Teks Tanggapan Kritis: Pengertian, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Contoh Beserta Strukturnya

Posted on
Teks Tanggapan Kritis: Pengertian, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Contoh Beserta Strukturnya
4.8 (96%) 5 votes

Teks tanggapan kritis adalah sebuah bacaan berisi terkait gagasan/ide/pendapat yang disampaikan oleh individual mengenai sebuah persoalan yang dihadapi. Masalah tersebut hadir karena ada perbedaan dalam hal harapan maupun kenyataan. Selanjutnya pihak individu akan mengkritik persoalan itu sesuai fakta, data dan alasan yang dapat meyakinkan orang lain yang berkaitan dengan pendapat yang disampaikan tadi.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Sedangkan pengertian dari teks tanggapan kritis lainnya ialah, sebuah teks yang berhubungan dengan kritikan pedas untuk sebuah kesalahan. Teks tersebut juga dapat digunakan pada suatu forum, yang mana kita akan dituntut dalam menganalisis pendapat serta menerima seluruh kritikan dari orang lain yang beda pendapat dengan pendapat kita.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Didalam teks tanggapan kritis terdapat cirri cirri yang harus ada didalamnya seperti:

  • Suatu tanggapan yang disampaikan pada sebuah bacaan yang berkaitan dengan kejadian ataupun fenomena yang terjadi dalam lingkungan sekitarnya.
  • Sebuah tanggapan yang diberikan oleh penulis yang berisi terkait suatu fakta dan juga alasan. Tujuan dari teks tanggapan kritis ialah untuk memberi penguatan terhadap pendapat yang disampaikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Didalam teks tanggapan kritis terdapat kaidah kebahasaan diantaranya:

  1. Dalam teks tanggapan kritis menggunakan kalimat yang sifatnya kompleks. Artinya pada kalimat tersebut terdiri atas 2 verba serta 2 stuktur.
  2. Didalamnya menggunakan konjungsi atau disebut dengan penghubung. Funsgi konjungsi sendiri ialah untuk menghubungkan antarkalimat ataupun antar kata pada teks tanggapan kritis ini.
  3. Menggunakan pilihan kata. Fungsi pilihan kata disini adalah untuk memilih kata paling tepat yang digunakan pada teks tanggapan kritis.
  4. Memakai rujukan. Disini, rujukan berfungsi memberi penguatan pada pendapat ataupun argumen yang disampaikan oleh penulis, karena teks tanggapan kritis memerlukan bukti dalam penulisannya.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Selain cirri cirri yang harus ada, pada teks tanggapan kritis juga terdapat struktur diantaranya:

1. Evaluasi

Pada bagian evaluasi berisi pernyataan-pernyataan umum yang berkaitan pada permasalahan yang sudah disampaikan oleh penulis. Evaluasi juga termasuk bagian awal pada teks tanggapan kritis.

Baca Juga :   Macam-Macam Puisi Beserta Contohnya "macam-macam puisi lama dan puisi baru"

2. Deskripsi teks

Selanjutnya ada deskripsi teks yang berisi tentang informasi. Sedangkan informasi tersebut berhubungan dengan alasan yang akan digunakan guna mendukung pernyataan atau menolak sebuah pernyataan. Pada bagian deskripsi teks juga termasuk bagian tengah teks tanggapan kritis ini.

3. Penegasan ulang

Selanjutnya ada penegasan ulang yang merupakan bagian didalamnya berisi terkait penegasan ulang pada suatu hal yang sudah diputuskan ataupun sesuatu yang sudah dilakukan seorang individu pada teks tanggapan kritis ini.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Kebakaran Hutan dan Kebun Sawit

1. Evaluasi

Kebun kelapa sawit memang sangat menjanjikan sebagai sumber keuangan negara atau pemasukan devisa dalam bidang ekspor untuk minyak kelapa sawit. Namun apakah efek yang muncul sebanding dengan Indonesia maupun Lingkungannya? Dibutuhkan peraturan khusus supaya bisa tercipta keuntungan antar kedua belah pihak.

2. Deskripsi Teks

Adanya kebakaran hutan termasuk fenomena yang tak dapat dihindari saat musim kemarau datang, khususnya di pulau Sumatera maupun Kalimantan.

Tak hanya itu saja, karena bisa menimbulkan bencana kabut asap sehingga bisa sampai mengganggu dinegara lain. Efek dari pencemaran serta kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kebakaran hutan tentu tak dapat dihitung seberapa besar kerugiannya.

Tapi disisi lain, perluasan kelapa sawit bisa memperluas lapangan pekerjaan. Namun keduanya tak dapat berjalan secara berkesinambungan serta menciptakan keuntungan antara kedua pihak.

Adanya penyelidikan terkait salah satu faktor dari kebakaran hutan ialah membakar lahan dengan langsung dari pemilik perusahaan sawit yang bertujuan pembukaan lahan baru untuk kebun kelapa sawit.
Dengan begitu, peran pemerintah dipertanyakan berbagai pihak hingga dunia Internasional, tentang kebijakan pemerintah untuk usaha perkebunan sawit serta eksplorasi hutan yang ada di Indonesia.

3. Penegasan Ulang

Dibutuhkannya peran pihak pemerintah guna membuat suatu kebijakan yang dapat memberi keuntungan untuk kedua pihak dan tak menyebabkan kerugian baik bagi penduduk maupun alam.

Sikap tegas serta kebijakan yang sesuai pada pelaku kejahatan serta kerusakan hutan dan pembuatan aturan maupun ranah kerja yang sangat jelas untuk pengusaha perkebunan sawit agar semua dapat berjalan seimbang dan tetap berkesinambungan.

Itulah pembahasan tengan teks tanggapan kritis dan penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat.