Teks Anekdot : Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaannya Terlengkap

Posted on
Teks Anekdot : Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaannya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Teks Anekdot, Struktur, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaannya

Pengertian teks anekdot – teks ini merupakan salah satu pembahasan terpopuler pada materi Bahasa Indonesia, biasanya teks ini bisa kita temukan di berbagai macam media. Di era zaman dahulu ada di media koran, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan juga berkembangnya teknologi, teks tersebut pun banyak kita jumpai di jejaring media sosial.

Apa lagi kini sekarang kamu bisa melihat sendiri betapa ramainya di media sosial yang sengaja membentuk kritikan dalam bentuk teks tersebut supaya terlihat lebih santai dan juga lucu, sekaligus berbobot.

Teks anekdot ini pun memiliki ciri khas tertentu. Agar kamu lebih mengetahui apa yang di maksud dengan teks anekdot atau teks humor tersebut, artikel ini merangkum berbagai bahasan mengenai pengertian teks anekdot. Maka simaklah penjelasan di bawah ini :

A. Pengertian Teks Anekdot

Apa sih pengertian teks anekdot? Nah, pembahasan pertama ini pengertian anekdot secara umum. Pengertian teks anekdot, secara umum :

“Teks Anekdot ialah cerita singkat yang di dalamnya berisi unsur lucu dan memiliki maksud untuk melakukan sebuah kritikan. Teks anekdot terkadang bertopik mengenai layanan publik, politik, lingkungan, dan juga sosial.”
Apa kalian pernah membaca sebuah cerita singkat yang mengandung unsur guyonan ataupun berbau humor namun menjurus kepada ‘kritik’?

Cerita singkat tersebut adalah teks anekdot ataupun anekdot. Tidak hanya berwujud cerita, pengertian teks anekdot dapat pula berwujud dialog singkat diantara kedua tokoh. Teks anekdot sendiri pastinya selain bertujuan memberi humor, namun teks tersebut juga harus memuat sebuah amanat, pesan moral atau juga kebenaran secara umum. Nah itu adalah pengertian teks cerita anekdot.

B. Struktur Teks Anekdot

Selain itu, sebuah teks yang berbentuk anekdot pun mempunyai struktur yang berbeda. Fungsi dari struktur teks anekdot adalah: untuk membuat teks agar menjadi lebih rapi dan juga sesuai, serta benar-benar terbentuk.
Struktur tersebut terdapat lima macam dan wajib untuk dimasukan ke dalam sebuah teks dengan bentuk anekdot. Apa saja kelima struktur tersebut? Berikut ini:

1. Abstrak

Abstrak sebagai struktur teks humor paling terawal yang terdapat dalam sebuah teks bernama anekdot.
Abstrak diletakkan di awal paragraf dengan tujuan untuk menggambarkan tentang teks tersebut secara umum supaya pembaca dapat membayangkan.

Baca Juga :   Gotong Royong : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Nilai dan Contohnya Lengkap

2. Orientasi

Orientasi adalah awal kejadian pada sebuah cerita atau juga bagian ini yang menjelaskan latar belakang kenapa peristiwa utama di dalam cerita bisa terjadi.

3. Krisis

Struktur teks anekdot selanjutnya adalah Krisis. Krisis ialah bagian yang menjelaskan tentang pokok masalah utama menggunakan warna unik juga tidak biasa. Atau bahkan bisa terjadi pada penulisnya sendiri.

4. Reaksi

Reaksi ini berkaitan erat dengan struktur krisis. Reaksi ialah bagian yang akan melengkapi cerita berupa penyelasaian masalah dengan menggunakna cara-cara yang unik juga dan berbeda.

5. Koda

Seperti penutup, struktur pada teks anekdot yang terakhir adalah Koda. Koda adalah bagian yang menutup sebuah cerita dalam teks tersebut.

C. Ciri-Ciri Teks Anekdot

Agar kamu bisa membedakan dan juga lebih mengerti tentang pengertian teks anekdot misalnya seperti apa, coba kalian pahami pula ciri – ciri dari teks anekdot berikut ini:

1. Berupa teks mendekati perumpamaan

Perumpaan dalam sebuah teks dengan menggunakan struktur anekdot akan mendekati bentuk sebuah dongeng. Layaknya pada karangan cerita menurut imajinasi dan ditambah dengan segala hal yang sifatnya nyata atau memang benar-benar terjadi di masayarakat.

2. Menampilkan tokoh-tokoh atau publik figure

Yang dekat dari kehidupan sehari-hari atau pun orang penting Terkadang pada sebuah teks anekdot adanya tokoh atau figure yang terdapat dalam dunia nyata dan mudah untuk kita temui dalam keseharian. Contohnya misalnya seperti orang-orang pemerintahan, anggota keluarga, dan lain sebagainya.

3. Mempunyai sifat humoris, lucu, menggelitik, serta berbau lelucon namun menyindir

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, teks berupa anekdot memang dirancang untuk memberi kritikan dengan cara yang berbeda.

Semacam guyonan yang memang sengaja dirancang dengan tujuan tertentu yakni seperti menyindir. Terkadang sindiran di sini berhubungan dengan sebuah isu sosial dalam negeri yang telah menjadi rahasia umum.

4. Terselip kritikan atau tujuan

Kemungkinan ini juga bisa menjadi sebagain tujuan dari dirancangnya sebuah teks berbentuk anekdot, yang mana pembuatnya akan menyelipkan sebuah kritik dengan cara yang lebih lucu dan dapat diterima oleh masyarakat.

D. Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Selain terdapat struktur dan ciri-ciri dari teks anekdot dalam sebuah teks, dalam bentuk anekdot memiliki pula kaidah teks anekdot maupun kaidah bahasa teks anekdot yang mana juga digunakan sebagai pegangan untuk menulis cerita.

Kaidah-kaidah tersebut sebagai berikut:

• Menggunakan pertanyaan dengan keterampilan bahasa kreatif dan juga efektif atau retorik.
• Menulis sesuai struktur yakni diawali dengan bagian abstrak kemudian diakhir dengan bagian koda.
• Menyatakan peristiwa dan bagian dari peristiwa memakai konjungsi.
• Menggunakan kata keterangan waktu lampau.
• Menggunakan kata predikat atau kata kerja.
• Menggunakan kalimat yang berbau peritah.
• Dirancang secara berurut dan kronologis.

Sesudah mengetahui mengenai struktur, ciri-ciri, dan kaidah-kaidah dalam teks anekdot maka kamu sudah mulai bisa membuat sendiri teks ini. Semoga penjelasan tentang pengertian teks anekdot singkat di atas bisa menambah pemahaman mengenai teks dalam bentuk anekdot untuk kamu.

Kamu juga bisa membuat teks serupa yang sesuai keinginan dan juga masalah sosial apa yang ingin kalian angkat. Jangan lupa menggunakan struktur serta kaidahnya ya! Selamat mencoba.

Baca juga: