Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Struktur beserta Contohnya (LENGKAP)

Posted on
Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Struktur beserta Contohnya (LENGKAP)
5 (100%) 1 vote

Pengertian Teks Eksemplum, Ciri, Struktur dan Contohnya

Contoh teks eksemplum – pada materi bahasa Indonesia kelas 9 pasti kita akan menemui materi yang disampaikan dengan menceritakan perilaku tokoh sebuah cerita, nah disitulah teks eksemplum berada. Ciri-ciri dari teks ini sangat khusus, dan berbeda dengan teks lainnya, begitu juga pula struktur yang dimilikinya.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum ialah teks yang menceritakan dari perilaku tokoh dalam ceritanya. Contoh teks eksemplum terkadang diawali dengan pengenalan tokoh, lalu peristiwa yang dialami oleh tokoh, beserta ditutup dengan interpretasi yang muncul dari tokoh tersebut.

Teks Eksemplum

Teks ini tergolong jenis karya yang mengandung sebuah pengalaman hidup manusia.

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Untuk membedakan teks ini dari teks ulasan ataupun teks yang lain, ada ciri-ciri yang harus kita tahu. Ciri-cirinya yaitu:

  • Terjadi peristiwa yang isinya tidak diinginkan.
  • Memiliki struktur lengkap.
  • Terdapat urutan peristiwa yang jelas.
  • Memakai bahasa naratif.

Struktur Teks Eksemplum

Supaya kamu semakin memahami teks eksemplum ini, kamu perlu memahami strukturnya berikut ini:

  • Bagian awal ada abstrak, ialah suatu peristiwa ataupun kejadian yang diposisikan menjadi pengantar dari peristiwa yang akan disampaikan.
  • Orientasi, bagian pertama teks eksemplum yang secara umum berisikan tentang pengenalan tokoh yang di ceritakan.
  • Terdapat insiden, yakni yang menerangkan suatu peristiwa yang dialami oleh sang tokoh. Umumnya, si tokoh yang diceritakan tersebut mengalami suatu problem atau masalah.
  • Adanya interpretasi, bagian yang menerangkan sekilas pesan moral, evaluasi dan akibat yang muncul sebab sikap dari sang tokoh. Interpretasi ini dapat dibilang mirip dengan koda yaitu berada pada struktur anekdot.
  • Koda, bagian penutup cerita di dalam teks eksemplum.

Karakteristik Teks Eksemplum

Berikut ini ialah karakteristik-karakteristik dari teks eksplum:

  • Isinya berupa peristiwa atau kejadian mengenai hal yang tak sering terjadi.
  • Membuat sang tokoh menjadi menyesal atas kejadian tersebut.
  • Penulis yang ada di dalam tulisan ini adalah pada bagian interpretasi serta koda.
  • Terdapat nilai–nilai yang dapat dijadikan pelajaran untuk siapa saja yang membacanya.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Hampir sama dengan contoh teks prosedur yang banyak menggunakan konjungsi, dari segi unsur kebahasaan teks eksemplum ini juga terdapat konjungsi, berikut ini unsur-unsurnya:

  • Memakai Kalimat Kompleks
  • Memakai Konjungsi (penghubung)
  • Memakai Kata Rujukan
  • Memakai Kata Kerja

Contoh Teks Eksemplum

Orientasi

Sesudah pulang sekolah, waktunya aku untuk makan siang. Aku pergi sedang mencari makan, namun karena malas guna berjalan jauh, akhirnya aku memutuskan untuk membeli makanan di gang samping. Ternyata aku bertemu kakakku juga sedang membeli soto tersebut, lalu saat sudah di rumah kakakku langsung saja memakannya, sementara aku menunggu soto itu dingin.

Baca Juga :   Contoh Naskah Berita Televisi Terbaru

Insiden

Padahal aku sudah tak sabar ingin sekali makan, akhirnya aku putuskan guna membuka plastik soto yang masih amat panas. Ketika aku telah membuka plastik nya, aku tergesa-gesa di dalam membukanya. Ternyata plastik yang aku gigit untuk membuka terlalu besar dan membuat soto tersebut tumpah ke luar dari mangkuk dan telah membasahi celana ku. Saat itu aku menjadi kaget dan malu di depan kakakku. Kakak berkata, bahwa aku harus lebih berhati-hati dan sabar dan jangan tergesa-gesa sehingga soto tersebut tidak akan tumpah. Alhasil aku tak jadi makan siang.

Interpretasi

Berdasarkan cerita tersebut, kita bisa belajar bahwa saat mengambil keputusan apapun janganlah tergesa-gesa dan harus lebih berhati-hati. serta mempertimbangkan akibatnya.

Contoh Teks Eksemplum Mengenai Pendidikan (Lengkap)

Larangan tidak diperbolehkan membawa HP ke Sekolah

HP adalah gadget yang sedang booming di zaman millennial ini. Kini para pemakai HP tidak hanya orang dewasa, namun juga anak–anak. Kini anak–anak sudah berani membawa HP di sekolah, padahal sudah ada peringatan larangan membawa hp di sekolah. Sebab, ada beberapa guru yang memergoki para murid sedang asyik bermain HP saat jam pelajaran berlangsung.

Menurut masyarakat, larangan sekolah untuk membawa HP ini adalah suatu kebijakan yang tak sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia saat ini. Yakni kurikulum 2013, menuntut para siswa lebih mandiri dan aktif dalam mencari sumber/ referensi pelajaran yang diajarkan dalam kelas. Sudah pasti murid ini membutuhkan HP sebagai media. Tidak hanya itu, tujuannya juga memudahkan para orang tua untuk berkomunikasi dengan anaknya.

Tujuan lainnya juga yakni berjaga–jaga jika ada hal darurat yang menimpanya.  Apakah pihak sekolah akan melarang para murid melaksanakan antisipasi tersebut? Jika saja sekolah memberi jalan keluar dengan menggunakan HP untuk wali kelas masing–masing, tentu saja memerlukan banyak waktu? Lantas, apakah para wali kelas ini akan selalu siaga setiap waktu? Alasan ini merupakan salah satu alasan yang lumayan kuat dan akurat.

Sebagai wujud solusi terbaik, pihak sekolah diminta sang wali murid untuk menimang ulang kebijakan tersebut, yaitu larangan untuk membawa HP ke sekolah. Pihak sekolah di harapkan untuk menimang–nimang dampak positif serta negative dari larangannya membawa Hp sebab sangat penting perannya unutk menunjag pendidikan.

Demikianlah ulasan lengkap tentang teks eksemplum, mulai dari pengertian sampai bagian dari unsur–unsurnya, ciri–cirinya, karakteristik sampai strukturnya. Dalam ulasan diatas dilengkapi pula dengan contoh–contoh teks eksemplum. Bagi kamu yang ingin bisa membuat sebuah teks eksemplum sendiri, kamu bisa membaca contoh teks eksemplum serta strukturnya dengan seksama. Menulis teks eksemplum ini tidak sulit. Hanya saja kamu butuh tahu urutan strukturnya, dan dalam segi bahasa teks eksemplum juga tak jauh berbeda dengan teks–teks lain pada umumnya. Semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Baca juga: