Sticker : Jenis, Cara Pembuatan, Penggunaan dan Contoh Terbarunya Tahun 2019

Posted on
Sticker : Jenis, Cara Pembuatan, Penggunaan dan Contoh Terbarunya Tahun 2019
5 (100%) 1 vote[s]

Jenis, Cara Pembuatan, Penggunaan dan Contoh Sticker

Contoh sticker – sticker merupakan media promosi efektif yang menjadi pendukung bisnis/ kegiatan seseorang. Sticker ini umumnya berukuran kecil yang bisa menempel sendiri di sebuah bahan/ benda tertentu menggunakan bahan perekat. Bahan utamanya stiker ialah kertas atau vinyl.

Secara umum, sticker mempunyai dua lapisan yakni lapisan atas dan juga lapisan bawah. Untuk lapisan atas merupakan gambar stickernya, sementara untuk lapisan bawah ialah pelindung dari bahan perekat yang ada di lapisan atas. Untuk memakai sticker, kita perlu melepaskan lapisan bawah supaya bahan perekatnya ini bisa menempel di permukaan benda yang akan ditempeli dengan sticker.

Jenis Jenis Sticker

Secara visualnya, terdapat dua jenis sticker yakni sticker bening serta tidak bening. Tujuan dari pemakaian sticker bening ini untuk membuat tampilan permukaan pada benda yang ditempel sticker ini masih terlihat. Contohnya seperti permukaan benda yang seperti permukaan botol yang telah ditempeli dengan sticker bening. Sehingga nantinya cuma tulisan dan stickernya itu yang dapat terlihat, sementara isi botol itu yang akan terlihat pada ruang ruang tulisan yang ada di sticker.

Cara Pembuatan Sticker

Untuk membuat sticker ini ada banyak sekali cara yang dapat ditempuh. Kalian dapat melakukan cara disablon, dicetak dengan offset/ stickernya dan dapat pula dicetak dengan digital. Dari keseluruhan metode pembuatan sticker ini tentu ada kelebihan maupun kekurangannya. Itulah kenapa kalian harus melakukan survey secara kecil-kecilan guna mencetak sticker yang sesuai keinginan dan juga kebutuhan kalian.

Apabila kalian memilih untuk cetak sablon, maka nantinya sticker yang mempunyai warna solid. Sementara sticker yang telah dicetak secara offset ialah sticker yang dicetak menggunakan komponen sticker yang banyak desainnya serta terbatas jumlahnya. Sehingga kalian dapat menggunakan sticker yang dicetak mengguanak cetak digital.
Jika dilihat dari segi metode cetak sticker, maka cetak digital merupakan satu satunya cara mudah sebab hanya membuat desain. Untuk desain dari sticker ini kalian dapat menggunakan aplikasi adobe photoshop maupun corel.

Sesudah terbntuk kalian dapat mencetak mengguanakan printer. Jika kalian memiliki cara sebelum menggunakan digital, kalian perlu membuat sebuah filim dulu. Sesudah itu kalian plat atau screen desain kalian. Pasti desain dengan cara tersebut ini akan lebih rumit.

Ciri khas merupakan satu satunya elemen penting di dalam pembuatan sticker. Penggunaan sticker ialah hal yang sangat krusial pada fungsi sticker sendiri. Apabila sticker ini mudah dijumpai dan dilihat, maka penggunaan sticker pun dapat dikatakan berhasil. Dengan menjalankan promosi melewati sticker, maka produk kalian bisa mudah dikenali dimanapun dan kapanpun, entah melalui mug, tas, buku, mobil, motor dan media yang lain. Kegunaan sticker sebagai tidak terbatas.

Baca Juga :   Pengertian Legitimasi (Hukum, Politik dan Kekuasaan) Menurut Para Ahli

Selain promosi efektif ini, penggunaan sticker pun tidak memakan biaya yang dapat menguras kantong. Harga dalam membuat sticker ini tergolong murah sebab bisa dihargai sekitar Rp500 untuk perbuahnya. Harga yang murah ini sebanding dengan sticker tahan lama, dapat mencapai tahunan. Selain itu, sticker merupakan bentuk promosi yang tidak dapat terbuang secara sia-sia sebab stickernya yang telah menempel pada benda tertentu. Suka maupun tidak suka, orang dapat saja melihat sticker dan juga produk kalian agar lebih dikenal lagi.

Penggunaan Sticker

Apabila dilihat dari segi penggunaanya, maka sticker ini yang terpopuler ialah sticker mobil. Sticker mobil merupakan satu satunya media promosi efektif sebab ditempel di bagian mobil yang dapat dilihat oleh orang banyak. Selain sticker mobil yang popular, ada bagian media promosi yang dapat kalian pakai ialah sticker dinding.
Untuk sticker dinding ini mempunyai ukuran yang lumayan besar. Hal ini berbeda dengan sticker mobil, sebab bahannya menggunaakan bahan vinyl. Sticker yang pembuatannya dari bahan ini bisa lebih tahan lama serta cocok bila dipakai di luar ruangan.

Hal tersebut juga disebabkan karena bahan vinyl ini merupakan bahan yang dapat dipajang dan juga dicopot secara mudah. Salah satu kelebihan pada sticker dinding ini ialah permukaannya yang di tempelkan oleh sticker tidak mudah atau cepat rusak serta meninggalkan bekas. Sticker dinding dapat ditempel di permukaan jendela maupun dinding.

Contoh Desain Sticker Untuk Media Promosi yang Efektif

Berikut ini adalah beberapa contoh sticker yang setidaknya dapat menjadi bahan ide maupun inspirasi desain. Antara lain berikut :

1. Ember js sticker
2. 8Bit obey stickers
3. Hacker stickers
4. Tattoo snob stickers
5. Kicktastic stickers
6. Nerdery stickers
7. Hubii stickers
8. Startup weekend tampa
9. Bitly sticker sheets
10. Zendesk stickers
11. Fish bone prints stickers
12. Jasck and jasons twitter stickers
13. Space up stickers
14. Wondermark stickers
15. Swipely sticker
16. Amperbranch stickers
17. Dribble stickers
18. Bluu dreams stickers
19. Go media
20. Snappy stickers by bill S kenney
21. Made desain stickers
22. Kissmetrics iPhone skins
23. Comic sans criminal stickers
24. Popset stickers by philipp wein
25. Amperstickers by 55 Hi’s
26. Thread’s Not dead
27. Imgur stickers
28. Givespark stickers
29. HTML5 sticker sheets
30. Capture NY stickers
31. Creative monster stickers
32. Nyancat stickers
33. Blurtopia stickers

Itulah beberapa contoh stickers untuk referensi desain. Semoga dari contoh-contoh desain sticker tersebut dapat dijadikan sebagai sumber desain untuk kalian yang sedang membutuhkan untuk media promosi efektif. Terima kasih.

Baca juga: