Pengertian Tsunami dan Penyebab Terjadinya

Posted on
Pengertian Tsunami dan Penyebab Terjadinya
Rate this post

Pengertian Tsunami dan Penyebab Terjadinya

Pengertian tsunami dan penyebabnya memang sudah tidak asing lagi. Karena beberapa tahun terakhir tsunami memang menjadi topic pembicaraan dimana saja. Menurut bahasa, kata tsunami asalnya dari bahasa Jepang, yakni tsu berarti pelabuhan. Sedangkan name sendiri berarti gelombang. Melihat pengertian tersebut, pengertian tsunami dan penyebabnya ialah perpindahan badan air akibat perubahan permukaan laut dengan vertikal dan tiba tiba.

Selain itu, gelombang tsunami juga bisa merambat di segala arah. Bahkan didalam laut, kecepatan gelombang tersebut mampu berjalan mencapai 1000 km setiap jamnya. Kecepatan tersebut setara dengan pesawat terbang. Sementara ketinggian serta kecepatan gelombang tsunami akan menurun saat mendekati pantai.

Penyebab Terjadinya Tsunami

Musibah tsunami memang sangat fatal akibatnya. Gelombang tersebut mampu menyapu semua yang ada di permukaan bumi yang dilewatinya. Semua bangunan apapun mampu dirobohkan gelombang tsunami.
Sebenarnya penyebab munculnya gelombang tsunami tersebut adalah karena adanya kejadian alam seperti adanya gunung meletus, kemudian longsor bawah laut atau yang paling sering adalah gempa. Contohnya saja tsunami aceh maupun tsunami yang terjadi di Jepang terjadi akibat gempa.

Sementara tsunami yang diakibatkan oleh gunung meletus pernah terjadi di Indonesia ketika meletusnya gunung Krakatau. Kecepatan gelombang tsunami juga bisa dipengaruhi oleh kedalaman laut terjadinya tsunami tersebut.

Tips Menyelamatkan Diri Saat Tsunami

Musibah yang disebabkan oleh tsunami memang tidak ada yang bisa menyangkanya. Karena semua musibah yang terjadi adalah kehendak yang kuasa. Akan tetapi, jika anda bertempat tinggal di pesisir pantai, atau berdekatan dengan pantai perlu waspada jika mengalami gempa. Berikut ini tipsnya supaya bisa menghindari tsunami:

Baca Juga :   46 Pengertian Sejarah : Menurut Para Ahli, Secara Umum dan Bahasa

Saat terjadi gempa yang berskala besar serta beresiko tsunami, cepat mengungsi atau menjauh dari pantai. Kemudian cari tempat tertinggi misalnya bukit supaya tsunami tak dapat menjangkau kawasan tersebut. Kemudian memilih wilayah bukit ataupun pegunungan terdekat sebagai jalur evakuasi kamu dengan keluarga.

Setelah mengetahui pengertian tsunami dan penyebabnya, tentunya anda bisa lebih sigap jika terjadi salah satu penyebab tsunami tersebut. Terutama jika tempat tinggal anda berada di sekitar wilayah pantai. Waspadalah jika anda berada di pantai kemudian tiba tiba saja air laut surut dengan cepat, karena hal ini bisa menjadi pertanda tsunami. Semoga bermanfaat.

Baca juga: