Teks Eksplanasi : Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya Terlengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi – ada banyak sekali jenis teks yang kadang kita baca dalam sehari-hari, salah satunya ialah teks eksplanasi. Misalnya saja buku bacaan sekolah, kadang termasuk sebagai teks eksplanasi yang kayak akan informasi. lantas bagaimanakan caranya membedakan jenis teks eksplanasi ini dengan jenis teks lainnya? Nah, berikut ini akan dibahas mengenai teks eksplanasi, yuk simak lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Teks Ekplanasi

Teks eksplanasi ialah teks yang menjelaskan mengenai proses atau tahapan ‘kenapa’ dan ‘bagaimana’ fenomena maupun peristiwa tersbeut terjadi yang berhubungan dengan alam, ilmiah, sosial dan juga budaya.
Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa teks ekplanasi ialah bentuk paragraf atau teks yang berisi penjelasan informasi tentang proses terjadinya suatu fenomena, baik fenomena alam, kehidupan sosia, ilmu pengetahuan dan budaya. Jenis teks ini kerap sekali ditemui dalam beberapa buku sains geografi dan juga sejarah.

Dalam setiap peristiwa di sekitar kita pastinya terdapat proses yang berkaitan dengan sebab-akibat dengan kejadian lainnya. Pada dasarnya, teks eksplanasi ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai ‘kenapa’ dan ‘bagaimana’ sebuah fenomena maupun peristiwa tersebut terjadi. Misalnya saja artikel mengenai dambak dari global warming, sebuah peristiwa meletusnya gunung berapi, dan masih banyak lagi lainnya contoh dari teks eksplanasi.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai karakteristik tertentu sebagai pembeda dengan jenis teks yang lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks eksplanasi antara lain :

  1. Informasi semua yang disampaikan dalam teks ialah didasarkan pada fakta (faktual) yang tidak terdapat tambahan dari opini si penulis.
  2. Didalamnya dibahas mengenai topic suatu fenomena yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maupun sifatnya ilmiah.
  3. Jenis teks ini sifatnya informative serta tidak berusaha guna mempengaruhi pembaca agar mempercayai beberapa hal yang dibahas.
  4. Struktur dari teksnya terdiri atas 3 jenis, diantaranya : pernyataan umum, deretan dari penjelasan maupun sebab-akibat, serta interpretasi.
  5. Penjelasan dalam teks ini memakai sequence markers, misalnya: pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.

Struktur Teks Ekplanasi

Berikut ini struktur dari teks eksplanasi, antara lain :

  1. Pernyataan umum
    Isinya mengenai penjelasan secara umum suatu fenomena yang akan dibahas, jadi dapat berbentuk pengenalan dari fenomena tersebut dan penjelasannya. Penjelasan yang umum dituliskan dalam teks ini berbentuk ilustrasi mengenai peristiwa, mengapa peristiwa tersbut terjadi, dan bagaimana proses dari peristiwa tersebut dapat terjadi.
  2. Deretan penjelas
    Isinya mengenai penjelasan dari proses mengapa/ kenapa peristiwa tersebut dapat terjadi maupun tercipta serta dapat pula terdiri atas satu paragraf. Deretan penjelas ini mendeskripsikan serta merincikan sebab dan akibat dari sebuah peristiwa.
  3. Interpretasi (opsional)
    Teks penutup yang sifatnya pilihan dan tidak menjadi keharusan. Teks penutup ini maksudnya ialah teks yang menjadi intisari maupun kesimpulan dari sebuah pernyataan umum serta deretan penjelas. Opsionalnya bisa berbentuk tanggapan ataupun mengambil kesimpulan dari pernyataan yang terdapat dalam teks tersebut.
Baca Juga :   Gurindam : Pengertian, Ciri Ciri, Jenis beserta Contohnya Terlengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai unsur kebahasaan yang uni serta berbeda dari jenis teks yang lainnya. Adapun sejumlah kaidah dari teks kebahasaan teks eksplanasi ialah sebagai berikut :

  1. Pembahasan dari topic lebih cenderung atau fokus pada hal-hal yang sifatnya umum (generic), jadi bukan partisipan manusia. Misalnya seperti: gunung meletus, gempa bumi, tsunami, badai serta masih banyak lagi.
  2. Pada penulisan teks harus memakai istilah-istilah yang berilmiah.
  3. Pada penulisan teks harus memakai kalimat pasif.
  4. Penulisannya lebih sering mengguanakan verba material serta verba relasional atau kata kerja aktif.
  5. Penulisannya lebih banyak memakai konjungsi kausal maupun waktu. Misalnya seperti: sebelum, jika, pertama, sehingga, kemudian.
  6. Penulisan teks eksplanasi tujuannya guna menjustifikasi bahwa sesuatu yang telah dijelaskan dengan kausal tersebut benar nyata adanya.

Jenis Jenis Teks Eksplanasi

Berdasarkan pendapat dari NWS yakni Departement school and education tahun 2012, ada 4 jenis teks eksplanasi. Berikut ini diantaranya :

  1. Eksplanasi sequential, adalah jenis eksplanasi yang penjelasannya berupa rincian tahapan dari suatu fenomena. Seperti, urutan dari siklus kehidupan rantai makanan.
  2. Eksplanasi kausal, adalah jenis eksplanasi yang penjelasannya tentang asal muasal maupun penyebab dari terjadinya perubahan dari suatu hal dengan bertahap. Seperti, proses terjadinya bencana tanah longsor.
  3. Eksplanasi teoritis, adalah jensi eksplanasi yang penjelasannya berisi spekulasi kemungkinan yang dapat terjadi di bali sebuah fenomena alam. Seperti, letusan gunung berapi yang memicu terjaidnya bencana alam dasyat lainnya.
  4. Eksplanasi factorial, adalah jenis eksplanasi yang penjelasannya mengenai efek dan hasil dari sebuah proses. Seperti, efek terjadinya kolonialisasi.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Pengangguran ialah isu bangsa indoesia yang masih dicari penemuan solusi terbaiknya seefektif mungkin. Beberapa kali sudah berganti presiden, banyak solusi yang dijalankan misalnya pengadaan pelatihan kerja guna umur produktif serta membuat program usaha untuk daerah potensi.

Namun, pengangguran dirasa masih meningkat dari tahun ketahunnya. Ada sejumlah faktor penyebab dari pengangguran, misalnya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak seimbang pada tahun ketahunnya, belum lagi SDM yang memadai, tingginya jumlah PHK.

Pengangguran meningkat menimbulkan dampak negative antara lain meningkatnya kemiskinan, tingginya kriminalitas, serta menurunnya angka kesehatan. Pengangguran merupakan salah satu sebab dari sejumlah masalah yang muncul.

Sehingga harus dapat ditemukan solusi tepat supaya angka pengangguran ini berkurang. Cara efektifnya adalah memperbaiki pendidikan, menyadarkan para orangtua supaya anak bisa bebas memilih potensi yang sesuai dengan bakat. Semoga dengan cara inilah bisa mengurangi angka pengangguran.

Demikianlah pembahasan tentang teks eksplanasi yang dirangkum sedetail mungkin. Seluruh informasi yang ada dalam teks eksplanasi adalah fakta yang benar-benar terjadi, jadi bukan suatu karangan. Sehingga, berita hoax tentang fenomena alam dan sosial tidak tergolong dalam teks eksplanasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: