4 Macam Metode Pidato beserta Penjelasannya Lengkap

4 Macam Metode Pidato beserta Penjelasannya Lengkap
Rate this post

Macam – macam Metode Pidato beserta Penjelasannya

saranailmu.com – Seperti yang kita tahu bahwa dalam berpidato memiliki beberapa metode serta kaedahnya tersendiri seperti ekstemporan, memoriter bahkan kita sering menemukan hambatan dalam berpidato.

Maka dari itu dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan secara rinci mengani metode pidato, agar pembaca lebih paham akan dibahas satu persatu di antaranya seperti metode impromtu, metode ekstemporan, metode membaca naskah dan metode menghafal.  Untuk lebih jelasnya dan tanpa panjang lebar silahkan anda simak selengkapnya dibawah ini.

Metode Berpidato

Dalam berpidato tentunya anda harus menguasai metodenya, Beberapa macam metode Pidato diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Metode Impromptu

Impromptu atau umumnya disebut dengan mendadak ialah suatu metode yang dikerjakan secara tiba-tiba, tanpa perlu persiapan apapun. Ada hal yang perlu anda ketahui dalam isi pembicaraan yakni anda sesuaikan dengan kondisi/situasi yang melatari dari pertemuan tersebut.

2. Metode Ekstemporan

Kemudian yang ke-2 adalah Metode ekstemporan yang mana di lakukan tanpa perlu naskah pidato, namun pembicara masih memiliki kesempatan dalam membuat kerangka isi pidato. Biasanya orang yang sudah perpengalaman menggunakan metode ini. Pada metode ini suasana pada si pembicara dengan benar bisa terjadi komunikasi yang baik.

3. Metode Membaca Naskah

Dalam menyampaikan berbagai pernyataan resmi umumnya di lakukan pada metode membaca naskah, misalnya : pidato kenegaraan, pidato sambutan peringatan hari besar nasional, dan lain-lain.

4. Metode Menghafal

Terakhir adalah Metode Menghafal, yang mana pada metode ini si pembicara mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan, merencanakan, membuat naskah serta mengahafal naskah.

Seseorang tentu saja bisa menjadi orator yang handal dengan melewati berbagai proses yang panjang. Karena seperti yang kita tahu kemahiran dalam berpidato tidak datang begitu saja.

ada baberapa hal yang perlu anda ketahui dan perhatikan agar bisa menjadi ahli pidato, diantaranya adalah :

  • Mempunyai keberanian dan tekad yang kuat.
  • Mempunyai pengetahuan yang luas.
  • Paham akan proses komunikasi massa.
  • Menguasai bahasa yang baik dan lancar.
  • Pelatihan yang memadai.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai contoh pidato impromtu, ekstemporan adalah, memoriter adalah, hambatan dalam berpidato, teknik pidato yang baik, contoh pidato ekstemporan. Semoga bermanfaat

Baca Juga :

4 Macam Metode Pidato beserta Penjelasannya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares