Urbanisasi : Pengertian, Penyebab, Tujuan, dan Dampaknya Terlengkap

Posted on
Urbanisasi : Pengertian, Penyebab, Tujuan, dan Dampaknya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian, Penyebab, Tujuan, dan Dampak Urbanisasi

Urbanisasi – fenomena yang unik dan juga sudah menjadi tradisi bagi warga di Indonesia ialah urbanisasi. Mereka akan berbondong-bondong menuju kota dengan berbagai macam tujuan. Ada yang sedang berlibur, ada yang mengunjungi saudaranya, bahkan ada pula yang sedang mencari pekerjaan sebab sudah mencapai kelulusan pendidikannya. Jadi, coba kalian bayangkan betapa banyaknya penduduk di perkotaan serta betapa cepatnya pertumbuhan penduduk tersebut terjadi. Nah, yang akan di bahas pada artikel kali ini tentang urbanisasi.

urbanisasi
urbanisasi

Pengertian Urbanisasi

Urbanisasi ialah perpindahan penduduk dari desa menuju ke kota tujuannya untuk menetap pada kurun waktu tertentu. Menurut ilmu kependudukan, urbanisasi sedikit berbeda yaitu penduduk yang tinggal di area perkotaan.
Sedangkan dalam ilmu kependudukan, perpindahan dari suatu desa menuju kota merupakan faktor yang mempengaruhi urbanisasi sendiri.

Penyebab Urbanisasi

Beberapa penyebab adanya urbanisasi diantaranya adalah :

1. Lapangan pekerjaan lebih banyak di kota dibandingkan dengan di desa

Salah satu penyebab dari adanya urbanisasi ini ialah di kota mnyediakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Sehingga masyarakat akan berbondong-bondong berpindah menuju perkotaan. Selain banyaknya perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan, dikota pun ramai dijadikan lahan mendirikan usaha.
Kebanyakan orang sukses dalam berdagang di kota menjadikan masyarakat pedesaan minat untuk mengadu nasibnya di kota. Selain itu, apapun dapat menghasilkan uang, berbeda dengan di desa yang mengedepankan asas tolong menolong dan juga gotong royong.

2. Sarana prasarana di daerah kota lebih lengkap

Penyebab kedua selain lapangan pekerjaan, dikota terdapat sarana dan prasarana lebih lengkap dibandingkan di desa. Bagi mereka yang memiliki uang banyak akan lebih memilih tinggal di kota dengan berbagai kemoderenannya dibanding di desa yang harus bersusah payah dalam melakukan kegiatan serba manual. Selain itu, untuk mendapatkan semua kebutuhan di kota lebih mudah mudah. Kebutuhan apa saja, mulai dari pendidikan, perlengkapan rumah tangga dll semuanya lebih lengkap. Dengan sarana prasarana di kota lengkap, maka kesejahteraan manusia akan semakin terjamin serta kebutuhan manusia akan lebih mudah teratasi.

3. Kehidupan di kota lebih modern

Kehidupan di kota dengan gemerlapnya dan modernisasinya menjadikan suatu hal yang sedang dicari oleh generasi zaman sekarang. Mereka pun saat di swalayan tidak usah bersusah payah menaiki tangga demi tangga sebab mereka sudah menggunakan lift/ escalator. Dikota pun kalian tidak usah bersusah payah mencuci/ menyetrika baju sebab banyak jasa laundry. Dan masih banyak lainnya kehidupan di kota yang lebih modern.

4. Pendidikan dengan kualitas jauh lebih tinggi

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Mereka membutuhkan pendidikan guna bertahan hidup dari kerasnya dunia ini. Pendidikan akan memberikan bekal bagi anak cucu kita sehingga mendapatkan pola piker yang maju. Sekolah dikota mempunyai sarana prasaran lebih lengkap, mempunya tenaga pendidik yang berkualitas dll. Sehingga tidak heran bahwa sekarang banyak anak kecil yang pandari dalam berbahas asing, bermain music dll.

Baca Juga :   Isi Perjanjian Tuntang

5. Banyak perguruan tinggi ternama

Di desa belum banyak di dirikan universitas/ sekolah tinggi dengan menyelenggarakan kuliah, jika adapun kualitanya belum baik. Dengan alasan seperti inilah maka banyak mereka berbondong-bondong ke kota untuk mendapatkan jenjang perguruan tinggi yang lebih baik.

Tujuan Urbanisasi

Beberapa orang merelakan dirinya untuk menuju ke kota pasti memiliki tujuan. Berikut ini sejumlah tujuan dari adanya urbanisasi, diantaranya :

1. Mendapatkan kesejahteraan hidup

Kesejahteraan hidup ini maknanya sangat luas, dapat dipandang dari segi ekonomi ataupun sosial budaya. Dari segi ekonomi akan meningkatkan taraf hidupnya dengan mendapatkan pekerjaan di kota. Sementara dari segi sosial budaya, seseorang akan nyaman berada di kota sebab semua fasilitasnya serba modern dan serba ada. Hal ini akan meringankan pekerjaan pada seseorang, jadi akan lebih sedikit membuang waktu jika mengerjakannya dirumah.

2. Mendapatkan kepuasan

Mendapatkan kepuasan ini berlaku bagi mereka yang mendambakan kehidupan di kota yang serba ramai, instan, gemerlap, modern dan lainnya. Sehingga hati mereka akan selalu nyaman dan senang dapat tinggal di kota.

3. Mendapatkan kesenangan

Kesenangan akan dirasakan bagi mereka yang telah mendapatkan kepuasan. Jadi, orang-orang ini akan terus merasa betah dan nyaman untuk tinggal di kota.

4. Memperoleh pelayanan baik dan lebih cepat

Dikota kita akan mendapatkan kemudahan, seperti sebuah pelayanan yang lebih baik serta cepat. Khususnya dibidang pendidikan dan kesehatan. Dikota kita akan mendapatkan lebih banyak tenaga medis serta pusat-pusat pelayanan kesehatan.

5. Memperoleh pekerjaan

Salah satu tujuan mereka melakukan urbanisasi ialah untuk memperoleh pekerjaan. Jadi alasan inilah mereka akan berpindah menuju ke kota.

6. Tidak ingin ketinggalan jaman

Rasa keinginanantahuan mereka dalam segala hal atau disebut dengan up to date maka mereka akan senang hati meninggalkan desa demi tinggal di kota. Sebab di kota mereka akan mendapatkan informasi yang tidak ketinggalan.

Dampak Urbanisasi

Dampak urbanisasi ada yang positif dan negatif. Berikut simak penjelasannya :

Dampak positif

  • Memodernisasikan masyarakat desa
  • Menambah pengetahuan masyarakat desa
  • Menjalin relasi baik antar warga daerah
  • Mengimbangi warga kota dengan warga desa
  • Mengurangi pengangguran
  • Menambah kesejahteraan masyarakat desa
  • Jumlah tenaga kerja terpenuhi
  • Menggerakkan roda ekonomi

Dampak negatif

  • Permasalahan perumahan sempit dan tidak terpenuhi persyaratan kesehatan
  • Terbentuknya subur pemukiman baru di pinggiran kota
  • Semain meningkatnya tuna karya
  • Lingkungan hidup tidak sehat menimbulkan kerawanan sosial dan kriminalitas.
  • Jumlah tenaga kerja berkurang untuk usia produktif di pedesaan
  • Banyak pengangguran di ibukota
  • Banyak menimbulkan sampah
  • Penyebab kemacetan
  • Penyebab kepadatan penduduk di daerah perkotaan

Itulah yang bisa terjadi atau yang bisa dirasakan oleh manusia jika urbanisasi dilaksanakan. Beberapa dampak positif akan baik untuk desa, namun dampak negatif di daerah perkotaan lebih banyak dirasakan daripada di desa. Semoga informasi ini akan bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga: