3 Pengertian Internet dan Intranet Serta Fungsinya Lengkap

3 Pengertian Internet dan Intranet Serta Fungsinya Lengkap
Rate this post

3 Pengertian Internet dan Intranet Beserta Perbedaan dan Fungsinya

Pengertian Internet dan Intranet Beserta Fungsinya – Saat ini Internet bukan lagi suatu hal yang hanya bisa di miliki beberapa orang saja, yang mana kini anda bisa dengan bebas menggunakan layanan internet baik pada Smartphone, Laptop, PC atau Tablet. Dengan adanya Internet semua keperluan Informasi semakin mudah di dapatkan, apalagi dengan adanya dukungan peramban atau browser dengan menyediakan fitur terbaik agar pengguna dapat lebih cepat mendapatkan berbagai Informasi yang di butuhkan.

Bagaimana dengan Intranet? Mungkin, sebagian dari anda belum pernah mendengarnya atau beberapa dari anda pernah mendengarnya namun tidak tahu apa yang di maksud dengan Intranet, baik dari segi pengertiannya serta fungsinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan anda simak uraian lengkap mengenai Pengertian Internet dan Intranet berikut ini.

#1. Pengertian internet

Internet memiliki kepanjangan yakni “interconnected networking” yang berarti berbagai jaringan Komputer saling terhubung atau terkoneksi dari satu computer dengan computer lainnya, yang membentuk suatu jaringan computer yang sangat luas di seluruh dunia, sehingga pada setiap computer di jaringan tersebut bisa salung berkomunikasi, saling tukar Informasi, berinteraksi dan saling tukar data.

Sedangkan untuk Definisi dari Internet (interconnection-networking) adalah ialah berupa suatu jaringan computer yang sangat besar ukurannya, saling terhubung dari berbagai jaringan computer yang menghubungkan pada setiap pengguna computer yang ada di seluruh dunia dengan berbagai media koneksi baik itu dari jaringan telepon, satelit atau dari system komunikasi lainnya.

Dengan jutaan computer yang saling terhubung bersama di seluruh dunia terbentuklah Internet, yang mana internet bisa di artikan sebagai jembatan bagi yang membutuhkan berbagai Informasi baik itu berupa gambar, Audio, Video, teks dan lainnya agar bisa saling mengirim dan menerima bersama-sama. Dengan penjelasan di atas maka kesimpulannya dari Fungsi internet adalah suatu media komunikasi serta sebagai media Informasi yang berguna agar bisa saling tukar menukar data atau Informasi.

#2. Pengertian intranet

Berbeda dengan Internet, dimana Intranet adalah suatu jaringan computer yang saling terhubung atau terkoneksi yang hanya di gunakan oleh system organisasi atau lembaga tertentu. Sedangkan untuk Definisi Intranet yakni berupa jaringan computer berbasis protokol TCP/IP, seperti halnya jaringan internet hanya saja yang membedakan dari segi penggunaannya yang dibatasi atau dengan kata lain sengaja tertutup, sehingga tidak semua pengguna computer bisa dengan mudah mengakses jaringan Intranet tersebut dan juga hanya beberapa pengguna tertentu saja yang dapat masuk atau mengakses untuk bisa menggunakan jaringan intranet.

Jadi, dapat di simpulkan bahwasanya Intranet memiliki fungsi sebagai yang mengkomunikasikan atau menghubungkan satu pengguna dengan yang lainnya, sama persis dengan Internet namun untuk layanan aksesnya saja terbatas, tidak luas seperti Internet.

#3. Perbedaan Antara Internet dan Intranet

Untuk anda yang ingin tahu mengenai perbedaan antara Internet dan Intranet, selengkapnya dapat anda simak sebagai berikut.

Jaringan internet

  • Sifatnya luas dan terbuka, sehingga siapa saja dapat mengaksesnya dengan syarat harus terhubung dengan jaringan Internet tersebut.
  • Jangkauan yang sangat luas dan tidak ada batas, sehingga setiap pengguna bisa menjangkau hingga ke belahan dunia manapun tanpa ada batasan.

Jaringan intranet

  • Bersifat tertutup, sehingga hanya beberapa pengguna saja yang bisa mengaksesnya dan hanya beberapa saja dengan syarat memiliki izin terhadap jaringan intranet tersebut.
  • Jangkuan cukup luas namun terbatas, sehingga hanya dapat di jangkau di beberapa area tertentu dan di butuhkan untuk jaringan intranet saja.

Bagaimana, apakah sekarang anda sudah mengerti mengenai Pengertian Internet dan Intranet? Dengan penjelasan yang singkat di atas berharap anda bisa dengan mudah mengerti dengan apa yang telah di sampaikan. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

3 Pengertian Internet dan Intranet Serta Fungsinya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares