makananya sendiir serta bisa mnghasilkan makana untuk makhluk hidup.

Sumber Daya Alam Abiotik

Abiotic ialah sumber daya alam tak hidup, tidak bergerak, tidak membutuhkan makanan, serta tidak bisa berkembangbiak. Beriiku ini contohnya SDA abiotic :

  1. Tanah
    Tanah merupakan jenis SDA diatas lapisan bumi atas, yang terbentuk dari beragam pelapukan bebatuan dan organic hancur serta mati dari proses alam. Tanah menjadi tempat kehidupan manusia dan banyak dimanfaatkan sebagai sumber memenuhi kebutuhannya.
  2. Air
    Air ialah sumber kehidupan untuk makhluk hidup yang berada di muka bumi ini. sumber daya ini asalnya banyak di sungai, danau, dan juga lautan. Ketersediaan air dipengaruhi dari berbagai macam faktor seperti cuaca, sedikit/ banyaknya pohon serta kondisi tanah.
  3. Udara
    Udara ialah SDA abiotic yang bisa diperbarui. Cara memperbaruinya dengan melaksanakan fotosintesisi yang dijalankan oleh tumbuhan. Bila semakin sedikit tumbuhan di muka bumi, maka cuaca menjadi semakin panas dan udara menjadi terasa pengap.

Manfaat Sumber Daya Abiotik

Berikut ini manfaatnya, antara lain :

  1. Sumber kehidupan manusia
    Hal ini di karenakan SDA meliputi beragam kebutuhan manusia dan seluruh makhluk hidup, seperti air, udara dan tanah.
  2. Memenuhi kebutuhan manusia
    SDA sifatnya non hayati/ abiotic mislanya bahan tambang yang dipakai guna terpenuhinya kebutuhan manusia.

Nah, itu tadi adalah pembahasan mengenai Jenis jenis sumber daya alam dan persebarannya. Sumber daya alam yang bisa diperbarui misalnya seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. SDA ini bila diambil dengan jumlah banyak ya tidak akan habis asal manusianya sendiri tau bagaimana cara bijak mengambilnya sehingga SDA tersebut tidak punah, misalnya seperti hewan. Sementara sumber daya alam tidak bisa diperbarui, Contohnya yakni bahan bahan tambang. Bahan tambang ini di Indonesia bila dipakai dengan tidak bijak maka akan semakin habis. Semoga bermanfaat.

Baca juga: