Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya

Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya
Rate this post

Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya

Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya – Untuk postingan kali ini, kita akan membahas mengenai kubus. Seperti yang sudah kita tahu, bahwa kubus merupakan bangun ruang yang mempunyai enam sisi dengan bentuk persegi sebanyak 12 rusuk dengan panjang dan lebar yang sama. Oleh sebab itu, kita akan membahas secara detail mengenai unsur-unrus yang terdapat pada kubus.

Unsur-unsur kubus

Yang terdapat dalam unsur-unsur kubus adalah sebagai berikut ini:

  1. Sisi Atau Bidang

Sisi dari sebuah kubus merupakan bidang yang memberikan batas pada kubus itu sendiri. Coba kamu perhatikan gambar kubus ACCD.EFGH yang ada di atas, dari gambar yang ada di atas tersebut, dapat disimpulkan bahwa kubus adalah bangun ruang dan memiliki 6 buah sisi yang semuanya memiliki bentuk persegi.

 

Berikut ini adalah sisi sisi yang terdapat pada kubus yang terletak di gambar atas:

  1. a) Sisi bawah (ABCD)
  2. b) Sisi atas (EFGH)
  3. c) Sisi depan (ABFE)
  4. d) Sisi belakang (DCGH)
  5. e) Sisi samping kiri (BCGF)
  6. f) Sisi samping kanan (ADHE)

 

  1. Rusuk

Rusuk yang terdapat pada kubus merupakan garis potong yang berada di antara dua sisi bisang pada kubus yang terlihat pada kerang yang menyusun kubus.

 

Coba perhatikan gambar yang ada di atas, kubus ABCD.EFGH mempunyai 12 rusuk, yakni; AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.

 

  1. Titik Sudut

Sementara itu titik sudut potong yang berada di antara dua atau tiga rusuk yang terletak pada gambar kubus  ABCD.EFGH di atas menunjukkan jika kubus tersebut mempunyai 8 sudut. Yakni, A, B, C, D, E, F, G dan H.

 

  1. Diagonal Bidang Atau Diagonal Sisi

Perhatikan kembali gambar kubur ABCD.EFGH yang di atas, apabila kita ingin menarik garis yang terdapat di masing-masing sudut yang berhadapan pada setiap sisi atau juga bidang maka kita akan bias melihat garis yang dapat membentik segitiga sama kaki. Garis tersebut biasa disebut dengan garis diagonal atau pun garis diagonal sisi.

 

Oada kubus ABCD.EFGH yang ada pada gambar di atas, mempunyai 12 diagona bidang dan  atau bisa juga disebut dengan diagonal sisi, yakni memiliki AF, BE, BG, FC, CH, DG, AH, DE, BD, AC, EG dan HG.

 

  1. Diagonal Ruang

Diagonal ruang merupakan garis yang menggabungkan dua titi yang letaknya saling berhadapan dan terdapat pada satu ruang.

 

Pada kubus ABCD.EFGH  yang terdapat pada gambar di atas, terdapat empat diagonal ruang yakni, BH, DF, AG, dan EC.

 

  1. Bidang Diagonal

Diagonal bidang merupakan bidang yang terbentuk dari dua garis diagonal bidang dan juga dua rusuk kubus yang letaknya sejajar.

 

Pada kubus ABCD. EFGH yang terdapat pada gambar di atas, maka bisa dilihat bahwa kubus tersebut memiliki 4 bidang diagonal, yakni  ACGE, DBFH, ABGH dan EFCD.

Baca Juga:

 

 

Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya | penulis oke | 4.5
Shares