Pengertian Virus Komputer dan Cara Mengatasinya Dengan “Mudah dan Ampuh”

Pengertian Virus Komputer dan Cara Mengatasinya Dengan “Mudah dan Ampuh”
Rate this post

Pengertian Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Sebagai pengguna computer khususnya bagi yang awam dalam mengetahui system computer tentunya Virus merupakan momok yang cukup meresahkan bahkan menakutkan. Bagaimana tidak? Karena virus computer sengaja di buat untuk merusak, mencuri data dan yang pasti akan membuat pengguna computer tersebut kelimpungan. Namun, apa sebenarnya Virus computer itu dan bagaimana cara mengatasi Virus Komputer tersebut? Saranailmu.com disini akan membagikan beberapa penjelasan mengenai Virus Komputer dan cara mengatasinya dengan mudah dan ampuh. Silahkan anda simak selengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Virus

Bisa di katakan bahwa Pengertian Virus adalah sebuah program atau software jahat yang di ciptakan untuk tujuan merusak atau mengganggu kinerja pada computer. Software jahat ini (Virus) bisa merusak berbagai isi file, bahkan banyak di antaranya ada yang merusak Sistem Operasi computer itu sendiri serta beberapa di antaranya adapula yang merusak jaringan computer yakni dengan merusak beberapa data yang ada di dalamnya. Untuk mendeteksi computer yang terinfeksi Virus memang cukup sulit, akan tetapi hal tersebut bisa dengan menggunakan Anti Virus. Umumnya beberapa pengguna akan tersadar bahwa komputernya tersebut terinjeksi Virus setelah mengalami kerusakan di System Komputer.

Cara Kerja Penyebaran Virus

Sesuai dengan di pembuatnya, namun kebanyakan Virus bisa menyebar dari satu computer ke computer lainnya baik itu melalui berbagai media seperti Flashdisk, Floppy, DVD, MMC serta melalui jaringan computer baik Online atau Offline seperti Email.

Umumnya Virus hanya dapat merusak  file tertentu saja di antaranya seperti file dengan jenis Dokumen (.doc,.pdf,.xls), Program (.exe) dan berupa gambar dengan extensi (,.jpg,.png,.gif). Untuk cara kerjanya sendiri pada saat file tersebut di klik atau di jalankan maka secara otomatis akan menyebar ke berbagai file yang jenisnya sama, sehingga banyak File yang terinjeksi virus Contoh Virus yang memiliki cara kerja seperti ini dan popular hingga sekarang adalah Virus Brontok. Sedangkan untuk penyebaran ke computer lain, ketika salah satu file yang sudah terinfeksi di computer lainnya maka akan menyebar pada computer yang menerima file tadi.

Cara Mengatasi dan Mencegah Virus Komputer

Jika melihat cara kerja dari Virus tersebut, maka sangat penting untuk menjaga computer anda agar terhindar jadi Infeksi Virus dan juga serangan Virus. Salah satu cara yang dapat mencegah Virus masuk ke computer adalah dengan Menginstall Anti Virus Update terbaru sehingga sebelum Virus tersebut merusak, kita sudah mengetahuinya dan segera mengatasinya. Untuk mengatasi Virus tersebut bisa juga dengan menggunakan Anti Virus yang sudah cukup terkenal dengan keampuhannya dan jangan lupa untuk menggunakan Anti Virus edisi Pro atau Premium dan bukan yang Free, Karena memang yang Free untuk fiturnya terbatas. Beberapa anti Virus yang banyak di gunakan dan terbukti cukup ampuh dalam mengatasi Virus adalah AVG, Kaspersky, Northon, Nod 32, Avira dan beberapa Anti virus local lainnya seperti Smadav. Pastikan juga anda selalu melakukan Update versi sehingga Anti Virus tersebut dapat mengenali berbagai Virus baru yang bisa saja menyerang computer anda.

Namun bagi anda yang tidak dapat menginstall Software Anti Virus dengan berbagai alasan, maka ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mencegah Virus masuk ke computer kita, caranya adalah sebagai berikut.

  • Jangan menggunakan Flash Disk orang lain tanpa tahu apakah datanya bersih dari Virus, karena kebanyakan Virus tersebar melalui FlashDisk.
  • Batasi mengakses Situs atau Website yang belum anda ketahui kejelasannya seperti situs yang mengandung Pornografi.
  • Pastikan bahwa software yang anda gunakan Original/Berlisensi resmi.
  • Jangan membuka File attachment dari Email yang mencurigakan atau yang tidak anda ketahui.
  • Selalu lakukan Backup secara berkala baik pada system, data maupun berbagai file penting lainnya. Karena Virus bisa merusak data tersebut dan akan menimbulkan kerugian bagi anda.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Virus Komputer dan Cara Mengatasinya, dengan membaca penjelasan di atas semoga kita dapat selalu waspada dari berbagai Virus yang dapat merusak computer. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Pengertian Virus Komputer dan Cara Mengatasinya Dengan “Mudah dan Ampuh” | saranailmu | 4.5
Shares