Teks Diskusi – Pengertian, Struktur, Kaidah, Dan Jenisnya Lengkap

Posted on
Teks Diskusi – Pengertian, Struktur, Kaidah, Dan Jenisnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Teks Diskusi – Pengertian, Struktur, Kaidah, Dan Jenisnya Lengkap

Teks Diskusi – Ada berbagai macam jenis teks yang ada di sekitar kita, salah satunya yaitu teks diskusi. Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi diantara dua orang atau lebih, atau bahkan kelompok. Biasanya komunikasi diantara kelompok ini berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar, yang pada akhirnya akan memberi pemahaman yang baik dan benar. Diskusi ini bisa berupa apa saja yang pada awalnya disebut dengan topik.

Teks Diskusi

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi adalah sebuah teks yang menggambarkan dua pendapat yang berbeda, tentang suatu hal pro dan kontra yang mengakibatkan kedua belah pihak menjadi saling membicarakan masalah yang menjadi suatu persoalan.

Salah satu manfaat dalam berdiskusi ini adalah dapat memperluas pengetahuan dan memperbanyak pengalaman. Diskusi merupakan salah satu kegiatan dalam wicara. Diskusi juga merupakan pertukaran dalam gagasan, pikiran dan juga pendapat diantara dua orang atau lebih secara lisan.

Struktur Teks Diskusi

Ada empat struktur yang menyusun teks diskusi sehingga menjadi utuh. Struktur ini diantaranya yaitu :

  1. Isu. Yang berisi suatu masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut lagi.
  2. Argumen yang mendukung. Isinya adalah argumen yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok masalah diskusi.
  3. Argumen menentang. Yang isinya adalah argumen yang bertentangan dengan suatu argumen yang mendukung.
  4. Kesimpulan. Berisi sebuah kesimpulan dan rekomendasi isu yang dibahas. Ada baiknya untuk mengambil jalan tengah mengenai suatu hal yang sedang didiskusikan.

Jenis Teks Diskusi

Ada beberapa jenis teks diskusi, diantaranya yaitu :

  • Seminar.
  • Simposium.
  • Diskusi panel.
  • Kongres.
  • Muktamar.
  • Sarasehan.
  • Lokakarya.

Tujuan Teks Diskusi

Diskusi biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mencari kesepakatan atau kesepahaman pada gagasan atau pendapat. Diskusi yang dilakukan oleh beberapa orang disebut dengan diskusi kelompok. Diskusi kelompok memerlukan seorang leader, yang disebut dengan ketua diskusi. Tugas dari ketua diskusi adalah untuk membuka atau menutup diskusi, mengembalikan minat para anggota dalam menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta menyimpulkan hasil dari diskusi.

Baca Juga :   Puisi Lama : Pengertian, Ciri Ciri, dan Jenis Jenisnya Terlengkap

Unsur Kaidah Kebahasaan

1. Penggunaan konjungsi perlawanan

Konjungsi perlawanan yang menggunakan kata penghubung contohnya tetapi, sedangkan, namun, sebaliknya.

2. Penggunaan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal

  • Kohesi leksikal adalah kepaduan yang dicapai dengan melalui pemilihan pada kata.
  • Kohesi gramatikal adalah kepaduan yang dicapai yang menggunakan elemen serta aturan gramatikal.

3. Penggunaan Modalitas

Modalitas adalah sebuah kata yang memiliki makna kemungkinan dan kenyataan, yang dinyatakan dalam sebuah kalimat. Biasanya dinyatakan dengan kata-kata seperti misalnya harus, akan, ingin, mungkin.

Contoh Teks Diskusi Singkat

Teks diskusi tentang perkembangan teknologi

Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi selalu mengalami kenaikan atau peningkatan. Dibuktikan dengan adanya alat elektronik seperti misalnya smartphone, tablet, hingga music player. Peningkatan teknologi atau alat elektronik ini di Indonesia, juga tidak terbendung. Karena telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tetapi dibalik perkembangan teknologi tersebut, ada banyak pengaruh dan dampak yang dirasakan oleh banyak orang terutama remaja.

Salah satu contoh teknologi yang pada saat ini mengalami peningkatan di kalangan remaja adalah smartphone. Pada umumnya para remaja menggunakan smartphone karena praktis dan juga multifungsi. Penggunaan smartphone ini juga memudahkan aktivitas para remaja tersebut. bentuk dan ukuran smartphone juga relatif kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Tetapi teknologi yang dikenal dan akrab di sekitar kita ini ternyata memiliki pengaruh positif dan negatif. Contohnya bila para remaja terlalu sering menggunakan smartphone, maka hal itu akan menimbulkan ketergantungan dan kecanduan, seolah-olah mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi. Tetapi bukan hanya dampak negatifnya saja, ada pula dampak positifnya yaitu para remaja dapat memanfaatkan penggunaan gadget untuk mengerjakan tugas sekolah, mencari materi atau pembahasan di internet, dan memudahkan komunikasi. Sehingga bagi para remaja ini harus menggunakan teknologi dengan cara yang tepat guna.

Sekian pembahasan dan penjelasan mengenai teks diskusi yang lengkap dengan jenis, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan dan sebagainya. Semoga informasi ini berguna bagi setiap pembaca.

Baca Juga :