Jenis-Jenis Segitiga dan Sifatnya Lengkap

Jenis-Jenis Segitiga dan Sifatnya Lengkap
Rate this post

Macam-macam Jenis Segitiga beserta Sifat-sifatnya

Jenis-Jenis segitiga – bangun segitiga ada beberapa macam yang bisa kamu ketahui. Diantaranya ialah segitiga sama sisi, sama kaki, segi tiga sembarang dan segitiga siku siku. Dengan tiga titik yang letaknya tidak di satu garis lurus, maka bisa dibuat menjadi satu bangun datar atau disebut dengan segitiga.

Pada gambar di bawah telah menunjukkan jika tiga buah titik yakni A, B, & C yang tak segaris, bila ketiga titik dihubungkan, maka akan terbentuk bangun segitiga ABC. Umumnya segitiga dinotasikan dengan huruf “D”, sehingga segitiga ABC bisa ditulis dengan DABC.

Jenis-Jenis Segitiga dan Sifatnya

Macam-macam Jenis Segitiga beserta Sifat-sifatnya

Unsur-unsur dalam DABC diantaranya;

  1. Titik A, B, & C disebut dengan titik sudut.
  2. Sedangkan garis AB, BC, & CA disebut dengan sisi segitiga.
  3. Macam macam Segitiga Dilihat dari Panjang sisinya

Perhatikanlah gambar berikut ini.

Jenis-Jenis Segitiga dan Sifatnya

  1. Gambar a, garis AC = BC , sehingga DABC bisa disebut dengan segitiga samakaki.
  2. Selanjutnya Gambar b, garis PQ = QR = RP, DPQR bisa disebut dengan segitiga samasisi.
  3. Selanjutnya ialah gambar c, pada ketiga sisinya memiliki panjang tidak sama, sehingga DKLM disebut dengan segitiga sembarang.

Sesuai uraian di atas maka disimpulkan:

Macam macam segitiga dilihat dari panjang sisinya terdapat 3 macam segitiga, yakni segitiga sama kaki, sama sisi dan juga segitiga sebarang.

(i). Sifat Segitiga Sama kaki

Bangun segitiga sama kaki memiliki dua sisi sama panjang, sehingga segitiga tersebut memiliki 2 sudut sama besar, yakni sudut yang saling berhadapan.

Berikut ini sifat-sifat yang ada pada segitiga sama kaki;

  1. Bangun segitiga sama kaki, jika diputar sebanyak satu putaran penuh maka bisa menempati bingkainya secara tepat pada satu cara. Sehingga segitiga samakaki tersebut memiliki simetri putar sebanyak satu.
  2. Sedangkan segitiga sama kaki memiliki satu sumbu simetri saja.
Baca Juga :   Pergeseran Kurva Permintaan

(ii). Sifat-sifat Pada Segitiga Sama Sisi

Bangun segitiga samasisi punya tiga buah sisi sama panjang. Sehingga ketiga sudutnya sama besar, yakni 60o (Jumlah dari ketiga sudut D ialah = 180o). Sementara untuk mengetahui apa saja sifat-sifat yang ada pada segitiga samasisi lain, perhatikan uraian dibawah ini.

Jenis-Jenis Segitiga dan Sifatnya

Pada Gambar (b) – (d) tampak jika bangun segitiga ABC bisa menempati bingkainya tepat menggunakan 3 cara yakni, diputar sampai sejauh 120o yang berpusat pada titik O (lihatlah arah putaran) pada (Gambar b) diputar sejauh 240o pada pusat putaran di O (pada gambar c) yang diputar sejauh 360o (satu putaran penuh) pada titik pusat di O (pada gambar d).

Sehingga segitiga ABC memiliki simetri putar sampai tingkat 3. Sementara Gambar e, f, & g yang caranya membalik bisa menempati bingkai dengan tepat. Untuk hal ini, bangun segitiga ABC memiliki 3 sumbu simetri. Sedangkan pada gambar yang ada diatas, maka sumbu simetrinya ialah CD, BF, & AE. Sehingga segitiga sama sisi bisa menempati bingkainya dengan tepat sampai 6 cara.

Jadi, dilihat dari beberapa uraian di atas, beberapa sifat yang ada pada segitiga sama sisi diantaranya:

Bangun segitiga sama sisi memiliki simetri putar sebanyak 3 tingkat, 3 sumbu simetri, 3 sisi sama panjang, 3 sudut sama besar yakni 60o, serta bisa menempati bingkainya hingga 6 cara.

Itulah pembahasan tentang gambar segitiga dan juga sifat sifat yang ada pada setiap segitiga tersebut. Selamat belajar.

Baca Juga : 

Jenis-Jenis Segitiga dan Sifatnya Lengkap | saranailmu | 4.5