Seni Rupa Murni dan Terapan : Pengertian dan Contohnya

Posted on
Seni Rupa Murni dan Terapan : Pengertian dan Contohnya
Rate this post

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Beserta Contohnya Lengkap – Jika di lihat dari segi Fungsi seni rupa di bagi menjadi 2 Jenis yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apa yang di maksud dengan seni rupa murni dan terapan itu?

Pengertian Seni Rupa Murni adalah sebuah seni rupa yang lebih di tujukan atau di fokuskan karyanya terhadap berbagai nilai estetika semata contohnya seperti lukisan, patung, atau benda-benda dan pajangan.

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan serta Contohnya

Sedangkan, untuk Pengertian Seni Rupa Terapan yakni suatu seni rupa yang bukan hanya memfokuskan karyanya terhadap nilai estetika tapi memperhatikan juga berbagai nilai praktis dalam penggunaan karya seni tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Maka agar lebih jelas, saranailmu.com dalam hal ini menjelaskan secara lengkap yang di maksud Seni Rupa Murni dan Terapan, perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan serta contohnya yang di wujudkan 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Seni Rupa Murni dan Terapan

Pada dasarnya untuk perbedaan antara karya seni rupa murni dan terapan terletak di mana bagaimana karya tersebut digunakan.

1. Pengertian Seni Rupa Murni Karya

Seni rupa murni  merupakan karya yang memang benar secara murni berguna sebagai pengindah dan peningkat rasa disukai. Kemudian untuk penggunaannya adalah hanya sebatas pada pajangan sebagai penerik ketertarikan manusia Contohnya adalah lukisan, patung, relief, dan kaligrafi.

  • Lukisan

Sebenarnya lukisan dari berbagai jenis aliran memiliki kegunaan yang sama saja. Seni lukisan tersebut hanya sebatas pajangan untuk memperindah dinding atau ruangan. Selain daripada itu karya seni rupa lukisan ini tidak di peruntukan berbagai hal lainnya yang lebih bermanfaat. Dengan kata lain, ini merupakan salah satu contoh dari seni rupa modern yang paling umum di jumpai.

  • Patung

Sama seperti seni lukisan, yang mana patung juga hanya bisa di manfaatkan dari segi nilai estetikanya saja.terkadang memang bermanfaat sebagai ciri khas suatu daerah atau suatu tempat. Akan tetapi, fungsinya tersebut tidak membuat seni ini sebagai golongannya sebagai contoh karena seni rupa terapan ini memiliki nilai estetikanya lebih besar di banding nilai praktisnya.

  • Relief

Relief biasanya dapat kita temukan di berbagai candi atau bangunan-bangunan lama yang mana anda bisa melihat pahatan demi pahatan dengan pola tertentu. Sehingga Pahatan-pahatan ini yang disebut dengan relief. Dalam hal ini Relief adalah contoh seni rupa murni 2 dimensi. Untuk fungsinya bukan hanya sekedar penghias belaka.

  • Kaligrafi
Baca Juga :   √ 30 Pengertian Manajemen, Fungsi, Prinsip, Tujuan, Macam Serta Contohnya lengkap

Tentu anda sudah tahu dan sebagai muslim tahu dengan yang namanya Kaligrafi yang mana merupakan seni peninggalan dari sejarah Islam di Tanah Air. Tidak sulit menemukan karya seni ini karena anda bisa menjumpainya di berbagai tempat ibadah umat islam, pada kitab suci, Lukisan bernuansa islam. Seperti halnya dengan Seni Rupa lainnya untuk kaligrafi hanya bisa di fungsikan dari nilai estetikanya saja.

2. Seni Rupa Terapan

Berbeda halnya dengan seni rupa murni, dimana untuk seni rupa terapan yang berfokus terhadap nilai-nilai keindahan (estetika) pun benar-benar lebih memperhatikan dari segi nilai praktis atau kegunaan dari suatu karya sebagai penunjang kebutuhan hidup manusia. Seni ini mengalir dan menyatu pada benda-benda yang di butuhkan manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Adapun beberapa contoh seni rupa terapan di antaranya adalah rumah, dekorasi,  busana, dan seni kriya.

  • Rumah atau Bangunan

Seni arsitektur ini sudah berhasil mengkaloborasikan dari kebutuhan manusia dari tempat tinggal yang aman dan awet dengan berbagai nilai seni dan keindahan. Anda bisa melihat bagaiman sebuah rumah didesain dengan sangat kuat dan kokoh sekaligus nyaman untuk di huni. Dengan demikian hal ini tentu sebagai contoh seni rupa terapan yang paling mudah ditemukan.

  • Dekorasi

Seperti yang kita tahu pada sebuah acara yang memegang peranan penting dalam berlangsungnya sebuah acara adalah dekorasi ruangan. Dekorasi memang di rancang sedemikian rupa dengan berpagut terhadap nilai-nilai estetis dan juga menunjang bagaimana jalannya acara agar bisa berlangsung dengan baik.

  • Busana

Kain batik dan juga tenun adalah sebagai contoh karya seni yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Selain pakaian tersebut di buat senyaman mungkin, juga di buat seindah mungkin agar penampilan yang mengenakannya tampak lebih menarik.

  • Seni Kriya

Untuk contoh seni rupa terapan yang selanjutnya bisa anda jumpai pada seni kriya atau kerajinan tangan. Beberapa contohnya adalah seperti gerabah, Sepatu, Tas, peralatan masak, anyaman bamboo dan lainnya sehingga ini pun sebagai bukti bahwasanya seni sudah menyatu dengan kehidupan kita sehari-hari.

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah mengerti Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan tentunya akan semakin jelas dengan adanya contoh di atas. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :