Teks Tantangan : Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya Terlengkap

Posted on
Teks Tantangan : Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Teks Tantangan : Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya Terlengkap

Contoh teks tantangan – Teks tantangan bisa dikatakan menjadi teks yang sifatnya kontra atau melawan. Teks tantangan adalah suatu teks yang memberikan sebuah informasi mengenai bantahan atau penolakan pada suatu hal/ keadaan atau peristiwa yang sifatnya kontroversial.

Peristiwa atau hal tersebut, pastinya sedang berkembang di masyarakat. Bantahan tersebut lengkap dengan argumen dan data – data yang dibutuhkan untuk memberikan penguatan terhadap bantahan tersebut. Contoh Teks tantangan bisa dijumpai dalam kegiatan debat.

Pendapat lainnya ialah bahwa teks tantangan isinya mengenai bantahan ataupun bantahan atau juga sanggahan terhadap peristiwa yang sifatnya kontroversial. Jadi, peristiwa ini tidak biasa, akan tetapi sebuah peristiwa cukup memberikan dampak signifikan dalam kehidupan masyarakat. Peristiwa tersebut bisa berupa peristiwa yang telah berkembang ataupun peristiwa yang sudah terjadi, namun tidak ada kejelasan atau penyelesaiannya.

Selanjutnya, pendapat lain juga menyatakan bahwa teks tantangan membuat sebuah bantahan terhadap peristiwa sosial ataupun terhadap konflik sosial dan disertai bukti yang valid guna membantah argumen yang tidak benar.
Kemunculan teks tantangan, secara umum terjadi pada waktu terdapat ketidaksesuaian antara kenyataan terhadap hal yang diberitakan. Ada pihak yang tak setuju, lalu melakukan sebuah perdebatan guna memberikan sanggahan.
Selain dengan debat, pihak yang tak setuju bisat membuat suatu selebaran pengakuan mengenai suatu peristiwa yang telah dibicarakan yang sesuai berdasarkan topik di teks tantangan.

Bantahan tersebut ini menunjukkan ketidaksetujuan dari seseorang tentang topik yang sedang dibahas. Penggunaan bukti dan juga data menjadi bagian terpenting dalam teks tantangan. Sebab bisa dipakai untuk mempertahankan sebuah argumentasinya dan bisa dipertimbangkan pendapatnya.
Berdasarkan penjelasan yang ada di atas sudah bisa dimengertikan, bahwa teks tantangan merupakan penolakan atau bantahan dari suatu kondisi. Jika teks tantangan ini sebagai bantahan, lalu apa sajakah struktur dalam teks tantangan? Bagaimana kabahasan dari teks tantangan ini? Serta seperti apa contoh teks tantangan tersebut?. Maka simaklah penjelasan selanjutnya berikut.

Struktur Teks Tantangan

Terdapat tiga pokok hal dalam struktur teks tantangan. Hal tersebut yakni:

  1. Merupakan bagian dalam teks tantangan yang isinya tentang topik yang akan dibantah. Secara umum, topik yang dibicarakan adalah isu yang sedang berkembang. Topik ini sebagai bagian penting dari teks tantangan, karena topik itu nantinya akan dicarikan sebuah bukti yang valid guna memperkuat argumen.
  2. Merupakan bagian dalam teks tantangan yang isinya mengenai alasan atau bukti – bukti. Bukti tersebut mempunyai fungsi untuk memberikan sebuah dukungan terhadap bantahan atas topik yang sedang dibicarakan. Bukti ditunjukkan dalam teks tantangan dengan sifat valid. Valid artinya bisa dipercaya sumbernya.
  3. Merupakan bagian atas teks tantangan yang isinya tentang pernyataan. Pernyataan tersebut dimaksudkan guna menegaskan suatu bantahan.
Baca Juga :   Ciri-ciri Puisi Terlengkap (Ciri-Ciri Puisi Lama Dan Ciri-Ciri Puisi Kontemporer)

Kebahasaan Teks Tantangan

Terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh kebahasaan di teks tantangan. Hal – hal tersebut, yaitu:

a. Kata rujukan

Merupakan suatu kata dengan memberikan informasi. Informasi tersebut memberikan rujukan yang di ambil.

b. Pilihan kata

Gagasan atau ide ini disampaikan dalam teks tantangan, harus menggunakan kata – kata yang baik.

c. Kata hubung

Merupakan bagian dalam kebahasaan teks tantangan yang fungsinya untuk menghubungkan kata dalam teks.

d. Kalimat yang dipakai, yaitu kalimat kompleks

Merupakan suatu kalimat dengan memiliki struktur yang lebih dari satu. Bukan hanya dari strukturnya saja lebih dari satu, bahkan verba ini juga memakai lebih dari satu.

Penjabaran di atas menunjukkan kaidah kebahasaan yang di muat dalam teks tantangan. Menuliskan teks tantangan, ini perlu memperhatikan dari kaidah kebahasaan yang akan dipakai. Tujuannya supaya bahasa yang dituliskan ini baik dan jelas.

Contoh Teks Tantangan

Seperti yang kita tahu bahwa teks tantangan ini terkandung informasi bantahan pada suatu hal yang sedang jadi perdebatan di dalam masyarakat dengan ciri-ciri 3 struktur yakni: Pengantar (Isu), Argumen (menentang), serta Simpulan (Saran).

Sebuah teks tantangan ini harus dilengkapi data dan argumen sehingga dapat memperkuat bantahan tersebut. Berikut ini ada salah satu contoh dalam teks tantangan yang akan bisa membantu kalian dalam lebih memahami teks tersebut.

Contoh Teks Tantangan mengenai Sampah

a. Judul : Sampah Sungai Ciliwung

b. Pengantar :

Tak pernah mengira bahwa sebelumnya dalam kurun waktu ±100 tahun saja sungai-sungai di Jakarta telah mengalami penurunan kualitas paling besar. Pada abad ke-19, air sungai di Jakarta masih jernih sehingga bisa dipakai untuk mandi, mencuci pakaian, serta minum.

c. Argumen :

Di jaman sekarang karena semakin banyaknya arus urbanisasi ke Jakarta, keadaan sebagian sungai di jakarta yakni Ciliwung semakin amburadul. Banyaknya pemukiman yang kumuh di Jakarta menjadikan Ciliwung berubah fungsi sebagai tempat pembuangan sampah serta tinja terpanjang di dunia.

d. Simpulan :

Sehingga dapat kita lihat sekarang betapa mirisnya keadaan Ciliwung, karena tingkah laku dari manusia yang sesukanya sendiri membuang sampah secara sembarangan. Bisakah kita meningkatkan sebuah kesadaran khususnya dalam hal membuang sampah? Sebaiknya kita bisa, kita tunggu saja dan semoga kedepan sungai Ciliwung ini bisa bebas dari sampah.

Sudah pahamkan mengenai pembahasan tentang contoh teks tantangan. Ternyata teks tantangan tersebut mempunyai sejumlah struktur yang memang harus diperhatikan dan bentuk kebahasaannya.

Dalam mempelajari mengenai teks tantangan ini tidaklah lengkap rasanya, jika tidak mengetahui contoh dari teks tantangan. Nah, diatas juga sudah diberikan salah satu contohnya teks tantangan. Silahkan kalian perhatikan secara baik. Sesudah mempelajari teks dari tantangan juga pelajarilah Metode Pidato guna meningkatkan kemampuan verbalmu. Selamat belajar.

Baca juga: