Struktur Otak (Cerebrum, Cerebellum, Brainstem) : Pengertian Beserta Fungsinya Terlengkap

Posted on
Struktur Otak (Cerebrum, Cerebellum, Brainstem) : Pengertian Beserta Fungsinya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Struktur Otak Beserta Fungsinya Terlengkap

Struktur otak – otak merupakan bagian organ vital pada manusia. Otak mempunyai struktur dan fungsinya tersendiri, yang masing masing mempunyai tugas khusus yang dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh. nah, berikut penjelasan struktur otak serta fungsinya yang harus kalian tahu.

Otak adalah pusat kendali pada tubuh. Ada sejumlah struktur otak dan fungsinya masing-masing. Otak mempunyai tiga bagian utama, yaitu cerebrum (otak besar), brainstem (batang otak) dan cerebellum (otak kecil). Berikut ini simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Otak Besar (Cerebrum)

Cerebrum ialah bagian dari otak paling besar. Cerebrum dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedua belahan menyambung oleh serabut saraf bagian bawahnya. Pada umumnya, bagian belahan otak kanan akan mengontrol sisi kiri tubuh, sementara sisi kanan tubuh dikontrol oleh bagian belahan kiri.
Otak besar dibedakan menjadi 4 bgaian yang dikenal dengan nama lobus, yaitu lobus depan (frontal), atas (pariental), samping (temporal), dan belakang (oksipital). Keterangannya dibawah ini :

  1. Lobus frontal, mengendalikan ucapan, gerakan, emosi, memori, perilaku, kepribadian dan fungsi intelektual (seperti berfikir, menalarkan, memecahkan masalah, mengambil keputusan serta merencanakan)
  2. Lobus pariental, mengnedalikan sensasi (seperti sentuhan, penekanan, suhu dan nyeri). Lobus ini pun yang akan mengendalikan orientasi spasial (memahami mengenai ukuran, bentuk serta arah)
  3. Lobus temporal, mengendalikan indera pendengaran, emosi dan ingatan. Lobus ini pun yang akan mengendalikan fungsi bicara
  4. Lobus kosipital, mengendalikan penglihatan

Otak Kecil (Cerebellum)

Cerebellum atau dikenal sebagai otak kecil letaknya dibawah otak besar bagian belakang otak, yakni tepat dibawah lokus oksipital. Otak kecil ini yang bertanggungjawab pada pengaturan gerakan, keseimbangan dan mengatur sikap/ posisi postur tubuh sampai koordinasi otot. Cerebbellum berperan penting sebab dapat melakukan tindakan cepat serta berulang misalnya seperti bermain video. Namun penting pula dalam mengendalikan gerakan halus misalnya saat dokter melakukan prosedur bedah maupun orang yang melukis.

Batang Otak (Brainstem)

Batang otak ialah seikat jaringan saraf yang berada di dasar otak. Fungsinya menjadi stasiun pemancar yang terhubung dengan otak besar menuju saraf tulang belakang dan mengirim serta menerima pesan antara beragam bagian tubuh dan otak.

Batang otak terdiri atas 3 struktur utama, yaitu otak tengah, pons serta medulla oblongata. Otak tengah merupakan pusat gerak ocular penting, sedangkan pons yang terlibat pada koordinasi gerakan wajah dan mata. Dan medulla oblongata yang mengendalikan fungsi dari pernapasan, irama jantung, tekanan darah serta menelan.

Struktur Penting Lainnya Otak

Selain ketiga struktur utama tersebut, ada sejumlah bagian otak lain yang juga tak kalah penting, antara lain :

  1. Cairan serebrospinal
    Yakni cairan bening dan jernih dengan mengelilingi serta melindungi otak dan saraf tulang belakang. Cairan tersebut fungsinya membasahi serta melindungi otak serta saraf tulang belakang, lalu membawa nutrisi lewat darah menuju otak dan menghilangkan produk limbah/ sisa metabolisme dari otak.
  2. Pleksus
    Yakni bagian ventrikel otak yang fungsinya membuat cairan serebrospinal
  3. Meninges
    Yakni lapisan/ membrane tipis yang fungsinya menutupi serta melindungi otak & saraf tulang belakang.
  4. Corpus callosum
    Yakni seikat serabut saraf yang ada diantara 2 belahan otak. Fungsinya bagian ini menghubungkan dan memungkinkan komunikasi diantara belakang otak kanan dan kiri.
  5. Thalamus
    Yakni struktur otak tengah yang mempunyai 2 lobus (bagian). Fungsinya menjadi pemancar bagi hampir seluruh informasi yang berdatangan dan berjalan antara otak dan seluruh sistem saraf tubuh.
  6. Hypothalamus
    Fungsinya mengendalikan suhu tubuh, lalu mengeluarkan hormone yang mengatur fungsi dari metabolisme, reproduksi, emosi, tekanan darah, pola tidur dan nafsu makan.
  7. Kelenjar pituitary
    Organ ini melekat dan menerima sebuah pesar dari hipotalamus
  8. Ventrikel
    Yakni ruangan yang berisi cairan dalam otak. Terdapat 4 ve ventrikel, yaitu 2 ventrikel lateral pada belahan otak besar dan ventrikel ketiganya ditengah otak serta dikelilingi thalamus serta hipotalamus.
  9. Kelenjar pineal
    Yakni kelenjar yang paling kecil di ventrikel ketiga otak. Fungsinya menghasilkan hormone melatnin pada perkembangan seksual dan mempengaruhi pola bangun tidur.
  10. Saraf kranial
    Ada 12 pasang saraf kranial yang berfungsi spesifik pada area kepala dan juga leher. Diantaranya fungsi bagian ini yakni penciuman, gerakan mata, sensasi wajah, dll.
  11. Sistem limbic
    Sistem ini yang akan bertanggungjawab pada emosi atau perasaan.
Baca Juga :   Daur Biogeokimia : Pengertian, Fungsi dan Macam Macamnya Terlengkap

Otak adalah organ yang paling unik dan paling kompleks sampai saat ini, dan masih banyak perdebatan tentang pengetahuan serta sejumlah teori ilmiah tentang fungsi dan peran bagian spesifik otak. Akan tetapi, mengingat dari teknologi dan perkembangan dari ilmu pengetahuan yang semakin maju dalam dunia biologi dan medis, maka di masa depan dapat mengungkapkan fakta ilmia baru yang bisa mengungkap peran serta fungsi dari otak dalam hidup manusia.

Walaupun begitu, sangat penting bagi kita untuk tahu struktur otak dan fungsinya ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tahu langkah terbaik dalam menjaga kesehatan otak kita. Pasalnyam seiring dengan bertambahnya usia, maka setiap otak manusia ini akan berubah dan hal tersebut akan mempengaruhi fungsi mental pada seseorang. Nah, untuk mengetahui kesehatan otak kalian harus menjalani beberapa langkah sederhana tetapi konsisten, misalnya seperti berolahraga, memperbaiki asupan nutrisi, menjalani stimulasi mental/ kognitif dengan cara senam otak, hindari alkohol dan rokok dll. semoga dengan adanya ulasan ini akan bermanfaat bagi kalian, terima kasih.

Baca juga: