Contoh Teks Wawancara Yang Baik, Lengkap dan Benar

Contoh Teks Wawancara Yang Baik, Lengkap dan Benar
Rate this post

Contoh Teks Wawancara

Contoh wawancara – untuk membuat teks wawancara, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting didalamnya. Akan tetapi sebelum akan dibahas mengenai contoh dari teks wawancara dan berbagai jenis lainnya, ada hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Hal hal yang harus kamu ketahui lebih dulu mengenai hal paling pokok yang berhubungan dengan contoh wawancara.

Contoh wawancara yang menggunakan prinsip 5W + 1H

Dalam sebuah teks wawancara, minimal didalamnya harus mengandung unsur berupa 5W + 1H. Untuk kamu yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan 5W + 1H, langsung simak penjelasan dibawah ini.

5W + 1H merupakan sebuah singkatan yakni:

  1. Apa (What)?
  2. Siapa (Who)?
  3. Dimana (Where)?
  4. Kapan (When)?
  5. Mengapa (Why)?
  6. Bagaimana (How)?

Jadi, teks wawancara yang kamu buat harus memuat pertanyaan diatas. Sehingga informasinya bisa memuat ke 6 unsur yang disebutkan diatas. Karena unsur unsur diatas hingga saat ini tetap digunakan. Khususnya dipakai dalam prinsip penulisan sebuah berita. Dari berita di Koran, pesan singkat, surat kabar, atau berita lainnya.

Contoh teks wawancara

Pada contoh wawancara, pastinya setiap teks tersebut memuat berbagai jenis wawancara yang sesuai terhadap tema yang dipilih. Akan tetapi, isinya tetaplah harus mengacu pada prinsip diatas yakni 6 prinsip (5W+1H). Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak contoh wawancara berikut ini.

Contoh Teks Wawancara Singkat Dengan Polisi

Ipul : “Selamat sore, Pak.”

Pak Wawan: “Selamat sore.”

Ipul: “Nama saya Ipul, Pak. Boleh saya tahu nama dari Bapak?”

Pak Wawan : “Tentu boleh. Nama Saya Pak Wawan .”

Ipul: “Saya mau bertanya tentang masalah aturan lalu lintas. Apa saja aturan lalu lintas yang ada, Pak?”

Pak Wawan: “Contoh dari aturan lalu lintas sangat banyak sekali. Misalnya saja pengemudi kendaraan bermotor haruslah memiliki surat izin mengemudi atau disebut (SIM). Sedangkan pengendara sepeda engine juga harus menggunakan helm, Taat dengan lampu lalu lintas, serta taat terhadap rambu-rambu lalu lintas. Jika adik mau menyeberang jalan, diharuskan melewati tempat penyeberangan jalan misalnya jembatan penyeberangan ataupun zebra cross.”

Ipul: “Kemudian, apa fungsi aturan lalu lintas tersenut, Pak?”

Pak Wawan: “Fungsi aturan lalu lintas diatas ialah untuk mengatur semua pengguna jalan raya. Agar lalu lintas yang ada di jalan raya lebih tertib dan teratur. Jika tidak terdapat aturan lalu lintas, pasti mereka akan berbuat semaunya. Hal ini berakibat pada lalu lintas yang macet. Bahkan yang lebih parahnya lagi akan terjadi kecelakaan yang memakan korban. Jadi, adanya aturan lalu lintas diatas juga bertujuan untuk menjaga keselamatan terutama bagi para pengguna jalan.”

Ipul: “Jadi seluruh orang harus patuh dengan aturan lalu lintas, Pak?”

Pak Wawan: “Benar sekali.”

Ipul: “Terima kasih, Bapak, atas penjelasannya. Nah, sekarang saya baru tahu apa pentingnya aturan dari lalu lintas tersebut.”

Pak Wawan: “Terima kasih kembali. Ingat, hati-hati berkendara di jalan raya,!”

Ipul: “Baik, Pak.”

Nah, kamu juga bisa membuat contoh wawancara dengan orang lain yang ingin kamu wawancarai. Misalnya kamu ingin tahu bagaimana cara membuat tempe, maka kamu harus mewawancarai pembuat tempe. Disini kamu sebagai pewawancara nya sementara pembuat tempe sebagai narasumbernya. Untuk pertanyaan dalam contoh wawancara juga harus memuat pertanyaan 5W + 1H. Karena pertanyaan tersebut seudah mewakili dari informasi yang kamu butuhkan. Selamat belajar.

Baca Juga : 

Contoh Teks Wawancara Yang Baik, Lengkap dan Benar | saranailmu | 4.5
Shares