Spesifikasi, Manfaat, dan Jenis Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Posted on
Spesifikasi, Manfaat, dan Jenis Software Akuntansi Terbaik di Indonesia
Rate this post

Spesifikasi, Manfaat, dan Jenis Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Software akuntansi adalah software yang membantu dalam perhitungan akuntansi. Banyak sekali software akuntansi di Indonesia. Bukan hanya bisa digunakan orang orang akuntansi saja, namun software tersebut juga bisa dimengerti oleh orang yang baru tahu tentang akuntansi. Sebelum membahas tentang software akuntansi, ketahui dulu spesifikasi umum software akuntansi tersebut.

Spesifikasi Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan perangkat lunak dengan fungsinya untuk membantu dalam pencatatan serta aktivitas lain yang dilakukan pada akuntansi. Software tersebut juga menggunakan konsep konsep modularitas sehingga serangkaian kegiatan yang sama akan dirubah dalam modul yang lebih spesifik lagi. Contohnya saja pembelian (account payable), kemudian penjualan (account receivable), buku besar, dan penggajian.
Pada perusahaan besar umumnya punya bagian sendiri yang bertugas mengembangkan aplikasi akuntansi tersebut. Tak jarang juga UKM atau perusahaan memanfaatkan pihak ketiga dalam memperoleh software akuntansi. Perbedaan lingkup penggunaan aplikasi membuat aplikasi tersebut tersedia dalam kapasitas dan kompleksitas yang beragam berdasarkan pemakaiannya.

Meskipun begitu, tetap saja ditawarkan teknologi standard aplikasi akuntansi untuk para pengguna yang masih belum begitu faham dengan ilmu akuntansi. Beberapa diantaranya:
– Multi Company
– Multi User
– Database
– Multi language
– Multi cabang
– Multi Delivery Point
– Multi Currency
– Modul AR, GL, AP, Stock, dan Payroll
– Import dan Export Data Excel dll.

Manfaat Software Akuntansi

Manfaat dan tujuan paling utama software akuntansi ialah membantu akuntan dalam menghasilkan laporan akuntansi keuangan contohnya Neraca (Balance Sheet), laporan akhir keuangan, Rugi Laba atau (Profit Lost Statement), dan Cash Flow.

Susunan laporan tadi didapat dari langkah pertama seperti penyusunan perkiraan/ account, ataupun ledger/ buku besar. Dengan menggunakan software akuntansi maka pencatatan yang dilakukan bisa lebih mudah dan cepat. Anda bisa bayangkan jika perusahaan besar memakai cara manual pasti akan lama sekali.

Dengan menggunakan software akuntansi, anda pun bisa menjurnal berbagai kegiatan akuntansi diantaranya transaksi penjualan, produksi barang dan pembelian secara otomatis. Jadi, bisa terintegrasi dengan berbagai laporan lain yang akan mendukung aktifitas yang dilakukan dalam perusahaan.
Dengan begitu, software akuntansi akan sangat membantu terutama untuk membuat manajemen keuangan secara efektif.

Jenis-Jenis Software Akuntansi

Berdasarkan cara pembuatannya, software akuntansi dibagi menjadi 3 jenis. Pertama software paket, kemudian software customize serta software paket yang bisa dikustomisasi

1. Software Paket

Jenis software akuntansi ini sudah terpaket. Berarti, software yang anda peroleh tak dapat dirubah karena settingan pabrik yang paten. Kelebihan software ini ialah memiliki harga murah, kemudian pemakaian yang mudah karena apa yang terdapat dalam software tersebut tak di modifikasi. Software ini juga lebih stabil dibandingkan software lainnya. Kekurangannya ialah user harus menyesuaikan terhadap kebutuhan serta kegiatan ekonominya harus sesuai pada keadaan software nya. Jadi, tak jarang jika kebutuhan pengguna tak sesuai pada apa yang tersedia dalam software tersebut.

Baca Juga :   Pengertian dan Rumus Frekuensi Harapan serta Contoh Soal Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

2. Software Customize

Sesuai namanya, software ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Sementara itu, modifikasi yang dilakukan bisa dilakukan sesudah atau ketika pembelian software tersebut.
Keuntungan software ini ialah bisa disesuaikan terhadap kebutuhan pengguna jadi lebih fleksibel. Karena itulah harganya agak mahal dibandingkan software yang pertama. Kekurangannya ialah dukungan penjualannya tak dapat diandalkan serta stabilitas software juga sangat rendah sebab penggunaan yang juga rendah.

3. Software Paket Custom

Jenis software berikutnya termasuk software paket disertai modul standar dan bisa dimodifikasi sesuai pada kebutuhan penggunanya. Keuntungan software ini ialah harga lebih murah. Disebabkan jenis software ini termasuk software paket, membuat stabilitasnya lebih terjaga dengan baik. Implementasi software ini mampu digunakan sangat cepat sebab sesuai kebutuhan.

Namun waktu customisasi agak lama bila tak mendefinisikan apa hal yang diperluka software. Dukungan purna jualnya agak sulit disebabkan modifikasi setiap penggunanya. Software tersebut kebanyakan berbayar dengan harga antara puluhan juta sampai ratusan juta. Ada juga software gratis dengan fitur terbaik hampir sama dengan software berbayar.

Software Akuntansi Terkenal Di Indonesia

Di Indonesia ada beberapa software akuntansi yang populer. Berikut ini pilihannya:

1. Jurnal.id

Software pertama ini menawarkan software akunting online paling aman serta sangat handal bisa dipakai usaha kecil maupun usaha menengah di Indonesia. Banyak layanan bisa anda nikmati disini tentunya bisa diakses melalui koneksi internet ataupun jaringan WIFI. Pengunaanya hanya butuh daftar, lagin lalu mulailah pengerjaan pembukuan usaha anda.
Laporan asset yang real time akan didapat dari jurnal ini dengan menampilkan keterangan daftar aset tetap dan harga perolehan awal, nilai asset tersebut dan akumulasi penyusutan.

2. Keysoft

Selanjutnya adalah Keysoft Accounting yang termasuk software akuntansi dengan berbagai penawaran terbaik bagi penggunanya. Fitur lengkap dan harga terjangkau bisa anda manfaatkan disini. Software ini dapat digunakan dengan biaya investasi senilai 5,8 jutaan untuk 2 lisensi. Sesuai digunakan dalam berbagai usaha diantaranya dagang, distribusi & jasa, export import, ritel maupun perusahaan manufaktur.

3. Limax

Software akuntansi LIMAX menawarkan layanan full-integrated, maupun dapat disebut sebagai ERP system. Selain itu, software ini bisa mencakup kegiatan pembukuan/accounting, dan modul – modul lainnya baik keuangan, pembelian, penjualan, produksi, persediaan, payroll, maupun lainnya. Semua modul – modul pada software LIMAX juga sudah terintegrasi dengan lainnya. Dengan begitu akan menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan real-time.
Itulah pembahaan tentang software akuntansi yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: