Pidato : Pengertian, Definisi, Aspek Aspek, Tujuan, Jenis, Ciri Ciri, Metode dan Persiapannya Lengkap

Posted on
Pidato : Pengertian, Definisi, Aspek Aspek, Tujuan, Jenis, Ciri Ciri, Metode dan Persiapannya Lengkap
3 (60%) 2 vote[s]

Pengertian Pidato, Definisi, Aspek Aspek, Tujuan, Jenis Jenis, Ciri Ciri, Metode dan Persiapan Pidato

Pengertian pidato – Tentunya kalian tidak asing dengan istilah istilah pidato atau bahkan yang sering diminta untuk memberikan sebuah pidato di depan banyak orang guna menyambut acara tertentu ataupun memberi pengantar. Kali ini akan dibahas tentang pengertian dan penjelasan secara lengkap terkait pengertian pidato.

A. Definisi / Pengertian Pidato

Pidato ialah suatu kegiatan dengan menyampaikan suatu ide, nasihat, pesan dan gagasan secara lisan di depan orang banyak yang sifatnya satu arah. Pidato dipakai sebagai media komunkasi guna menyampaikan sesuatu, ataupun menghimpun suara, menggugah pikiran dan juga semangat para audiens.

Contoh pidato yakni seperti pidato kenegaraan, pidato untuk menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, kemudian pidato sambutan acara atau event, dan lainnya.

B. Apek-aspek Pidato

Dalam menyampaikan pidato terdapat sejumlah aspek yang harus diperhatikan supaya pidato yang disampaikan nanti lebih berkesan. Aspek-aspek yang harus kalian perhatikan saat menyampaikan pidato diantaranya adalah:

• Bahasa

Bahasa yang dipakai saat berpidato harus diperhatikan saat sebelumnya. Penyampaian pidato harus menganalisis dari bahasa apakah yang akan dipakai saat berpidato. Hal ini penting guna menganalisis event dan juga peserta dalam event tersebut, misalnya seperti acara formal ataupun informal, peserta usia muda maupun dewasa, atau campuran. Hal ini guna bisa mempersiapkan dengan gaya bahasa yang cocok. Dengan demikian, maka akan lebih mudah untuk menentukan gaya bahasa yang pas sehingga pidato yang nanti disampaikan lebih berkesan.

• Mimik, Ekspresi, dan juga Gestur

adalah perihal kedua yang juga wajib diperhatikan. Hal ini bisa meningkatkan kesan akan ucapan yang nantinya disampaikan saat pidato.

C. Tujuan Pidato

Pidato umumnya melaksanakan satu atau beberapa hal berikut :

  • Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti kemauan kita secara suka rela.
  • Memberi suatu pemahaman ataupun informasi pada orang lain.
  • Membuat orang lain menjadi senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain akan senang dan juga puas dengan ucapan yang telah kita sampaikan.

D. Jenis-Jenis Pidato

Berdasarkan pada jenis dari isi pidato, pidato bisa dibedakan menjadi :

  • Pidato Pembukaan, ialah pidato singkat yang akan dibawakan oleh pembaca acara ataupun mc.
  • Pidato pengarahan ialah pidato untuk mengarahkan di suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yakni merupakan pidato yang akan disampaikan pada suatu acara di kegiatan ataupun peristiwa tertentu yang bisa dilakukan oleh sejumlah orang dengan waktu yang dibatasi dan secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, ialah pidato yang dilaksanakan oleh orang yang berpengaruh guna meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, adalah pidato yang isinya ialah melaporkan suatu tugas ataupu kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, ialah pidato yang isinya suatu laporan pertanggungjawaban.
Baca Juga :   17 Isi Teks Susunan Upacara Bendera Terlengkap

E. Ciri-ciri Pidato yang Baik

Keterampilan pidato baik ini akan membuat seseorang selalu dipercaya guna memberi pidato bahkan kemampuannya dalam berpidato dapat dijadikan keterampilan guna menjadi orator yang baik.

Nah, berikut merupakan ciri yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui pidato yang baik:

  • Pidatonya yang mudah dimengerti
  • Konten pidato tak mengandung ataupun menyinggung unsur SARA yakni (Suku, Agama, Ras, Antar golongan), hal ini bertujuan menghindari perpecahan ataupun pertikaian yang dapat terjadi.
  • Mempunyai konten yang jelas, apa yang akan disampaikan, serta sesuai dari event yang berlangsung. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menganalisa event dan juga peserta yang hadir saat sebelum berpidato.
  • Penyampaian pidato ini terbuka, ramah, santun, serta rendah hati. Hal ini merupakan penting untuk menciptakan sebuah kesan pada peserta yang hadir.
  • Pidato bisa menggugah semangat ataupun menarik bagi peserta yang hadir.

F. Metode Pidato

Metode-metode pidato yaitu:

1. Impromtu

Adalah pidato yang tanpa dengan persiapan, berjalan begitu saja. Biasanya pidato jenis ini digunakan dalam sejumlah sambutan acara tertentu dengan meminta kata-kata pengantar dari beberapa tokoh tertentu tanpa lebih dulu memberi tahu kepada yang bersangkutan.

2. Memoriter

Merupakan sebuah teknik penyampaian pidato dengan menghapal isi teks pidato. Biasanya dipakai saat berorasi. Meski isi teks dihapal, harus sering tahu apa yang akan disampaikan diimprovisasi guna meningkatkan sebuah kesan dari isi pidato yang hendak disampaikan.

3. Naskah

Pidato yang menyampaikan isinya pidato dengan membaca teks. Biasanya dipakai untuk memberikan pidato pada acara-acara secara formal yang memembutuhkan beberapa teori. Namun demikian, meski caranya penyampaian pidato dengan membaca, maka improvisasi perlu dilakukan. Gerak mimik dan hal lainnya perlu diperhatikan supaya pidato terdengat tidak membosankan.

4. Ekstemporan

Metode yang biasa dipakai saat ceramah. Dalam metode ini isinya pidato disampaikan secara garis besarnya terlebih dulu. Kemudian akan diuraikansecara mendetail dan bertahap.

G. Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato nanti di depan umum, maka ada baiknya untuk melakukan sebuah persiapan berikut ini :

  • Wawasan pendengar dari pidato secara umum
  • Mengetahui lama waktu ataupun durasi pidato yang nanti dibawakan
  • Menyusun kata-kata yang mudah untuk dipahami dan dimengerti.
  • Mengetahui jenis pidato dan juga tema acara.
  • Menyiapkan bahan-bahan dan juga perlengkapan pidato, dsb.

H. Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan pidato yang baik :

  • Pembukaan dengan sebuah salam pembuka
  • Pendahuluan yang sedikit akan menggambarkan isi
  • Isi atau materi pidato ini secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, lalu rencana, langkah, dan lainnya.
  • Penutup (kesimpulan, harapan, kemudian pesan, salam penutup, dll)

Sekian pembahasan mengenai pengertian pidato. Pidato yang baik ini bisa memberikan suatu kesan positif untuk orang-orang yang mendengar dalam pidato tersebut. Kemampuan dalam berpidato ataupun berbicara yang baik di depan publik maupun umum bisa membantu untuk mencapai sebuah jenjang karir yang lebih baik. Selamat belajar!

Baca juga: