Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contohnya Lengkap

Posted on
Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Struktur teks prosedur ialah teks yang isinya tentang langkah-langkah ataupun tahap-tahap dalam melakukan suatu hal dari mulai melakukan kegiatan tertentu atau membuat hal tertentu yang di sajikan dengan berurutan. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana sebenarnya struktur teks prosedur.

Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contoh Teks Prosedur

Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki tujuan tertentu yang harus dicapai. Tujuan utama dari teks prosedur adalah membantu pembacanya atau pendengar untuk memahami tentang bagaimana cara melakukan ataupun membuat sesuatu secara tepat. Bisa di katakana juga tujuan ditulisnya teks prosedur ialah guna memperoleh hasil akhir yang baik.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Didalam teks prosedur juga memiliki cirri cirri diantaranya:

  • Didalamnya menggunakan pola kalimat perintah atau kalimat imperative.
  • Memakai kata kerja aktif
  • Memakai konjungsi/ kata penghubung dalam mengurutkan kegiatan ataupun cara.
  • Memakai kata keterangan dalam menyatakan cara, waktu dan tempat secara akurat.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam pembuatan teks prosesdur memiliki 3 struktur penting yang harus ada diantaranya:

1. Bagian Tujuan

Pada bagian tujuan teks prosedur ini dapat berisi tentang tujuan pembuatan teks prosedur atau hasil akhir yang hendak dicapai bila sudah melakukan beberapa tahapan dalam teks prosedur itu.

2. Bagian Material

Selanjutnya ada pada bagian material dari teks prosedur yang isinya terkait bahan, alat, ataupun material yang diperlukan. Namun tak semua teks prosedur ada bagian satu ini. Umumnya pemakaian bagian material ada dalam teks prosedur yang membahas tentang pembuatan tertentu seperti pembuatan resep makanan ataupun lainnya.

3. Bagian Langkah-Langkah

Yang ketiga ada bagian langkah langkah yang isinya tentang langkah langkah yang perlu di lalui agar memperoleh hasil yang sesuai terhadap tujuan dari teks prosedur. Di bagian ini, setiap tahapnya juga harus dilakukan secara urut tidak boleh dilakukan secara acak.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sama halnya dengan jenis teks lainnya, pada teks prosedur juga mempunyai kaidah kebahasaan tersendiri. Kaidah kebahasaan yang dimaksud diantaranya:

a. Konjungsi temporal

didalam teks prosedur juga banyak ditemukan adanya kata konjungsi temporal ataupun kata penghubung menyatakan waktu kegiatan dan bersifat kronologis contohnya seperti kata penghubung selanjutnya, berikutnya, lalu, kemudian, serta setelah itu.

b. Kata kerja imperatif

Pada teks prosedur juga banyak ditemukan adanya kalimat imperatif ataupun kalimat perintah serta larangan yang perlu ditaati untuk pelaksanaan hal yang di tulis pada teks prosedur.

c. Verba material dan tingkah laku

Yang dimaksud verba material ialah sesuatu yang focus pada tindakan fisik misalnya memotong wortel, menghaluskan bumbu maupun lainnya. Sementara verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan menggunakan suatu ungkapan.

d. Partisipan manusia

Pada partisipan manusia ini, hanya manusia yang menjalankan dalam acuan teks prosedur yang ditulis.
– Ada bilangan sebagai penanda dan urutan teks prosedur.
– Ada kalimat introgatif ataupun kalimat yang berisi pertanyaan.
– Ada kalimat deklaratif ataupun kalimat yang berisi pernyataan.

Baca Juga :   Ciri-ciri Puisi Terlengkap (Ciri-Ciri Puisi Lama Dan Ciri-Ciri Puisi Kontemporer)

Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur

Ada 3 jenis kalimat yang terdapat dalam teks prosedur diantaranya:

1. Kalimat Imperatif

Yang pertama adalah kalimat Imperatif. Dalam kalimat ini berisikan perintah yang berfungsi meminta dan juga melarang agar seseorang tidak melakukan hal tersebut.

2. Kalimat Deklaratif

Selanjutnya ada Kalimat Deklaratif yakni kalimat yang berisikan tentang pernyataan dan kalimat ini berfungsi guna memberi informasi ataupun berita tentang sesuatu.

3. Kalimat Interogatif

Yang ketiga ada Kalimat Interogatif yang merupakan sebuah kalimat yang berisikan tentang pertanyaan dan berguna untuk meminta informasi terkait sesuatu hal.

Macam-Macam Teks Prosedur Dan Contohnya

Ada beberapa jenis teks prosedur diantaranya teks prosedur sederhana, teks protocol dan teks prosedur kompleks.

1. Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks yang pertama adalah teks prosedur sederhana yakni teks yang Cuma menyajikan prosedur dan Cuma ditempuh dengan 2 atau hanya 3 langkah saja. Contoh dari prosedur teks sederhana ialah cara menggunakan setrika listrik, kemudian cara mematikan televisi, maupun cara mengirim pesan lewat handphone.

Dalam teks prosedur tersebut terdapat langkah awal sebagai syarat langkah berikutnya. Sehingga 2-3 langkah sederhana itu tak dapat berubah urutan.

2. Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur yang kedua adalah teks protocol. Yakni jenis teks prosedur dengan langkah kerjanya tak terlalu ketat ataupun langkah kerjanya bisa dirubah. Sehingga langkah langkahnya tak harus dilakukan dengan urut sebab tak saling berkaitan. Walaupun urutannya dirubah, tapi tujuannya tetap harus terpenuhi dengan baik. Dibawah ini ada contoh dari prosedur protocol.

Cara Memasak Mie Instan : Yang pertama, didihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan mie instan didalam air tersebut. Kemudian, masukkan di wadah beda bumbu mie instan. Setelah mie instan matang, tuangkan didalam wadah yang berisikan bumbu mie tersebut. Kemudian aduk dan hidangkan selagi hangat.

3. Teks Prosedur Kompleks

Yang ketiga ada teks Prosedur Kompleks. Yakni teks prosedur yang didalamnya terdapat banyak sekali langkah langkahnya dan berjenjang dengan ada pula sublangkah disetiap langkahnya. Berikut ini contoh teks prosedur kompleks.

Cara Mematikan Komputer : Berikut ini ada dua cara mematikan computer secara benar. Cara pertama adalah cara mematikan computer yang menggunakan system operasi windows XP, windows 7 dan Vista. Kemudian untuk cara yang kedua adalah cara mematikan komputer pada windows 8. Langsung saja simak langkahnya dibawah ini.

Cara Mematikan Komputer Windows XP, Vista, Dan Windows 7 Secara Benar:

  • Langkah pertama klik menu “START” di pojok kiri bagian bawah monitor.
  • Kemudian klik “shutdown”.
  • Setelah itu klik “OK”.
  • Tunggulah sampai computer mati.
  • Sesudah computer mati, anda harus matikan stabilizer. Yakni tekan tombol power dan cabut kabel listrik guna memutuskan arus.
  • Nah computer anda sudah berhasil dimatikan.

Yang Kedua Adalah Cara Mematikan Komputer Beroperasi Windows 8 Secara Benar:

  • Langkah pertama arahkan cursor ke arah pojok kanan bawah.
  • Kemudian pilih, dan klik setting.
  • Tekan ikon power, kemudian klik shutdown.
  • Tunggulah sampai komputer benar-benar mati.
  • Kemudian matikan stabilier lalu cabut kabel untuk memutuskan arus listrik.
  • Nah, computer sudah berhasil di matikan dengan benar.

Itulah pembahasan terkait struktur teks prosedur dan pengertian, tujuan, ciri, kaidah kebahasaan, jenis dan contoh dari teks prosedur terlengkap“. Semoga bermanfaat.