Telnet : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Kerjanya Terlengkap

Posted on

Telnet : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Kerjanya Terlengkap

Telnet adalah – kepanjangan dari Telecommunications network protocol, yakni remote login yang dialami pada jaringan internet sebab adanya service dari protocol telnet. Dengan adanya telnet ii maka bisa memungkinkan pemakai bisa mengakses computer lain dengan remote lewat jaringan internet.

Pengertian Telnet

Penjelasan lainnya mengenai telnet adalah sebuah protocol yang mampu membuat pemakainya bisa login dan juga bekerja dengan system jarak jauh. Misalnya seperti bila ada progam ataupun file yang telah tersimpan di computer jarak jauh itu dan ada di computer pemakai tersebut sendiri. Secara singkatnya telnet ialah sebuah perangkat lunak atau software yang dipakai guna menjalankan control jarak jauh dalam system computer.

Telnet dipakai guna menjalankan login menuju ke computer lainnya yang terdapat di jaringan internet serta untuk menjalankan sebuah akses pelayanan umum, termasuk pula di berbagai macam database. Pemakainnya ini hanya bisa duduk di depan computer yang telah terhubung dengan jaringan internet. Dalam arti lain bisa terkoneksi dengan computer lainnya pada satu gedung, satu ruang atau hingga di computer seluruh penjuru di dunia.

Sesudah terhubung muapun terkoneksi, maka input yang diberikan kepada keyboard bisa secara langsung mengontrol menuju ke computer tadi, sehingga bisa diakses pelayanan apapun yang sudah disediakan pada remote machine serta hasilnya pun akan Nampak di terminal local.

Dengan kita menggunakan telnet, maka pemakai pun bisa mengakses beragam layanan misalnya seperti untuk melihat catalog di perpustakaa dan juga masih banyak lagi layanan yang lain.
Untuk pemakainya telnet ini menggunakan 2 (dua) program yakni client dan server. Pada progam client dipakai guna meminta layanan dalam server, sementara untuk progam yang ada dalam server ini akan memberikan sebuah layanan yang telah diminta client.

Fungsi Utama Telnet

Secara singkatnya, fungsi utama dari telnet ini adalah agar bisa mengakses computer dengan jarak jauh. Sebab, telnet ini bisa memungkinkan computer pemakainya menjadi terminal dari computer yang lain pada jaringan internet. Dan juga telnet ini dapat memungkinkan pemakainya bisa menjalankan login sebagai pengguna computer jarak jauh serta melakukan sebuah progam computer layanan yang ada di computer itu. Nah, itu tadi merupakan fungsi utama pada telnet.

Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Telenet

  1. Kelebihan telnet (Telecommunications network protocol)
    Adapun kelebihan dari pemakaian telnet server ini adaah user interface yang lumayan ramah, ini artinya pengguna bisa memberikan sebuah perintah dengan jarak jauh (remote) sehingga seolah olah penggunaanya ini mengeksekusi perintah dari command line dalam computer.
  2. Kekurangan telnet (Telecommunications network protocol)
    Kalau terdapat kelebihan sudah tentu ada pula kekurangannya, nah untuk kekurangan dari telnet ini ialah pengguna NTLM (authentication) yang tidak ada enkripsi jadi bisa memudahkan pencurian pada password yang dijalankan oleh sniffers. Apabila kita admintratorkan pada system maka disarankan untuk memakai SSH pada linux dibandingkan dengan telnet server guna mengkonfigurasikan system kita.
Baca Juga :   RAM Komputer : Pengertian dan Fungsi dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Cara Kerja Telnet

Telnet ini memberikan pula akses secara lagsung di berbagai macam layanan yang ada di internet. Computer maupun perangkat kalian menjadi host memang sudah menyediakan beberapa layanan, akan tetapi apabila terdapat layanan yang lain yang tdak tersedia, maka kalian tetap saja bisa menggunaannya melalui bantuan TN ini.

Teknologi tersebut akan menggunakan 2 jenis suatu progam, yakni server dan client. Lantas bagaimanakah alur cara kerjanya? Nah, disini aka nada 2 progam yang bisa berjalan. Kedua progam ini adalah sebuah software client yang akan bekerja keras di computer. Komputernya adalah pihak yang akan meminta sebuah layanan. Sedangkan itu, softaware server tersebut pun artinya pihak yang bisa menghasilkan layanannya. Untuk lebih mudah dalam memahami cara kerjanya ini, makasilahkan pelajari berikut ini!

Jadi, jika diperincikan akan seperti berikut ini tugas yang bisa dijalankan oleh client, diantaranya :

  1. Client dapat menghubungkan maupun membuat network antara server yang ada dengan TCP (transfer control protocol)
  2. Client tersebut lalu akan memperoleh inputnya dari pihak penggunanya
  3. Client tersebut lalu menjalankan format ulang input dari user itu kemudian bisa mengubahnya kedalam bentuk format standar. Nah, barulah sesudahnya menjalankan pengiriman diservernya
  4. Client tersbeut akan memperoleh dari server mengguanakan format yang masih standar
  5. Clien akan megubah format output guna ditampilkan sebuah dilayar

Sedangkan itu, berikut ini tugas tugas yang nantinya akan dijalankan server, diantaranya :

  1. Server akan memberikan informasi pada software jaringan, bahwasannya computer pemakai telah siap untuk disambungkan dengan internet
  2. Server tersebut kemudian akan menunggu permintaan dalam suatu bentuk format standar
  3. Server tersebut lalu akan mengerjakan permintaan yang telah disampaikan tersebut
  4. Server tersebut akan mengirimkan balik dari hasil tersbeut ke client dengan bentuk format standar
  5. Server akan menunggu sebuah permintaan lain yang nantinya akan terkirim pada saat proses remote

Itulah gambaran singkat tentang telnet beserta cara kerjanya. Jadi, telnet adalah ptotokol yang dipakai untuk berkomunikasi dalam jaringan, sesudah kita menjalankan instalasi, konfigurasi serta stimulasi keamanan telnet maka kita bisa melihat bahwa telnet termasuk protocol yang tidak aman bila dipakai untuk media berkomunikasi di jaringan. Kenapa? Sebab data yang melalui protocol telnet ini tidak terenkripsi/ tidak di samarkan, jadi memudahkan hacker dalam mengambil data yang melalui protocol telnet. Semoga bermanfaat.

Baca juga: