5 Tugas Marketing Yang Wajib Diketahui Pebisnis Lengkap

Posted on
5 Tugas Marketing Yang Wajib Diketahui Pebisnis Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Tugas Marketing Yang Wajib Diketahui Pebisnis Lengkap

Tugas Marketing – Menurut istilahnya arti dari marketing adalah pemasaran. Bila dijabarkan kembali marketing adalah kegiatan dalam memasarkan hasil produksi perusahaan dengan melalui berbagai cara, supaya produk itu bisa dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. Kegiatan pemasaran saat ini memfokuskan kepada konsumen, pelayanan terhadap konsumen juga harus ditingkatkan dan itulah yang menjadi tugas seorang marketing.

Tugas Marketing Yang Wajib Diketahui Pebisnis

Seseorang yang disimpan di posisi marketing artinya adalah ia merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan. Bagian marketing juga dituntut untuk mempunyai pengetahuan yang lebih luas. Serta harus mampu menganalisa dan membuat strategi pemasaran yang khusus. Tidak semua orang punya kemampuan itu, tetapi kemampuan tersebut bisa muncul bila ada keinginan untuk belajar. Hal ini jugalah yang akan melatih diri dalam mengembangkan kemampuan, dan menjadikan diri sebagai pribadi yang kuat.

Tujuan dari kegiatan pemasaran ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dan juga keinginan dari konsumen. Hal itu membuktikan bahwa kegiatan marketing, tidak hanya fokus kepada produk yang dihasilkan saja. Tapi lebih ke pelayanan kepada para konsumen. Marketing juga menjadi kunci utama dari sebuah bisnis, dan memiliki tugas yang kompleks. Tugas marketing harus dijalankan dengan baik supaya tercipta sebuah keberhasilan bisnis.

Berikut ini beberapa tugas dari seorang marketing :

  1. Yang pertama adalah merencanakan produk. Bagian marketing tentu harus mampu untuk merencanakan produk apa saja, yang akan ditawarkan. Sebelum masuk ke produk pasar maka sebaiknya bagian dari marketing ini mengamati bagaimana keadaan pasar. Tujuannya yaitu untuk mengetahui minat masyarakat terhadap suatu jenis produk. Sehingga produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan akan laku di pasaran.
  2. Yang kedua adalah menetapkan harga. Sebelum produk tersebut dipasarkan maka cari tahu dahulu berapa kisaran harga yang laku di masyarakat. Setelah tahu harga rata-rata produk di pasaran, kemudian tentukan harga yang tepat untuk produk yang dikeluarkan oleh perusahaan nantinya. Coba untuk menetapkan harga yang sesuai atau mendekati harga rata-rata produk di pasar. Tetapi jangan memberi harga yang terlalu tinggi karena hal itu akan membuat masyarakat tidak berminat untuk menggunakan produk anda. Memberi tawaran harga yang terlalu rendah juga bukan merupakan strategi yang baik. Hal itu justru akan memberi kerugian untuk perusahaan. Berilah penawaran harga yang sesuai, tidak terlalu tinggi, dan tidak terlalu rendah.
  3. Tugas marketing yang berikutnya adalah merencanakan promosi. Tujuannya adalah supaya kegiatan promosi ini mengenalkan produk kepada masyarakat. Promosi juga bisa berupa publikasi atau pemberian bonus. Publikasi ini bisa melalui televisi, radio, atau internet sebagai media yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat. Pada umumnya konsumen akan tertarik pada bonus. Pemberian bonusnya bisa berupa diskon, souvenir, voucher, garansi, dan masih banyak lagi. Pemberian sebaiknya dibatasi waktunya. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerugian.
  4. Tugas marketing yang keempat adalah merencanakan proses distribusi. Bagian marketing juga harus mampu merencanakan proses distribusi, baik media yang digunakan, atau waktu pendistribusian. Produk harus sampai di tangan konsumen di waktu yang tepat. Konsumen akan merasa kecewa bila produk yang diinginkan ternyata tidak sesuai, karena ada masalah pendistribusian. Sehingga bagian marketing juga harus merencanakan proses pendistribusian dengan baik.
  5. Tugas marketing yang paling utama adalah pelayanan konsumen. Meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Membangun citra yang baik dengan konsumen. Menjaga hubungan baik dengan konsumen, supaya konsumen tetap memilih produk anda sebagai produk unggulan. Sesekali tanyakan bagaimana keluhan konsumen yang dirasakan. Lalu bantu konsumen mengatasi masalah mereka.
Baca Juga :   5 Jenis Perusahaan Menurut Bidang dan Lapangan Usahanya Beserta Contohnya "Lengkap"

Pelayanan seperti itu tentu akan membekas di hati konsumen. Hal ini diharap bisa membuat konsumen tetap loyal dalam menggunakan produk anda. Sehingga hal itu dapat meningkatkan penjualan serta jumlah pelanggan. Itulah yang menjadi alasan pentingnya memerhatikan kepuasan konsumen pada produk anda.

Tugas seorang marketing ini memang begitu banyak. karena perusahaan pun akan menuntut bagian marketing supaya profesional dalam menjalankan tugasnya. Marketing juga bukan merupakan profesi yang sembarangan. Karena pada setiap strategi dan tindakan yang dilakukannya harus diperhatikan dengan benar. Hal ini disebabkan karena setiap keputusan yang dimiliki oleh marketing, akan memiliki dampak yang besar bagi situasi dan keadaan bisnis anda.

Itulah penjelasan mengenai tugas marketing dalam memasarkan sebuah produk, agar produk bisa laku di pasaran. Semoga informasi ini memberi manfaat bagi anda, dan dalam memasarkan sebuah produk.

Baca Juga :